sumber gambar ilustrasi : Kampus Production dari Pexels

Mau Jadi Manajer Artis? Buku Karya Sulung Landung ini Bisa Menjadi Referensi Lho

05 December 2021   |   13:32 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Krisis dapat terjadi di semua bidang industri, termasuk industri hiburan. Krisis yang terjadi pun bisa diakibatkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah talent atau artis yang tiba-tiba sakit dan membuat artist management mengalami krisis.

Bagi Genhype yang ingin belajar bagaimana menghadapi krisis di sebuah artist management, manajer artis Sulung Landung membagikan pengalamannya dalam sebuah buku berjudul Artis Management 101 part 3: Seni untuk Menjadi yang Terbaik di Industri Hiburan.

Dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Sulung menuturkan ada 2 jenis krisis yang berpotensi terjadi di sebuah artist management. Pertama. adalah krisis yang datang dari eksternal. “Hubungan dengan klien, media, dan fans sangat berpengaruh di kategori ini,” katanya.

Kedua adalah krisis yang dihadapi secara internal. Pada jenis yang kedua ini, datangnya bisa dari talent atau pun dengan tim kerja.

Dia menjelaskan komunikasi adalah kunci untuk menghadapi masalah atau krisis yang ditimbulkan dari eksternal. Transparan kepada klien, media, dan fans sangat membantu artist manager dalam meyelesaikan sebuah masalah.

Sementara itu, jika penyebabnya adalah dari eksternal, artist management harus segera mencari jalan keluar. Jangan pernah saling menyalahkan satu sama lain dalam bekerja, apalagi saling melempar tanggung jawab.

Untuk diketahui, Sulung Landung telah merintis karier selama 20 tahun di industri hiburan dalam negeri. Da telah menciptakan support system bagi para aktor dan aktris seperti Adinia Wirasti, Aline Adita, Asmara Abigail, Ben Joshua, Cathy Sharon, Chew Kinwah, Dian HP, Dion Wiyoko, Giulio Parengkuan, Julie Estelle, Lukman Sardi, Nicholas Saputra, Sigi Wimala, dan Vino G. Bastian dalam menapaki industri hiburan di Tanah Air.

“Sudah lama saya mengamati dan mencermati bahwa belum ada sekolah, pelatihan, maupun training untuk menjadi manajer artis yang andal. Selama ini kami, para manajer artis, belajar secara otodidak dan learning by doing,” katanya.

Buku Artist Management 101 part 3: Seni untuk Menjadi yang Terbaik di Industri Hiburan ini diharapkan dapat menjadi petunjuk bagi siapa pun yang beraspirasi menjadi artist manager dan ingin mengenal lebih dalam tentang profesi artist manager.



Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

3 Kawasan Wisata di Jakarta Ini Berlaku Ganjil-Genap

BERIKUTNYA

Daebak! BTS Raup Rp 480 Miliar Lebih dari Konser Permission to Dance on Stage

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: