Ilustrasi produk kerajinan tangan. (Sumber gambar: Unsplash)

Lagi Cari Ide Bisnis? 3 Hobi Ini Bisa Jadi Potensi Usaha

31 May 2022   |   11:34 WIB

Hobi merupakan salah satu kegiatan yang bisa mendatangkan berbagai peluang, di mana hobi bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus kegiatan yang berpotensi menghasilkan pendapatan. Hal ini bisa datang dari keinginan untuk mendalami hobi yang tengah disukai, lho!
 
Bervariasi dari kegiatan masak-memasak sampai prakarya, yuk intip tiga kegiatan hobi yang bisa datangkan cuan.
 

1. Memasak

Memasak bisa jadi hobi yang kemudian ditekuni dengan lebih serius demi mendapatkan cuan lho! Hal ini bisa dimulai dari mengetahui jenis masakan yang Genhype sukai, lalu mencari dan mengembangkan resep-resep yang baru maupun yang jadi favorit kalian. Resep ini bisa berupa resep hidangan klasik maupun yang sedang viral.
 
Salah satu kunci dari bisnis kuliner, baik makanan manis maupun kue basah dan makanan berat, ada pada pemasaran yang memiliki kisah menarik. Mulailah menawarkan produk kepada keluarga dan teman terdekat, lalu koneksi antar konsumen dan penjual bisa mulai terbangun seiring dengan berkembangnya bisnis.
 
Tidak hanya itu, Genhype bisa berproses dengan tidak terburu-buru untuk mencari pasar yang besar. Pada tahap awal, pasar ini bisa menyesuaikan dengan preferensi pasar yang ada di sekitar kalian.
 
Selain itu, pengembangan bisnis bisa dilakukan dengan konsisten mengembangkan resep-resep masakan untuk menambah cita rasa bersamaan dengan mengembangkan peralatan yang sesuai dengan bisnis rumahan. Jangan sampai karena masalah peralatan masak, konsistensi pengembangan resep makanan terhambat.
 

2. Menggambar dan mendesain

Bisnis kreatif di bidang seni rupa kini semakin diminati dengan modal hobi menggambar maupun mendesain. Dua bidang yang mirip ini bisa menjadi ladang bisnis untuk kegiatan pekerjaan lepas atau freelance. Mulai dari jasa desain pakaian, kartu nama, undangan, hingga situs dan sampul buku.
 
Untuk memulai bisnis ini, Genhype bisa menawarkan jasa desain kepada orang-orang terdekat baik keluarga maupun teman dekat. Kemudian, penawaran ini bisa diajukan dengan menawarkan portfolio sesuai dengan jasa beserta dengan ketentuan dan daftar harga.
 

3. Menjahit dan membuat kerajinan tangan

Kerajinan tangan dan produk jahitan selama ini telah dikenal sebagai salah satu hobi yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat fleksibel untuk dikerjakan di rumah oleh siapa saja. Beberapa produk yang dihasilkan adalah penambahan bordir, merajut, membuat makram, hingga membuat aksesoris seperti alas gelas (coaster) dan handuk.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kenali Faktor Risiko dan Penanganan Alzheimer

BERIKUTNYA

Sivia Azizah Berdialog dengan Sang Pencipta lewat Single Suara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: