Ukuran meja dapur adalah salah satu dari sejumlah hal yang harus diperhatikan (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ pixabay)

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Pasang Meja Dapur

19 November 2022   |   18:30 WIB

Meja dapur merupakan bagian dari item furnitur yang sangat penting dalam sebuah rumah. Di atas tempat ini, bahan-bahan mentah seperti sayur, daging, tempe, bawang, cabai, dan sebagainya diolah untuk menjadi sajian yang nikmat untuk keluarga.

Agar proses masak-memasak menjadi kegiatan yang menyenangkan, meja dapur yang tersedia haruslah membuat nyaman. Tidak hanya itu, meja dapur juga harus mampu memenuhi kebutuhan dan cantik secara estetika.

Baca juga: Berbagi Cerita & Berdiskusi di Meja Makan dalam Karya Diversity of Stories

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang dapat kalian ikuti dalam memilih meja dapur yang akan menghiasi ruang masak Genhype.


1. Ukuran

Langkah awal dalam membuat atau menghadirkan meja dapur adalah dengan menentukan ukuran meja dapur, baik tinggi, lebar, dan panjangnya. Pastikan ukuran tersebut membuat proses masak-memasak menjadi nyaman.

Tidak hanya itu, pastikan juga ukuran meja dapur yang akan kalian buat atau hadirkan tidak membuat dapur menjadi penuh  atau bahkan kelihatan tidak indah. Jika tinggi badan kalian sekitar 160 cm, tinggi meja dapur yang ideal adalah sekitar 80 cm.

Sementara lebar dan panjang meja dapur, kalian bisa melakukan penyesuaian dengan luas dapur yang kalian miliki. Tidak hanya itu, kalian juga bisa menentukan lebar dan panjangnya dengan menentukan besaran ruang dapur yang ingin kalian gunakan.

Jangan sampai ukuran kelebaran membuat ruang dapur menjadi berkurang banyak atau ukuran yang kekecilan membuat proses masak menjadi tidak nyaman.


2. Bahan

Ada beragam bahan yang bisa digunakan untuk membuat meja dapur, baik itu marmer, granit, bahkan kayu. Setiap bahan yang akan digunakan untuk membuat meja dapur memiliki keunggulan yang berbeda.

Batu marmer sebagai contoh. Batu ini memiliki keunggulan kuat dan tahan lama. Tidak hanya itu, bahan ini juga tidak mudah tergores benda tajam seperti dari pisau saat kalian menggunakan pisau. Hanya saja, bahan marmer akan lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan dari kayu.


3. Warna & Motif

Setelah menentukan ukuran dan bahan, langkah selanjunya adalah menentukan warna dan motif meja dapur yang akan dihadirkan. Dalam menentukan warna dan motif, jangan lupa untuk menyelaraskannya dengan warna tembok dapur, begitu juga dengan motifnya.

Warna dan motif meja dapur yang selaras tentu akan membuat tampilan ruang dapur menjadi cantik dan nyaman. Tidak hanya itu, warna juga dapat memengaruhi kesan luas dapur. Dengan begitu, kegiatan masak-memasak juga menjadi kegiatan yang menyenangkan di dapur.


4. Desain

Langkah lainnya dalam menghadirkan meja dapur adalah menentukan desainnya. Saat menentukan desain meja dapur, nomor satu yang harus diperhatikan oleh Genhype adalah kenyamanan.

Baca juga: Tidak Punya Meja & Kursi, Ini 4 Cara Desain Ruang Kerja Lesehan yang Nyaman

Saat menentukan desain yang akan digunakan, perhatikan ukuran dan luas dapur kalian. Kalian bisa membuat desain dalam bentuk L, lurus, atau bahkan bentuk lainnya. Jangan lupa untuk menggambar atau mengonsep meja dapur yang hendak kalian hadirkan di dapur agar sesuai dengan keinginan.


Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Menengok Sejarah Denim di Ekshibisi Wall of Fades 2022

BERIKUTNYA

Review Sri Asih, Aksi Superhero Wanita yang Penuh Plot Twist

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: