Banyak minyak esensial alami yang dapat melebatkan rambut. (Sumber gambar: Unsplash/Suheyon)

Mudah Ditemukan, Cek 5 Minyak Esensial untuk Rambut Lebih Sehat & Lebat Ini

29 May 2023   |   16:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Rambut adalah mahkota alami yang diberikan pada manusia. Oleh karena itu memiliki rambut lebat dan sehat merupakan impian sebagian orang, meski untuk mendapatkan hasil terbaik bukan perkara yang mudah. Sebab, ada banyak faktor yang memengaruhi, seperti genetik hingga teknik perawatan.

Salah satu yang kerap menjadi masalah perawatan rambut adalah kerontokan, rambut bercabang hingga kering. Adapun, hal tersebut biasanya diatasi dengan mengaplikasikan minyak esensial untuk rambut. Namun, pemilihan minyak alami pada rambut tidak boleh sembarangan karena memiliki fungsi yang berbeda. 

Baca juga: Ini 4 Minyak Esensial yang Cocok untuk Mengobati Rambut Kering

Para ilmuwan, sejauh ini juga telah mengeksplorasi berbagai kegunaan minyak esensial, mulai dari meningkatkan kesehatan mulut, meredakan mual hingga mengobati insomnia. Selain itu, bukan rahasia lagi bahwa sejak awal, orang telah mengoleskan berbagai ekstrak tumbuhan ke kulit kepala mereka untuk melebatkan rambut. 

Lantas, minyak esensial apa saja yang bisa diaplikasikan untuk membuat rambut tumbuh lebih lebat dan tidak gampang rontok? Dihimpun Hypeabis.id dari berbagai dari sumber resmi, berikut beberapa di antaranya.


1. Minyak Biji Labu

Sesuai namanya minyak biji labu dibuat dari biji labu atau pumpkin seed oil.  Memiliki banyak kandungan antioksidan dan vitamin, terutama tingkat Zat Seng, tembaga, dan besi minyak satu ini pun sangat baik untuk menutrisi rambut dan kulit agar lebih lembab.

Ahli dermatologis Blair Murphy-Rose, dikutip dari Everyday health mengungkap, minyak biji labu juga mengandung fitosterol, atau zat lemak nabati yang mirip dengan kolesterol pada manusia. Adapun, fungsi zat tersebut dapat menghambat enzim yang dapat membuat rambut rontok lebih cepat akibat gangguan hormonal.


2. Minyak Rosemary

Minyak rosemary umumnya disuling dengan uap dari bunga, daun, dan ranting rosemary. Saat diaplikasikan ke kulit kepala dan rambut, minyak ini juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut secara alami, serta meningkatkan sirkulasi di nutrisi rambut. 

Selain itu, minyak rosemary juga mengandung asam carnosic, yang dapat berkontribusi pada kesehatan kulit kepala. Oleh karena itu pemakaian minyak ini juga dapat membantu melawan ketombe, penyebab umum peradangan pada kulit kepala, yang dapat menyebabkan penipisan rambut.


3. Minyak Sereh

Minyak serai berasal dari daun tanaman serai, yang mengandung citral, mineral, dan vitamin. Serai mengandung sifat anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antijamur, sehingga dapat memperkuat rambut untuk meminimalkan potensi kerontokan.

Menurut sebuah  penelitian yang dilakukan National Library of Medicine, minyak ini juga mampu mengurangi ketombe secara signifikan saat dioleskan ke kulit kepala, sesuai dengan sifat anti jamurnya. Aplikasi hair tonic minyak serai selama 7 hari berturut-turut juga dapat mengurangi mengelupasnya jaringan kulit kepala yang mati secara signifikan.


4. Minyak Kelapa

Minyak satu ini memang menjadi esensial yang paling umum digunakan untuk mentreatment rambut dan kulit kepala agar dapat tumbuh lebat dan mengurangi kerontokan. Selain itu, dengan kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin E, minyak kelapa juga bisa memberikan efek kilau dan melembutkan rambut saat dioleskan secara teratur.

Pasalnya, minyak kelapa juga mengandung asam laurat, yang mungkin menawarkan sifat antimikroba dan anti-inflamasi sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut lebih signifikan. Sebuah studi pada 2003 juga menemukan bahwa kandungan asam lemak di minyak kelapa dapat mengurangi kehilangan protein saat digunakan sebagai perawatan sebelum pencucian rambut.


5. Minyak Alpukat 

Tinggi kandungan antioksidan, mineral, dan lemak, minyak alpukat dapat digunakan untuk membuat rambut jadi lebih kuat dan sehat dengan cara memperbaiki jaringan rambut dan melindungi kulit kepala. Untuk menggunakan minyak ini, kalian bisa menjadikannya sebagai masker rambut selama tiga jam sebelum dibilas atau keramas.

Meskipun baru ada sedikit penelitian yang secara khusus membahas kegunaan minyak alpukat, tapi hasil tinjauan pada 2015 menemukan bahwa mineral dalam minyak alpukat, termasuk asam lemak tak jenuh tunggal, efektif dalam menyegel sel kutikula rambut dan mencegah kerusakan rambut.

Nah, itulah dia Genhype 5 jenis minyak esensial yang bisa kalian gunakan untuk melebatkan serta mencegah rambut rontok kalian. Jadi, Genhype sudah pernah mencoba minyak yang mana?

Baca juga: Simak 5 Manfaat Kecantikan dari Minyak Alpukat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Ulasan Novel The Black Cat & Other Stories, Kisah Kucing Hitam Misterius Penuh Teka-teki

BERIKUTNYA

Synchronize Fest 2023 Umumkan Line Up Spesial, Lebih dari 50 Musisi Siap Hadir

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: