Beberapa karya Syakieb Sungkar (Sumber foto: Cemara 6 Galeri – Toeti Heraty Museum)

Seniman Syakieb Sungkar Bakal Gelar Pameran di Cemara 6 Galeri – Toeti Heraty Museum

30 May 2023   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Seniman Syakieb Sungkar akan mengadakan pameran tunggal bertajuk Dreams di Cemara 6 Galeri – Toeti Heraty Museum, Menteng, Jakarta Pusat, pada 3 – 17 Juni 2023. Pameran ini akan menyajikan karya yang berbeda jika dibandingkan dengan pameran yang pernah diadakannya.

Syakieb menuliskan bahwa pameran bertajuk Dreams akan lebih banyak mengeksplorasi bentuk, warna, dan gaya. Kondisi ini akan membuatnya berbeda jika dibandingkan dengan pameran-pameran yang pernah diadakannya.

Baca juga: Pameran Reformas!h In Absentia: Menyelami Momen-Momen Bersejarah Mei 1998

Dalam pameran yang pernah diadakan, sang seniman menuliskan bahwa diri lebih banyak melukis kejadian, tokoh-tokoh, suasana yang ada di sekitar seperti teman-teman, istri, dan diri sendiri. “Saya bersyukur dapat melukis kembali, sehingga terjadilah pameran tunggal yang kedua ini,” tulisnya dalam katalog pameran yang diterima Hypeabis.id, Selasa (30/5/2023). 

Dia menuliskan, karya dalam pameran Dreams merupakan perwujudan mimpi-mimpi, lamunan, renungan, dan khayalan yang pada awalnya hanya sebuah konsep, sketsa, atau coretan di buku harian yang kemudian diwujudkan dalam lukisan.

Karya-karya dalam pameran ini akan lebih surealisme dan sedikit politis yang mendapatkan balutan metafora. Dengan menyajikan karya itu, dia berharap para khalayak yang melihat dapat mengapresiasinya.

Inda Citraninda Noerhadi, Ketua Yaysan Cemaran Enam, menuliskan bahwa bagi sang seniman melukis bukan sekedar senang-senang, seperti dalam karyanya berjudul Bu Rose Ulang Tahun (120x170 cm2) dengan medium oil di atas kanvas (2021).

Menurutnya, sang seniman melukis lebih banyak sebagai bentuk  refleksi atas kehidupan. “Suatu koreksi, komentar, barangkali antitesis, atas apa yang terjadi di masyarakat,” tulisnya. Pandangannya itu dapat terlihat dari karya berjudul Merdeka Belajar (100x160 cm2, 2023) oil on canvas.

Sementara itu, Kurator Pameran Anna Sungkar menuturkan bahwa sang seniman lebih banyak “melamun” dalam pameran kali ini. "Jadi, pameran ini diberikan judul Dreams. Lamunan itu mendapatkan dukungan dari corak surealisme."

Keadaan itu membuat karyanya seperti terlihat banyak mengambil dari Salvador Dali, Pablo Picasso, Marc Chagall, Michael Taylor, Paul Klee, dan karya-karya komik serta wayang. Meskipun begitu, dia tidak mengambilnya mentah-mentah. Sang seniman mengolahnya sedemikian rupa sehingga menjadi gaya tersendiri yang dimiliki oleh Syakieb dalam pameran itu nanti.

Dia menambahkan, Dreams atau mimpi-mimpi bagi sang seniman memiliki banyak arti. Salah satunya adalah hanya sekadar mimpi yang muncul dari alam bawah sadar, sehingga semesta yang diciptakan dalam lukisan terlihat kacau, tidak logis, berantakan, dan salah tempat.

Pameran ini akan dibuka pada Sabtu, 3 Juni 2023 pukul 16.00 WIB di Cemara 6 Galeri – Toeti Heraty Museum. Masyarakat dapat menyaksikan pameran ini dari 3 sampai 17 Juni 2023 mulai pukul 10.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Sebanyak 16 karya akan dapat dinikmati oleh para pencinta seni di dalam pameran tunggal itu. Hampir seluruhnya, karya-karya tersebut dibuat oleh sang seniman pada 2023. Sementara itu, satu karya diciptakan pada 2021 dengan judul Bu Rose Ulang Tahun.

Baca juga: Cemara 6 Galeri - Toeti Heraty Museum Kenalkan Batik Saparinah di Pameran Membatik Ketangguhan

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Drama Korea dengan Adegan Mukbang yang Menggoda Selera

BERIKUTNYA

Keringat Dingin & Megap-megap Jadi Tanda Serangan Jantung? Simak Faktanya Yuk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: