Tips makeup saat pakai softlens (Sumber foto: Freepik/YuliiaKa)

6 Kiat Makeup saat Pakai Softlens Supaya Mata Tidak Gatal & Iritasi

26 May 2023   |   15:13 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Wanita yang menggunakan softlens atau lensa kontak pasti pernah kesulitan saat merias wajahnya. Seringkali kita dibuat bingung apakah sebaiknya pakai softlens dulu atau makeup dulu? Sebab, kalau urutannya salah, riasan wajah jadi kurang maksimal.

Apabila memakai softlens dulu sebelum merias wajah, dikhawatirkan mata jadi gatal dan merah karena terpapar partikel dari produk makeup. Sebaliknya, kalau merias wajah dulu lalu pakai softlens, seringkali pemakaiannya tidak pas sehingga air mata keluar dan bisa merusak riasan.  

Selain itu, mereka juga perlu hati-hati dalam memilih dan menggunakan produk riasan mata seperti eyeliner, eyeshadow, dan lainnya karena bisa mengiritasi mata. Mengutip dari boldsky, berikut tip merias wajah untuk kamu yang menggunakan lensa kontak. 

Baca juga: Tips Merawat Mata untuk Pengguna Lensa Kontak
 

1. Jauhi Riasan Berbahan Dasar Minyak

Sebelum merias wajah pastikan untuk mencuci tangan, sebab tangan yang kotor dapat mengiritasi mata. Selanjutnya pilihlah foundation dan eyeshadow yang bebas minyak. Produk makeup apa pun yang memiliki konsistensi berminyak dapat menyebar ke mata dan menyebabkan iritasi. Sebaiknya pilih foundation berbahan dasar air yang dapat diaplikasikan dengan kapas atau kuas. 


2. Pakai Softlens Sebelum Makeup

Sebaiknya softlens dipakai sebelum merias wajah. Pastikan posisinya sudah pas sehingga matamu tidak gatal dan perih. Jangan lupa pejamkan matamu saat mengaplikasikan eyeshadow dan loose powder, sehingga partikelnya tidak akan masuk ke mata dan membuat perih. 


3. Gunakan Lensa Kontak Sehari-hari

Jika kamu merias wajah setiap hari, sebaiknya gunakan lensa kontak yang biasanya sering kamu pakai. Hindari menggunakan softlens baru karena belum tentu cocok di matamu. Akhirnya proses memakainya jadi lama sehingga membuat mata jadi merah dan berair.


4. Aplikasikan Eyeliner di Atas Bulu Mata

Saat memakai softlens, jangan mengaplikasikan eyeliner di antara bulu mata dan garis di bawah bulu mata. Coba aplikasikan eyeliner pada garis di atas bulu mata. Hal ini akan membuat eyeliner mengotori dan merusak lensa kontak sehingga memungkinkan terjadinya infeksi.
 

5. Pilih Maskara Bahan Dasar Air

Saat memakai maskara, pastikan kamu memilih produk yang mengandung air sehingga tidak luntur dan merusak softlens. Hindari memilih maskara dengan tekstur berserat karena partikelnya bisa masuk ke mata dan mengiritasi.


6. Lepas Softlens sebelum Menghapus Makeup

Pastikan untuk melepas lensa kontak sebelum kamu menghapus riasan wajah. Jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu, supaya kamu tidak mengucek mata tiba-tiba dan partikel makeup akhirnya masuk ke mata.

Setelah melepas softlens, segera bersihkan makeup dengan cairan pembersih wajah atau micellar water kemudian cuci muka menggunakan facial foam. Simpan kembali softlens pada tempatnya, pastikan ganti cairannya dengan rutin supaya kondisinya tetap baik saat dipakai lagi.

Baca juga: Ini Bahaya yang Harus Diwaspadai Bila Sering Menggunakan Lensa Kontak

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Harun bin Senar, Jemaah Haji Tertua dari Indonesia Berusia 119 Tahun

BERIKUTNYA

Makin Eksis, FIFTY FIFTY Bakal Isi Soundtrack Film Barbie Karya Greta Gerwig

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: