Ilustrasi (Sumber gambar: Unsplah/Mimi Thian)

Melirik Peluang Bisnis Talent Management yang Kian Cerah

03 June 2023   |   19:23 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Like
Menjadi seorang pembawa acara, moderator, atau pembaca berita mungkin bisa dipelajari secara otodidak. Namun, untuk menjadi profesional tentu dibutuhkan ilmu dan pengetahuan yang mumpuni. Apalagi saat ini kebutuhan akan pembawa acara atau MC terbilang cukup besar seiring dengan makin banyaknya event yang diselenggarakan.

Besarnya kebutuhan tersebut, justru dilihat sebagai sebuah peluang bisnis bagi seorang Putri Juniawan yang kemudian mengembangkan Caramel Agency di bawah naungan PT Talenta Media Internasional pada 2010 lalu.

Caramel Agency sendiri menyediakan talent-talent pembawa acara, moderator, pembaca berita dan presenter televisi serta melayani kebutuhan perusahaan-perusahaan untuk mencapai goal campaign.

Baca juga: Mau Jadi Manajer Artis? Buku Karya Sulung Landung ini Bisa Menjadi Referensi Lho

Putri mengatakan awal mula membangun bisnis ini terlontar dari ide spontan karena saat itu dunia komunikator atau pembawa acara mulai banyak dibutuhkan dan menjadi sebuah item terpenting, untuk menyukseskan kegiatan-kegiatan branding perusahaan, pemerintahan dan sejumlah kelembagaan.

"Sejak 10 tahun yang lalu, setiap perusahaan dan lembaga maupun brand-brand sudah melakukan berbagai awareness melalui program-program acara yang diusung, sehingga kebutuhan jasa pemandu acara terbuka lebar," tuturnya.

Putri Juniawan (Sumber gambar: Caramel Agency)

Putri Juniawan (sumber gambar : Caramel Agency)

Menurutnya persaingan bisnis agency dulu dan sekarang sebetulnya sama saja. Hanya bedanya, saat ini semua orang bisa mengasah kemampuan public speaking-nya secara daring di berbagai platform sosial media seiring dengan kemajuan dunia digital.

Finalis Abang None Jakarta Kepulauan Seribu tahun 2011 ini menuturkan awal mula masuk ke bisnis agensi komunikasi, karena sejak remaja dirinya memang senang tampil di panggung kompetisi. Bahkan sejak muda, bakat aktingnya sudah dilirik oleh sutradara kawakan Tanah Air.

 “Sejak usia 13 tahun, saya sudah ikut ajang kompetisi dan mulai menjadi talent di industri hiburan. Saya juga suka berbicara di depan banyak orang dan aktif mengikuti kompetisi public speaking," ungkap wanita kelahiran Jakarta, 3 Januari 1990 ini.

Pengalaman panjang di dunia komunikasi dan pertelevisian itulah yang menjadi bekal bagi Ibu dari Miracle Hanantoseno (6) dan Sunshine Hanantoseno (3) untuk membangun dan mengembangkan Caramel Agency.

Selain memanfaatkan jaringan kliennya yang sudah kuat, tujuannya mendirikan perusahaan talent management adalah untuk membuka peluang kerja seluas-luasnya bagi anak muda berbakat agar leluasa mengembangkan kariernya di bidang komunikasi, disamping membantu klien untuk mendapatkan talent terbaiknya.

“Motivasi saya hanya satu, perusahaan ini mampu menjadi entry point teman-teman sejawat untuk tetap eksis di industri ini, baik program TV, sinetron, iklan, pembawa acara dan lainnya. Seringkali saya lempar job untuk para talent yang bergabung dengan Caramel Agency,” terangnya.

Perlahan para talenta Caramel Agency sukses mengisi beberapa forum seminar, pelatihan bisnis, diskusi pemerintahan dan lembaga nirlaba, konferensi pers di Indonesia. Langkahnya semakin mantab setelah tahun 2022 lalu Putri menyelesaikan sertifikasi Public Speaker dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Dalam perjalanannya, Caramel Agency didukung oleh lebih dari 500 talenta yang memiliki kekuatan dalam berbicara, berwawasan luas, dan membantu klien untuk meningkatkan skala bisnis mereka melalui penyampaian pesan yang baik kepada masyarakat luas.

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan klien tidak hanya terkait talent saja, tapi lebih komprehensif. Karena itu beberapa tahun terakhir Caramel Agency mulai melebarkan layanan, termasuk menyediakan band, singer, traditional dancer, magician, financial planner, interpreter, show management team, event management, event organizer, event planner, digital event, public speaking academy, custome production, media brand, multimedia content, merchanise hingga rent equipment.

"We provide an integrated event management solutions,” jelas The Best Participant in Workshop Presenter in Media 2008 klaim Universitas Negeri Jakarta ini.

 (Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tayang 4 Juni, Cek Sinopsis YOLO! Serial Terbaru Adhisty Zara di Vidio Original series

BERIKUTNYA

6 Tanda Red Flag dalam Hubungan Cinta, Hati-hati & Waspada!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: