Ilustrasi bersepeda pada akhir pekan. (Sumber foto: Pexels/Nubia Navarro)

5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

03 June 2023   |   11:42 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

3. Mengurangi Risiko & Bantu Kesehatan Pasien Kanker

Banyak peneliti yang mempelajari hubungan antara olahraga dan kanker, terutama kanker usus besar dan payudara. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika kamu bersepeda, kemungkinan kanker usus berkurang. Beberapa bukti menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur mengurangi risiko kanker payudara. 

Sementara itu, mengutip Healthline, bersepeda menjadi perawatan tambahan bagi pasien kanker yang sedang dalam tahap pemulihan. Menurut penelitian dari Universitas Oxford pada 2019, bagi pasien kanker payudara, tetap aktif bersepeda dapat membantu mengurangi efek samping pengobatan kanker, termasuk kelelahan, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Namun demikian, kegiatan ini tetap harus dikonsultasikan ke dokter.  


4. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh dan Menjaga Kekuatan Tulang

Bersepeda meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh. Keseimbangan cenderung menurun seiring bertambahnya usia dan tidak aktif. Keseimbangan tubuh bermanfaat dalam mencegah jatuh dan patah tulang

Mengendarai sepeda juga merupakan bentuk olahraga yang ideal jika kamu menderita osteoarthritis. Pasalnya, olahraga berdampak rendah ini hanya memberikan sedikit tekanan pada persendian. Namun demikian, bersepeda tidak membantu osteoporosis (penyakit pengeroposan tulang) karena bukan olahraga menahan beban.

Sementara itu, bersepeda meningkatkan fungsi tubuh bagian bawah secara keseluruhan dan memperkuat otot kaki tanpa membebani persendian. Ini menargetkan otot pada paha depan, bokong, paha belakang, dan betis.


5. Menjaga Kesehatan Mental

Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Berfokus pada jalan atau irama saat bersepeda dapat membantu kamu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran. 

Salah satu studi menemukan bahwa bersepeda di luar meningkatkan fungsi kognitif dan kesejahteraan untuk orang dewasa yang lebih tua. Jika kamu merasa lesu, atau seperti otak bergerak lambat, naiklah sepeda setidaknya selama 10 menit.

Olahraga mendorong pelepasan endorfin dalam tubuh yang membantu kamu merasa lebih baik sekaligus menurunkan tingkat stres. Terlebih jika kamu bersepeda di luar ruang seraya melihat pemandangan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

Resep Strawberry Mochi Bites yang Manis dan Kenyal

BERIKUTNYA

Stray Kids Pecahkan Rekor Penjualan Album, Susul BTS & SEVENTEEN

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: