Erwin Gutawa berkolaborasi dengan 3 Diva dalam Synchronize Fest 2022 (Sumber gambar: Synchronize Fest/Instagram)

Lebih Dekat dengan 12 Penampil Spesial di Synchronize Fest 2023

31 May 2023   |   06:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Synchronize Fest akan kembali digelar. Hajatan musik tahunan itu akan diselenggarakan pada 1-3 September 2023. Tak hanya menyiapkan sederet line up seperti acara-acara sebelumnya, Synchronize Fest 2023 juga akan diramaikan dengan 12 nama penampil spesial yang menjadi keunikan tersendiri untuk gelarannya tahun ini.

Kedua belas nama penampil ini merupakan proyek kolaborasi beberapa musisi lintas genre dan generasi yang siap untuk mempersembahkan pertunjukan spesial kepada pecinta musik Tanah Air. Pihak promotor pun memastikan bahwa masih akan ada lebih dari 150 nama penampil lainnya yang akan menggebrak panggung Synchronize Fest 2023.

Untuk lebih lengkapnya, yuk kenalan dengan 12 penampil yang akan menyuguhkan penampilan kolaborasi spesial di acara Synchronize Fest 2023 mendatang. 

Baca juga: Synchronize Fest 2023 Umumkan Line Up Spesial, Lebih dari 50 Musisi Siap Hadir


1. Bimbo Bersama Yanti Bersaudara

Sulit melepas kebesaran nama Bimbo di sirkuit lagu religi Indonesia yang terkenal dengan dua lagu populernya yaitu Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya dan Sajadah Panjang. Grup bersaudara asal Bandung ini terbentuk pada pertengahan 1960-an yang telah melewati banyak fase bermusik dengan memainkan folk, pop, dangdut, dan tentu saja religi.

Pada panggung spesial Synchronize Fest 2023, Bimbo akan tampil bersama dengan grup bersaudara legendaris asal Bandung lainnya yakni Yanti Bersaudara. Nama mereka belakangan kembali mencuri perhatian setelah lagu-lagunya dirilis kembali dalam bentuk piringan hitam melalui label rekaman asal Jakarta, Lamunai Records. 
 

2. God Bless 50 Tahun

Grup rok legendaris Indonesia, God Bless, siap merayakan usia 50 tahun berkarier di panggung Synchronize Fest 2023. Band yang kini beranggotakan vokalis Achmad Albar, gitaris Ian Antono, bassist Donny Fatah, keyboardist Abadi Soesman, dan drummer Fajar Satritama ini sempat didapuk oleh majalah Rolling Stone Indonesia sebagai The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa.

God Bless rencananya akan tampil dengan sederet musisi aktif hari ini seperti Kelompok Penerbang Roket, Isyana Sarasvati, Scaller, Iksan Skuter, Soegi Bornean, Barasuara, hingga Ardhito Pramono. Kolaborasi ini membuat panggung God Bless di Synchronize Fest 2023 bukan saja menjadi perayaan lima dekade, tetapi sekaligus perayaan regenerasi musik di Tanah Air. 
 

3. Iwan Fals x Sawung Jabo

Dua musisi sekaligus seniman legendaris Indonesia, Iwan Fals dan Sawung Jabo, menjadi salah satu kolaborasi yang wajib disaksikan di Synchronize Fest 2023. Kiprah bermusik keduanya begitu besar saat bersama-sama memperkuat grup superior SWAMI dan Kantata Takwa. 

Pada 1990, Kantata Takwa sempat mengadakan konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, yang dihadiri hingga mencapai 150.000 orang sehingga sejarah penting musik Indonesia itu pun tercatat. Fals dan Jabo adalah salah dua pihak yang menggoreskan tintanya. Nantinya, mereka akan tampil bersama di Synchronize Fest 2023 dan menjadi penampilan spesial yang tentu pantang dilewatkan.
 


4. Konser Petualangan Sherina (Jakarta Movin, Isyana Sarasvati, Yura Yunita & Reza Chandika)

Pada 2000, nasib industri film Indonesia menjadi kian cerah berkat kesuksesan film drama musikal anak-anak legendaris berjudul Petualangan Sherina. Film garapan sutradara Riri Riza dan Mira Lesmana ini sukses memikat jutaan penonton, dan memperluas kejayaannya lewat medium karya seni lain seperti album musik hingga pertunjukan teater. 

Tak ayal, film tersebut memiliki sinopsis, naskah, dialog, lagu, koreografi, hingga lokasi yang melekat dalam ingatan penonton sampai hari ini. Pada 2022, proyek Petualangan Sherina 2 pun resmi diumumkan dan dijadwalkan tayang pada September 2023. 

Synchronize Fest 2023, bekerja sama dengan Miles Films dan Jakarta Movin, akan menyambut sekuel tersebut dengan menghadirkan Konser Petualangan Sherina di salah satu panggungnya. Lagu-lagu kenamaan dalam film tersebut seperti Bintang-bintang, Jagoan, hingga Kertarajasa akan ditampilkan bersama musisi-musisi tamu seperti Isyana Sarasvati, Yura Yunita, juga Reza Chandika. 
 

5. Matajiwa x Matajiwo

Apa jadinya bila gaung rok Matajiwa mendampingi pertunjukkan wayang yang didalangi oleh budayawan Sujiwo Tejo? Tentu akan menjadi kolaborasi lintas medium seni yang patut disaksikan.

Mereka sempat tampil bersama dan menjadi bahan perbincangan pada 2015. Ketika itu, Matajiwa x Matajiwo mempersembahkan sebuah lakon wayang kulit berjudul Karno Tanding. Matajiwa melatari lakon tersebut dengan repertoar mereka salah satunya adalah Semesta.

Kini, Synchronize Fest 2023 siap menghadirkan kembali kolaborasi spesial Matajiwa x Matajiwo dengan pertunjukan yang menghanyutkan penonton. 
 

6. Melly Goeslaw Songbook (feat. BBB, Irwansyah & Anda Perdana)

Keriaan karaoke nostalgia musik Indonesia belakangan ini tidak bisa lepas dari karya-karya musisi Melly Goeslaw. Santer terputar adalah lagu-lagu Melly bersama super grup Potret seperti Salah, Bagaikan Langit, hingga Mungkin.

Tak ketinggalan, proyek solonya juga menghasilkan lagu-lagu kolaborasi penuh memori seperti Jika, Butterfly, dan Ada Apa 
dengan Cinta
. Beberapa di antara mereka bahkan ikut menyukseskan film panjang Indonesia di antaranya Ada Apa dengan Cinta, Eiffel I’m in Love, hingga Heart.

Untuk itu, Melly akan bernostalgia di panggung Synchronize Fest 2023 bersama para kolaboratornya seperti Anda Perdana, Irwansyah, dan BBB (Bukan Bintang Biasa – vokal grup yang beranggotakan Raffi Ahmad, Dimas Beck, Ayushita, Chelsea Olivia, dan Laudya Cynthia Bella). Mereka akan mengajak para penonton berkaraoke ria bersama. 

Baca juga: Dari Jessie J hingga Jason Mraz, Inilah Deretan Musisi Dunia yang Pernah Manggung di Java Jazz
1
2


SEBELUMNYA

Agnes Linggar Raih Rekor MURI Sebagai Perancang Busana Pertama yang Melukis Bebas di Atas Kain

BERIKUTNYA

Fadli Zon Raih Rekor MURI, Jadi Pemilik Rumah dengan Koleksi Budaya Nusantara Terbanyak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: