Grand Vitara menggunakan mesin ramah lingkungan (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Grand Vitara Terbaru Meluncur, Cek Spesifikasinya

16 February 2023   |   17:18 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Suzuki Grand Vitara terbaru di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Kendaraan medium sport utility vehicle (SUV) ini berbekal teknologi pintar smart hybrid. Mesin yang terpasang pun diklaimmerupakan mesin yang ramah lingkungan dan memberikan efisiensi optimal.

Sales Marketing Director Suzuki Indonesia, Matsushita Ryohei, mengatakan bahwa kehadiran kembali Grand Vitara di jalanan Indonesia sebagai wujud komitmen perusahaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dengan SUV pintar.

“Saat ini, ada pergerakan tren dan kebutuhan di industri otomotif dengan mendominasinya SUV di Indonesia. Selain itu, kesadaran masyarakat terhadap kendaraan yang ramah lingkungan juga terus meningkat,” katanya.

Dia menambahkan bahwa Suzuki Grand Vitara terlahir sebagai perkembangan passion Suzuki global terhadap desain, teknik, dan mesin di industri otomotif. Kendaraan ini mendapatkan sentuhan desain eksterior yang memberikan kesan elegan, tangguh, dan sporti.

Tidak hanya itu, fitur yang tersemat di SUV ini guna memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar pada masa kini. Kemudian, dia mengeklaim bahwa mesin yang terpasang adalah mesin yang ramah terhadap lingkungan dan memberikan efisiensi optimal.

Menurutnya, Grand Vitara hadir dengan dua varian yaitu GX dan GL. Di varian GX tersedia 4 pilihan warna Pearl Splendid Silver + Black, Pearl Artic White + Black, Pearl Celestial Blue dan Pearl Midnight Black. Sedangkan di varian GL tersedia 3 pilihan warna seperti Pearl Artic White, Prime Grandeur Grey dan Pearl Midnight Black. Berikut spesifikasi kendaraan tersebut.
 
 

Dimensi & Kestabilan

Suzuki Grand Vitara terbaru memiliki panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.645 mm. Ukurannya diklaim memberikan tampilan yang kompak dan gagah. Dengan wheelbase 2.600 mm, kendaraan ini juga dapat bergerak lincah ketika berada di jalanan.

Ground clearance kendaraan setinggi 210 mm dapat membuat kendaraan ini memberikan ketenangan dan kestabilan saat melewati beragam medan jalan yang kurang baik. Sistem suspensi depan menggunakan MacPherson Strut with Coil Spring dan Torsion Beam pada bagian belakang memberikan peredaman perjalanan

Mesin

Suzuki membekali Grand Vitara dengan mesin 1.500 cc berkode K15C Dual Jet. Perusahaan mengeklaim bahwa mesin ini adalah mesin yang ramah lingkungan dan efisien. Penggunaan teknologi SHVS yang tertera juga membuat penggunaan bahan bakar menjadi optimal sesuai kebutuhan.

Pada saat yang sama, mesin ini dapat menekan emisi atau gas buang yang lebih baik. Mesin tersebut juga mampu memberikan performa 103,06 PS/6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm/4.400 rpm yang disalurkan melalui 6-speed Automatic Transmission dengan paddle shift di balik lingkar kemudi.

Teknologi SHVS yang tertera mengusung penggunaan Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion Battery yang akan mengoptimalkan kinerja mesin K15C Dual Jet tersebut.

Fitur Keselamatan & Keamanan 

Selain itu, kendaraan ini juga mendapatkan sejumlah fitur keselamatan seperti 6 airbag, Electronic Stability Program, Anti-lock Braking System, Brake Assist, dan Electronic Brake-force Distribution. Selain itu, kendaraan ini juga tersemat 360 camera, rear parking camera, serta parking sensor untuk memudahkan pengendara melihat kondisi sekitar mobil, dan melanjutkan manuver yang aman. Kemudian, fitur hill hold control juga tersemat dalam Grand Vitara.
 

Fitur Hiburan

Selain fitur keselamatan dan keamanan, kendaraan ini juga mendapatkan sejumlah fitur lainnya, seperti panoramic sunroof, LED Projector Headlamp berikut Autolight with Guide Me Light, Cruise Control, Head Up Display (HUD) dan smartphone wireless charging.

Baca juga: SUV Baru Hasil Perkawinan Toyota & Suzuki Segera Diproduksi

Pengemudi juga dapat menikmati head unit touchscreen 9 inch yang dapat terkoneksi dengan gawai pintar. Dia mengeklaim bahwa berbagai kelengkapan fitur yang terdapat pada Grand Vitara menambah pengalaman berkendara yang lebih advanced.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Beragam Pilihan Wajah Baru Tampilan Wikipedia

BERIKUTNYA

Yuk Intip Koleksi Fall 2023 Coach dengan Konsep Sustainable

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: