Tampilan mochi stroberi, camilan khas Jepang. (Sumber gambar : Unsplash/Christiana Comprogiani)

Resep Strawberry Mochi Bites yang Manis dan Kenyal

03 June 2023   |   10:51 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk berkreasi di dapur. Kamu bisa membuat camilan manis dan lezat untuk menemani hari libur yang berharga terutama bagi para pekerja. Salah satu resep yang patut  kamu coba sebagai teman rebahan atau nonton Netflix seharian yakni strawberry mochi bites. 

Mochi bites strawberry adalah dessert Jepang yang kenyal dan manis. Disebut ichigo daifuku, kudapan ini dibuat dari bola adonan tepung beras ketan yang diisi dengan pasta kacang merah manis, dan stroberi yang segar. 

Baca juga: Resep Kue Leker Menggunakan Teflon, Garing dan Renyah!

Dibuat pertama kali pada tahun 1980-an, ichigo daifuku memadukan manisnya buah dengan rasa asam kue beras. Ada yang mencampur rata stroberi ke dalam adonan, tidak sedikit pula yang membiarkannya utuh dan menjadi kejutan cantik di tengah adonan mochi yang kenyal.

Selain dimakan begitu saja, mochi stroberi ini juga kerap dijadikan pelengkap es krim dan kue. Es krim vanila paling sering digunakan. Kalori rata-rata mochi stroberi sekitar 100-150 kalori, menjadikannya pilihan yang cukup baik untuk camilan bagi mereka yang memperhatikan asupan kalori. 

Cara membuatnya terbilang cukup mudah loh. Ikuti resepnya di bawah ini yuk, Genhype.


Resep Strawberry Mochi Bites

  • 6 buah stroberi segar
  • 150 gram pasta kacang merah (anko)
  • 80 gram tepung beras ketan 
  • 20 gram gula
  • 20 gram tepung maizena
  • 10 gram minyak sayur
  • 130 gram air matang


Cara Membuat 


1. Cuci bersih stroberi. Buang bagian batang daunnya. Bilas dan keringkan. 

2. Bulatkan pasta kacang merah menjadi 6 bagian berbentuk bola kecil dengan ukuran yang sama. Tekan bagian tengah dengan ibu jari, bentuk seperti mangkuk. 

3. Masukkan bagian pangkal stroberi di dalam lengkungan pasta kacang merah yang sudah dibentuk. Selimuti stroberi dengan pasta, sisakan bagian ujungnya. Masukkan ke dalam kulkas.

4. Dalam mangkuk kaca, campur shiratamako dan gula dengan pengocok. Menggunakan spatula, tambahkan air dalam 3 bagian dan aduk sampai campuran kental. Tutup longgar dengan bungkus plastik.

5. Di wadah terpisah, masukkan tepung beras ketan, gula, tepung maizena, minyak sayur, dan air matang. Aduk rata

5. Tuang adonan ke atas wajan anti lengket. Masak dengan api kecil dan aduk sampai menjadi adonan mochi. Selama memasak, adonan harus terus diaduk supaya tidak gosong.

6. Angkat apabila adonan sudah matang dan legit. Tuang di atas talenan yang sudah ditaburi tepung maizena. Uleni, bagi menjadi 6 bagian. 

7. Giling setiap adonan menjadi agak rata. Jangan terlalu tipis supaya tidak robek untuk membungkus stroberi. 

8. Ambil stroberi yang ada di dalam kulkas. Bungkus dengan adonan mochi secara merata. Saat membungkusnya, cukup tarik secara perlahan. 

9. Lapisi tipis atau bedaki dengan tepung maizena yang sudah disangrai. Mochi Bites Strawberry siap menemani waktu santai kamu.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Berisiko Picu Depresi, Begini Cara Cegah Obesitas Pada Anak

BERIKUTNYA

5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: