Ilustrasi dapur mungil (Sumber gambar: Unsplash/jed owen)

Ide Warna Cat Dapur Kecil yang Bagus dan Aesthetic, ada Putih, Biru, dan Kuning

29 May 2023   |   12:38 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Like
Dapur kecil atau mungil seringkali menantang pemiliknya. Mereka mesti cermat dalam menentukan berbagai elemen di dalamnya. Termasuk memilih warna yang tepat buat dapur tersebut. Sebab, jika keliru maka bisa membuat dapur terasa sesak. 

Warna adalah salah satu faktor penting dalam mendekorasi ruangan. Ruang yang luas akan terasa sempit jika kita salah memilih warna. Atau, mata kita bisa ‘sakit’ bila warna yang dipadukan tidak selaras. Begitu pun sebaliknya, jika kita pintar dalam memilih warna untuk dapur, maka hasilnya akan maksimal. Dapur bisa terasa luas dan indah untuk dipandang. 

Baca juga: Bukan Sekadar Tempat Memasak, Dapur Kini Juga untuk Berkumpul

Bagi kalian yang masih bingung atau menerka-nerka warna apa yang cocok untuk dapur mini kalian, Hypeabis.id telah rangkumkan ide warna cat dapur yang bagus dan estetik. Dihimpun dari The Spruce dan Homes & Gardens berikut informasi selengkapnya: 
 

1. Warna Netral

 

Dapur Putih (Sumber foto: Unsplash/ Evy Prentice)

Dapur Putih (Sumber foto: Unsplash/ Evy Prentice)

Putih, hitam, abu-abu, perak, cokelat, dan emas merupakan warna netral yang bisa kalian coba. Warna ini dianggap sebagai warna utama, sehingga dapat dikombinasikan dengan corak lainnya. Misalnya, kalian bisa memilih cat putih pada dinding dapur untuk memberikan kesan luas. Selain itu, kalian juga bisa menggunakannya pada meja dapur, lemari, atau langit-langit. 

Guna meminimalisir kesan terlalu putih, kalian bisa menggunakan warna turunan. Atau, bisa juga memilih tekstur menggunakan kain atau penutup dinding. Di samping itu, kalian pun dapat menggunakan warna cat yang sedikit berbeda pada wall moulding. Dengan begitu, dapur tidak terkesan monoton. Wall moulding adalah metode dekorasi dinding menggunakan cetakan agar ada bagian yang menonjol.


2. Cat Ulang Lemari Berwarna Gelap

 

Ilustrasi dapur gelap (Sumber foto: Unsplash/jim-digritz)

Ilustrasi dapur gelap (Sumber foto: Unsplash/jim-digritz)

Bila kalian memiliki lemaru dapur gelap sebaiknya dipertimbangkan untuk mengubahnya. Sebab warna gelap akan membuat ruangan terasa kecil dan sempit. Kalian tak perlu menggantinya, tetapi cukup dengan mengecat ulang dengan warna-warna yang lebih terang.

Cara ini akan membuat dapur kalian terasa baru. Akan tetapi, jika lemari dalam kondisi buruk, pertimbangkan untuk memperbaharuinya. Kalian bisa melapisinya dengan veneer yang lebih terang dan memasang pintu dan laci baru yang lebih terang.


3. Manfaatkan Cahaya Alami

 

Pencahayaan alami (Sumber foto: Unsplash/jordan-sanchez)

Pencahayaan alami (Sumber foto: Unsplash/jordan-sanchez)

Beruntung buat kalian yang memiliki dapur dengan bukaan seperti jendela atau skylight. Soalnya, cahaya alami memiliki kemampuan memperluas ruangan, membuatnya terasa lebih besar dan terang. Meskipun dapur kalian mungkin hanya memiliki satu jendela, kalian bisa mengoptimalkan cahaya tersebut dengan menggunakan tirain transparan.

Aksesoris tersebut dapat membiarkan cahaya masuk sambil tetap menjaga privasi. Jika anggaran renovasi memungkinkan, menambahkan jendela atau skylight bisa menjadi penyelamat dapur kecil kalian. 


4. Warna Sejuk dengan Aksen Logam Hangat

 

Penerapan cool color (Sumber foto: Unsplash/christian-mackie)

Penerapan cool color (Sumber foto: Unsplash/christian-mackie)

Cool colors atau warna sejuk yang dimaksud adalah biru, hijau, putih netral, abu dan silver. Enggak ada salahnya juga kalian mencoba warna ini. Warna cat yang dipilih dengan baik dapat membuat dapur kecil terlihat glamor, menawan, dan nyaman. Lemari dapur yang berwarna gelap dapat menciptakan suasana dan drama yang sulit dicapai dalam ruang yang lebih besar.

Jika kalian sedang mempertimbangkan ide-ide warna cat seperti abu-abu atau hitam, kalian dapat menyeimbangkannya dengan kilauan aksen logam hangat pada permukaan meja, pegangan, dan aksesori. Jika kalian memilih warna cat yang gelap, pastikan ide pencahayaan dapur kecil kalian efisien dan sesuai dengan tujuan.


5. Cat Kuning Cerah Boleh Juga

 

Dapur kuning (Sumber foto: pexels/houzlook)

Dapur kuning (Sumber foto: pexels/houzlook)

Kuning cerah diyakini bisa mengubah dapur kecil kalian menjadi tempat tercerah di rumah. Pilihlah ide-ide warna kuning yang sesuai dengan arsitektur dan gaya kalian. Mulai dari kuning yang cerah seperti kuning canary dan bunga narwastu, hingga emas kaya, oker, dan nuansa madu hangat serta karamel.

Kuning adalah warna cat yang sempurna untuk dapur kecil yang dirancang dengan dasar lemari dapur dan rak terbuka di atasnya. Sebab, warna yang kuat ini akan menarik pandangan ke bawah dan menjaga tata letak tetap terhubung dengan tanah.

Atau, catlah rangkaian lemari dapur dengan warna kuning favorit kalian. Jika kalian merasa berani, pilihlah dinding dengan warna kuning yang serasi. Dapur kuning kalian akan menjadi tempat yang ceria, tidak peduli cuaca di luar.


6. Pertimbangkan Warna Biru yang Menenangkan

 

Dapur biru (Sumber foto: Unsplash/clicks north)

Dapur biru (Sumber foto: Unsplash/clicks north)

Seperti yang telah menjadi perbincangan dalam dekorasi belakangan ini, ide-ide dapur berwarna biru tetap populer, mulai dari biru tua klasik hingga turquoise dan segala warna di antaranya. Ahli warna dan cat Annie Sloan menilai bahwa biru adalah warna terbaik untuk membuat ruang terasa lebih besar.  

Menurutnya, biru bersifat meresap, yang berarti dia menarik pandangan keluar, mengaburkan garis horizon, dan memberikan rasa ruang yang tak berujung. Biru juga merupakan warna yang menenangkan dan meditatif, yang mendorong kita untuk bernapas, menciptakan sensasi ruang secara psikologis dan spiritual, serta ilusi fisik.

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Pasang Meja Dapur

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Yuk Coba Olahraga Core Training, Bikin Badan Makin Ramping

BERIKUTNYA

Tua dan Berbeda, Yuk Kenalan dengan 5 Seniman Gaek yang Masih Terus Berkarya Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: