Poster film Detektif Jaga Jarak (Sumber gambar: Temata Studios)

Film Bioskop Juni 2023, Detektif Jaga Jarak Angkat Dilema Keluarga Kala Pandemi

30 May 2023   |   20:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Satu lagi film Indonesia yang wajib masuk daftar tontonan kalian, yaitu Detektif Jaga Jarak. Cerita film garapan rumah produksi Seven Sunday Films dan Temata Studios ini berkutat pada persoalan rumah tangga dengan latar belakang waktu pandemi. Meski mengangkat premis yang terbilang serius, sejatinya film garapan sutradara Rahabi Mandra ini bergenre komedi.

Film Detektif Jaga Jarak berkisah tentang Almond Surendra (diperankan oleh Marthino Lio), seorang konsultan pernikahan yang sangat berusaha dalam mempertahankan rumah tangga kliennya. Menurutnya, pernikahan merupakan suatu hal yang sakral dan wajib diperjuangkan.

Baca juga: Cek Sinopsis Film Star Syndrome Garapan Soleh Solihun yang Tayang di Bioskop Juni 2023

Satu waktu, Almond berkeinginan untuk meminang dan menikahi Arum (diperankan oleh Givina Lukita), perempuan idaman sekaligus sahabat masa kecilnya. Orang tua Arum pun sudah sering meminta agar putrinya itu segera menikah.
 

f

Para pemain film Detektif Jaga Jarak (Sumber gambar: Temata Studios)

Namun, rencana tinggal rencana. Pandemi yang terjadi membuat Almond harus berusaha keras lagi dalam mencari penghasilan. Usaha konsultasi Pernikahan yang dia bangun dan berkantor di ruko pun bangkrut. Almond harus menghadapi keadaan yang sulit, jatuh ke titik nol dalam dirinya dengan kondisi pandemi yang entah kapan berakhir.

Sifatnya yang pekerja keras dan tetap teguh pendirian membawanya bertemu dengan Takdir (diperankan oleh Bimasena) bersama Bro, anjing pug kesayangannya. Takdir adalah seorang pengamen jalanan yang menyambung hidupnya dengan menjadi mata-mata yang dibayar untuk menyelidiki perselingkuhan dari beberapa pasangan.

Melihat pekerjaan Takdir yang tidak biasa, bagaimana bisa menguntungkan dari rasa sakitnya selingkuh membuat Almond awalnya tidak ingin terlibat. Tapi, saat dia melihat hasilnya dan harapannya akan pernikahannya dengan Arum, akhirnya Almond ikut untuk menjadi detektif seperti Takdir. 

Bahkan, dengan bekal pengalaman sebagai konsultan pernikahan, dia justru lebih bisa menilai dan memberikan cara untuk membuktikan perselingkuhan dari beberapa kliennya.
Bagaimanakah petualangan duet Almond dan Takdir dalam membongkar kasus-kasus perselingkuhan?

Apakah dia bisa lolos dari tuduhan Citra (diperankan oleh Hana Malasan), polisi cantik yang mencurigai adanya praktik detektif gadungan di perumahan tersebut. Terlebih, yang terpenting akankah tekad Almond dapat memastikan bahwa dia dapat menikahi Arum? 
 

Produser Tesadesrada Ryza menjelaskan film Detektif Jaga Jarak terinspirasi dari pola perilaku pasangan di kala pandemi. Lewat sejumlah riset, paparnya, pihaknya menemukan fakta bahwa saat pandemi, selain berjuang menjaga kesehatan ternyata tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang juga harus berjuang menyelamatkan hubungannya dengan pasangan, seperti suami, istri, atau pacar.

Selain itu, latar belakang pandemi yang diusung dalam film ini juga bukan tanpa alasan. Ryza memaparkan selama periode pandemi, jumlah kasus perceraian mengalami peningkatan yang signifikan.

Menurut laporan Statistik Indonesia, jumlah kasus perceraian di Indonesia mencapai 516.334 pada 2022. Angka ini meningkat 15,31 persen dibandingkan 2021 yang mencapai 447.743 kasus. "Film ini mengajak kita semua untuk selalu mencari solusi di tengah permasalahan yang ada bukan malah sebaliknya," kata Ryza.

Baca juga: Sinopsis & Daftar Pemain Film Sosok Ketiga yang Tayang 22 Juni di Bioskop Indonesia

Sementara itu, Rahabi Mandra selaku penulis dan sutradara dari film Detektif Jaga Jarak mengungkapkan pihaknya telah melakukan riset yang cukup panjang dan terbilang unik untuk menggarap film ini. Mulai dari meriset terkait modus selingkuh, strategi sembunyi dari pasangan, sampai cara-cara untuk membongkar persoalan perselingkuhan.

"Kami ingin setiap kasus yang ditangani sang detektif terasa relate dengan kehidupan sekitar kita. Karena itu kami banyak lakukan wawancara, baca-baca forum spill, karena urusan rumah tangga atau dapur orang ini kisahnya kan beda-beda," jelasnya.

Adapun, film Detektif Jaga Jarak akan mulai tayang di bioskop Tanah Air mulai 1 Juni 2023.

SEBELUMNYA

Stray Kids Cetak Rekor Pre-Order Album 5 Star, Tembus 4,9 Juta Kopi

BERIKUTNYA

Drama Korea Misteri Revenant Tayang di Disney+ Hotstar pada 23 Juni 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: