Suzuki Grand Vitara di AEON Mall (Sumber Gambar: Hypeabis.id/Yudi Supriyanto)

Grand Vitara Generasi Terbaru Hadir di AEON Mall

01 June 2023   |   22:17 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Suzuki memamerkan kendaraan sport utility vehicle (SUV) terbarunya, yakni Grand Vitara 2023 di pameran yang diadakan di atrium AEON Mall, Kabupaten Tangerang, Banten, dari 30 sampai 4 Juni 2023. Mobil tersebut tersedia dalam berbagai varian dengan harga sekitar Rp387 jutaan on the road.

Sales Suzuki Evy Andyca mengatakan bahwa  Grand Vitara generasi terbaru yang dipamerkan merupakan kendaraan yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Sejumlah orang telah melihat kendaraan yang baru dipamerkan pada hari Kamis, 1 Juni 2023. 

Kehadiran kendaraan tersebut dalam pameran menggantikan kendaraan Suzuki Ertiga yang dipamerkan sejak hari pertama pameran. Dia menuturkan, kendaraan SUV ini juga memiliki sejumlah fitur yang menjadi nilai tersendiri. "[Kelebihan] Sudah ada sunroof," Katanya. 

Dia menambahkan, konsumen yang ingin merasakan berkendara Grand Vitara juga bisa melakukan test drive. Kendaraan yang  baru diluncurkan beberapa bulan lalu itu juga dibanderol Rp387. 400.000 (OTR Jakarta). 

Dirangkum dari berbagai sumber, Grand Vitara diperkenalkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pada Februari tahun ini. Kemudian, perusahaan mengumumkan harga kendaraan ini pada Maret 2023 di ajang yang lainnya. 
 

Suzuki Grand Vitara 2023 (Sumber Gambar: Hypeabis.id/Yudi Supriyanto)

Suzuki Grand Vitara 2023 (Sumber Gambar: Hypeabis.id/Yudi Supriyanto)



Nama kendaraan Grand Vitara bukan nama baru dalam industri otomotif di dalam negeri. Sebelum Grand Vitara meluncur pada tahun ini, kendaraan ini pernah ada di pasar otomotif Indonesia dan edisi terakhir adalah pada 2018 atau lima tahun silam. 

Perusahaan telah menyematkan berbagai macam perkembangan di dalam Grand Vitara 2023 yang membuatnya tampil jauh berbeda dengan yang rilis pada lima tahun lalu. 

Grand Vitara generasi terbaru ini memiliki dimensi panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.645 mm, sehingga memberikan tampilan kompak dan gagah. Selain itu, kendaraan ini juga memiliki wheelbase 2.600 mm. 

Dari sisi dapur pacu, kendaraan ini dibekali mesin 1.500 cc berkode K15C Dual Jet yang diklaim ramah terhadap lingkungan dan efisien. Kondisi ini dapat terjadi lantaran penggunaan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sesuai kebutuhan sekaligus menekan emisi gas buang dengan lebih baik.
 

Suzuki Grand Vitara (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Suzuki Grand Vitara (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)



Mesin yang tersemat itu mampu memberikan performa 103,06 PS/6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm/4.400 rpm yang disalurkan melalui 6-speed transmisi otomatis yang juga dilengkapi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi. Teknologi SHVS mengusung penggunaan integrated starter generator (ISG) dan baterai lithium-ion yang disebut akan mengoptimalkan kinerja mesin K15C Dual Jet tersebut.

Grand Vitara juga memiliki ground clearance dengan tinggi 210 mm dan sistem suspensi depan MacPherson Strut with Coil Spring serta Torsion Beam pada bagian belakang. 

Kendaraan ini juga memiliki sejumlah fitur keselamatan seperti 6 Airbag,  electronic stability program (ESP), anti-lock braking system(ABS), brake assist (BA), dan electronic brake-force distribution (EBD). 

Selain itu, SUV ini juga telah dilengkapi dengan 360 derajat kamera, rear parking camera, dan sensor parkir. Tidak hanya itu, fitur hill hold control yang tersemat juga menjadi salah satu bagian dari Grand Vitara. 

Kemudian, kendaraan ini juga memiliki panoramic sunroof, LED projector headlamp berikut autolight with Guide Me Light, cruise control, head up display (HUD), dan smartphone wireless charging
 

Suzuki Grand Vitara (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Suzuki Grand Vitara (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)



Di dalam kabin, head unit touchscreen 9 inch yang dapat terkoneksi dengan smartphone juga telah tersedia.

Baca juga: Grand Vitara Terbaru Meluncur, Cek Spesifikasinya

Grand Vitara 2023 hadir dengan dua varian yaitu GX dan GL. Varian GX memiliki 4 pilihan warna, yakni pearl splendid Silver + black, pearl artic white + black, pearl celestial blue, dan pearl midnight black. Sedangkan varian GL tersedia 3 pilihan warna, yakni pearl artic white, prime grandeur grey, dan pearl midnight black

Varian GX dengan warna pearl splendid Silver + black dan pearl artic white + black dibanderol seharga Rp387.400.000. Sementara warna pearl celestial blue dan pearl midnight black mencapai Rp384.400.000. Adapun, harga varian GL adalah Rp359.400.000 untuk seluruh jenis warna.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Oshi no Ko Episode 8 Tunda Jadwal Tayang, Ada Episode Spesial?

BERIKUTNYA

Acara Localicious Hadirkan 50 Kuliner Legendaris dari Seluruh Nusantara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: