Peresmian Lokananta di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (3/6/2023). (Sumber foto: Hypeabis.id/Dika Irawan)

Anak Musik Merapat, Menteri BUMN Erick Thohir & Sejumlah Legenda Hidup Musik Indonesia Resmikan Lokananta Baru

03 June 2023   |   22:51 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Manajer Konten Hypeabis.id. Menulis seni, desain, musik, dan dangdut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan sejumlah legenda hidup musik Indonesia, seperti Titiek Puspa, Waldjinah, Ahmad Albar, dan Ian Antono meresmikan Lokananta baru, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (3/6/2023). Peresmian ini menjadi tonggak hidupnya kembali Lokananta setelah puluhan tahun vakum dari industri musik nasional.

Lokananta baru saja direvitalisasi oleh Kementerian BUMN lewat PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA). Dalam wajah barunya, pengelolaan Lokananta dipercayakan kepada M Bloc. Dalam konsep terbarunya, Lokananta menjadi ruang kreatif bagi musisi dan anak muda di kota Solo dan Jawa Tengah. 

Baca juga: Festival Lokananta 2023, Project Pop Ajak Penonton Goyang dan Moshing

Erick mengatakan, lewat revitalisasi ini, pihaknya tidak hanya membangun secara fisik Lokananta. Melainkan juga memastikan keberlanjutannya, sehingga eksistensi Lokananta dapat terjaga. Apalagi, dia menambahkan, Lokananta punya sejarah panjang sebagai cikal bakal musik indonesia.

Dia menuturkan, inisiatif revitalisasi ini bermula ketika dirinya berkunjung ke Solo. Saat itu, menurutnya, Walikota Solo Gibran Rakabuming mengajaknya berkunjung ke Lokananta. Setelah kunjungan itu, pihaknya melakukan studi untuk merevitalisasi aset negara ini. 

"Kami persembahkan ini untuk komunitas musik di Indonesia. Harapannya akan menjadi dorongan bagi ekonomi kreatif," kata Erick.

Lokananta versi baru kini memiliki Lima Pilar Utama, yaitu Museum/Galeri Studio Rekaman, Arena Pertunjukan, Area Kuliner, dan Galeri UMKM. Langkah revitalisasi dan optimalisasi Lokananta juga selaras dan didukung penuh oleh Pemerintah Kota Surakarta di mana Lokananta menjadi salah satu dari 17 Prioritas Pembangunan Kota Surakarta.
 
Adapun Festival Lokananta yang diselenggarakan hari ini dan besok (3-4 Juni 2023) akan berlangsung mulai pukul 14:00 WIB sampai 23:00 WIB setiap harinya dengan menghadirkan 21 artis lintas generasi, antara lain, Andien, Fariz RM, D’Masiv, David Bayu, The Changcuters, Kla Project, Pamungkas, Project Pop, Vina Panduwinata, dan White Shoes & Couples Company.

Seluruh penampil akan hadir di tiga panggung berbeda secara simultan, yaitu Panggung Gesang, Panggung Waljinah, dan Panggung Sam Saimun. Sebanyak 2.500 tiket telah terjual untuk dua hari pertunjukan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Banyak Cerita dan Cinta dari Yovie Widianto di Panggung BNI Java Jazz Festival 2023

BERIKUTNYA

Aksi Pianis Peter Cincotti Sukses Membius Penonton BNI Java Jazz Festival 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: