Ilustrasi lari marathon (sumber gambar Unsplash/ Capstone Events)

Total Hadiah Ratusan Juta, Cek Keseruan & Kategori Mandiri Jogja Marathon 2023

14 June 2023   |   14:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ajang lomba lari sekaligus berwisata, Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2023 siap digelar nih Genhype. Lomba lari yang sudah masuk ke dalam Certified Measured Course by World Athletics ini akan dilaksanakan pada 18 Juni 2023 di seputaran Candi Prambanan, Yogyakarta.

Tak hanya dikenal sebagai lomba lari biasa, Mandiri Jogja Marathon juga memberikan sentuhan keindahan alam, keramahan masyarakat, dan kulineran ala Yogyakarta. Ya, selain tubuh yang sehat kalian juga bakal mendapat hiburan yang menjadi daya tarik tersendiri dari acara ini.

Baca juga: Mandiri Jogja Marathon 2023, Lomba Lari Sambil Nikmati Pemandangan Indah

Dihelat sejak 2017, antusiasme pelari pada Mandiri Jogja Marathon selalu tinggi. Tahun ini sebanyak 8.000 peserta akan mengikuti perhelatan tersebut, bahkan tiketnya sendiri sudah terjual habis dengan dominasi pelari berasal dari luar Yogyakarta.
 
 


Mandiri Jogja Marathon memang digelar dengan tujuan untuk menjadi sport tourism, konsep yang memadukan olahraga seraya berwisata. Dengan demikian, ajang ini juga bisa menjadi destinasi berlibur bersama keluarga sambil menikmati keindahan Kota pelajar, Yogyakarta.

Tak hanya itu, kendati ada nama maraton dalam ajang ini, tapi sebenarnya lomba lari dari Bank Pelat Merah tersebut sebenarnya juga bisa diikuti oleh siapa saja. Sehingga, pelari pemula maupun pelari profesional pun sama-sama bisa menikmati serunya menjajal trek Mandiri Jogja Marathon.

Masih sama seperti tahun sebelumnya, Mandiri Jogja Marathon juga memiliki beberapa kategori yang bisa dipilih yang bisa disesuaikan dengan preferensi kalian. Bagi yang sudah terbiasa berlari dan ingin mencapai batas maksimalnya, tentu kategori Marathon bakal menjadi tantangan yang menarik untuk dicoba.


Kategori Mandiri Jogja Marathon 2023

Tahun ini, ajang Mandiri Jogja Marathon dibagi menjadi empat kategori yang bisa diikuti oleh pelari berumur 13 hingga 17 tahun. Melansir laman resminya, pelari yang sudah berusia 17 tahun ke atas dapat untuk mengikuti kategori Marathon, Half Marathon, dan 10K. Sedangkan, bagi yang berumur 13 tahun ke atas baru bisa mengikuti kategori 5K Fun Run.


1. Marathon

Pada kategori ini peserta akan berlari sejauh 42.195 km dengan elevation gain 392 m, dan batas waktu lari sebelum sampai ke garis finish 7 jam. Adapun pelari yang memilih kategori ini nantinya akan mendapat beberapa benefit, seperti slot, BIB, jersey, medali finisher, dan finisher tee.


2. Half Marathon

Kategori ini memiliki tingkat tantangan setingkat lebih rendah dibanding Marathon. Pada kategori ini, peserta akan berlari sejauh 21.098 km dengan elevation gain 127 m. Adapun batas waktu lari  untuk kategori ini adalah 3 jam 45 menit. Tak jauh berbeda, pelari Half Marathon juga akan mendapatkan benefit seperti slot, BIB, jersey, medali finisher, dan finisher tee.


3. Marathon 10K

Sesuai namanya peserta yang memilih kategori ini akan berlari sepanjang 10 km dengan elevation gain 49 m. Adapun batas waktu lari untuk kategori 10K adalah 2 jam. Sementara itu, benefit yang diperoleh berupa slot, BIB, jersey, dan medali finisher.


4. 5K Fun Run

Lantan dikhususkan untuk remaja dan anak-anak, kategori ini memiliki jarak tempuh lari yang tidak terlalu jauh, yakni hanya 5 km dan dengan elevation gain 25 m. Adapun batas waktu lari  pada kategori ini adalah 1 jam. Pelari dalam kategori ini juga masih mendapatkan benefit yang menarik, seperti slot, BIB, jersey, dan medali finisher.

Tak hanya itu, bagi para pelari yang berhasil mencatatkan waktu terbaik di setiap kategori, mereka juga berhak mendapatkan sejumlah hadiah berupa uang dengan total ratusan uta rupiah yang nantinya akan dikirim via transfer ke rekening bank Mandiri pemenang.

Baca juga: Pecahkan Rekor BMW Berlin-Marathon, Eliud Kipchoge Masih Manusia Tercepat di Dunia

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Braket Panas Dua Tim Indonesia di MSC 2023, ONIC vs EVOS Bertemu di Playoff!

BERIKUTNYA

Sering Deg-degan War Tiket Konser? Waspada Aritmia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: