Ilustrasi cold brew tea. (Sumber foto: Pexels/Charlotte May)

Cara Simpel Membuat Cold Brew Tea yang Nikmat dan Segar

29 May 2023   |   19:14 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Tahukah Genhype bahwa kalian tidak membutuhkan air panas untuk menyeduh teh? Ada metode menyeduh teh yang disebut penyeduhan dingin atau cold brew. Caranya, kalian hanya perlu merendam daun teh dalam air dingin dan membiarkan sari daun tehnya larut perlahan dan disimpan semalaman di lemari es.

Meskipun menyeduh teh dengan air panas untuk membuat es teh jauh lebih cepat, proses ini terkadang dapat menyebabkan minuman encer dan merusak kedalaman rasa dan pengalaman minum teh secara keseluruhan. Di sisi lain, proses cold brew memungkinkan sari daun teh larut secara perlahan, sehingga dapat menciptakan keseimbangan senyawa yang berbeda dari seduhan instan dengan air panas.

Baca juga: Cuaca Lagi Panas-panasnya, Coba Yuk 2 Resep Es Teh Ini Biar Seger

Teh seduh dingin mengandung jumlah antioksidan sehat yang sama dengan teh seduh panas. Metode ini juga menghasilkan teh yang manis daripada teh panas. Jadi, kalian mungkin tidak perlu menambahkan pemanis terlalu banyak. Selain itu, ketika teh yang diseduh panas harus dikonsumsi pada hari yang sama saat dibuat, teh yang diseduh dingin dapat dinikmati selama beberapa hari jika disimpan di lemari es.

Adapun, daun teh yang paling cocok untuk dikonsumsi dengan cara cold brew atau seduh dingin antara lain white tea, green tea, oolong tea, black tea, rooibos, dan teh herbal seperti hibiscus dan guayusa.

Membuat teh seduh dingin juga cukup mudah karena kalian hanya memerlukan alat dan bahan yang sebagian besar sudah tersedia di rumah yakni daun teh, bejana seduh, saringan, air, dan lemari es. Selain teh, wadah yang kalian gunakan juga penting, pastikan stoples kaca, teko atau botol yang kalian gunakan memiliki penutup agar teh dapat meresap dan rasanya tidak terpengaruh udara luar.

Berikut ini cara menyeduh teh dengan teknik cold brew:


Alat dan bahan:

  • Daun teh pilihan.
  • Wadah untuk menyeduh dan menyimpan teh. Pastikan bisa tertutup rapat.
  • Air dingin atau suhu kamar.
  • Kulkas


Cara membuat:

  1. Tuang 1-2 sdt daun teh untuk setiap cangkir air pada satu batch atau 4-5 sdt daun teh untuk setiap liter pada teko besar. Jika kalian menggunakan teh kemasan, setidaknya gunakan 3-5 kantong teh per liter untuk satu teko teh.
  2. Tambahkan air ke wadah teh dan masukkan ke dalam lemari es selama 2 - 8 jam, atau seduh semalaman.
  3. Keluarkan teh dari lemari es, saring daunnya atau buang kantong tehnya.
  4. Teh seduh dingin paling baik disajikan dingin tanpa es untuk menikmati rasa yang mendalam.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Mengenal 6 Saudara Ariel di The Little Mermaid, Putri Raja Triton yang Menjaga 7 Samudera

BERIKUTNYA

6 Tip Rumah Wangi & Segar Sepanjang Hari Tanpa Semprot-semprot Pengharum Ruangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: