Ilustrasi minyak kelapa (Sumber gambar: Towfiqu barbhuiya/Unsplash)

4 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit, Begini Cara Menggunakannya

14 December 2022   |   21:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Kelapa merupakan salah satu buah yang dikenal memiliki banyak manfaat. Selain buahnya yang sering dimanfaatkan untuk olahan makanan, buah kelapa juga memiliki kandungan minyak yang ternyata berguna untuk kesehatan tubuh.

Minyak kelapa bertindak sebagai bahan alami yang berfungsi meningkatkan imun, mencegah risiko serangan jantung, hingga risiko demensia. Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan organ dalam, ternyata minyak kelapa juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

Dilansir dari situs Harvard Education, minyak kelapa hanya mengandung vitamin dan mineral yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan banyak bagian tubuh termasuk kulit. Yuk simak manfaat apa saja yang bisa didapat saat menggunakan minyak kelapa di permukaan kulit!

Baca juga: Cek 5 Bahan Alami buat Mengempaskan Kulit Berminyak & Berjerawat
 

Minyak kelapa (Sumber gambar: Tijana Drndarski/Unsplash)

Minyak kelapa (Sumber gambar: Tijana Drndarski/Unsplash)

 

1. Anti Inflamasi

Tidak hanya memberi nutrisi pada bagian dalam tubuh, minyak kelapa juga berguna sebagai zat anti inflamasi yang bisa mengobati berbagai penyakit kulit akibat radang. Kandungan anti radang tersebut membuat permukaan kulit yang terkena penyakit menjadi lebih cepat sembuh. Untuk mengobatinya, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kepala ke permukaan kulit yang sedang radang.


2. Melembabkan kulit

Minyak kelapa dengan kandungan antioksidan tinggi mampu membuat kulit terasa lebih lembab dan sehat. Kandungan lipid di dalamnya juga berfungsi meningkatkan kemampuan skin barrier sehingga permukaan kulit lebih bercahaya dan lembab tanpa kusam.

Karena bersumber dari minyak, bahan ini memiliki manfaat alami untuk membuat kulit kering dan pecah-pecah lebih lembab karena dehidrasi. Minyak kelapa menyediakan esensial utama berupa minyak lipid sehingga kulit tampak lebih segar. Cukup tuangkan sedikit minyak kelapa dan oleskan pada permukaan kulit yang sudah dibersihkan. Kemudian bilas dengan air dan facial wash yang lembut.


3. Anti mikroba

Kandungan minyak kelapa tidak hanya membuat kulit lebih lembab, tetapi juga berperan sebagai anti mikroba. Sebagaimana diketahui, permukaan kulit bisa menjadi sarang bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Selain harus menjaganya dengan membersihkan permukaan kulit, taka da salahnya memberi nutrisi lebih pada kulit dengan bahan alami sepeti minyak kelapa.

Harvard menyebut, minyak kelapa juga mengandung medium chain fatty acids yang bisa bertindak sebagai anti mikroba. Fungsi anti mikroba ini membantu mengiobati jerawat dan melindungi kulit dari bakteri yang berbahaya. Oleskan minyak kelapa pada permukaan jerawat yang sedang meradang dan biarkan beberapa jam sebelum dibilas.


4. Menjaga kesehatan kulit kepala

Permukaan kulit kepala menjadi bagian tubuh yang cukup jarang diperhatikan. Ternyata, bahan alami seperti minyak kelapa bisa memberi manfaat nutrisi yang lebih baik untuk rambut dan kulit kepala. Minyak kelapa membantu mengatasi rambut yang kering dan susah diatur sekaligus menutrisi kulit kepala dari ketombe.

Caranya, cukup gunakan minyak kelapa sebagai masker rambut. Tuangkan minyak kelapa ke permukaan kulit kepala dan diamkan sekitar 15 menit sampai rambut terasa lembab.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Masyarakat Kini Lebih Memilih Produk Pembersih Alami, Ini Alasannya

BERIKUTNYA

Intip Sinopsis & Peran Vino G Bastian di Bayi Ajaib, Film Horor Baru Garapan Falcon

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: