iPhone dengan ragam fiturnya. (Sumber gambar : Vista Way/Unsplash)

5 Fitur Baru di iOS 16.5, Tab Olahraga Apple News sampai Tap to Pay

19 May 2023   |   13:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Apple kembali memperbarui perangkat lunaknya. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini baru saja meluncurkan iOS 16.5 yang merupakan versi kelima sistem operasi iOS 16 di iPhone maupun iPad. Dirilis pada Kamis, 18 Mei 2023, versi ini menyertakan fitur baru, perbaikan bug, dan tambalan keamanan. 

Fitur baru yang dihadirkan dalam perangkat lunak ini seperti Tab Olahraga Apple News, perekaman layar Siri baru, dan perubahan pada Apple Pay. Mengutip Gadget Hacks, fitur-fitur baru ini hadir saat Apple menghentikan pengembangan iOS 16 untuk fokus pada iOS 17. 

Apple diperkirakan akan mengumumkan versi perangkat lunak terbaru dan produk lainnya, termasuk perangkat lunak xrOS yang banyak ditunggu untuk Apple VR. iOS 17 akan dikenalkan di Worldwide Developer Conference (WWDC) pada 5 Juni 2023. Buat para Apple lover, berikut beberapa fitur baru yang ada di iOS 16.5. Yuk simak informasinya! 

Baca juga: Apple Gelar Worldwide Developers Conference 2023, Apa Saja yang Akan Dibahas?


1. Tab Olahraga di Apple News

Pengguna Apple saat ini disajikan tab Olahraga khusus di aplikasi Apple News. Fitur ini membuat kamu lebih mudah untuk mengakses bagian My Sports atau Olahraga Saya. Letaknya ada di bagian bawah layar. Itu menggantikan tab ‘Pencarian Khusus’, yang sekarang menjadi bagian dari tab “Mengikuti’.

Di iOS 16.4 dan versi sebelumnya, My Sports dapat ditemukan di bawah bagian ‘Untuk Anda di layar Hari’ ini. Adapun, guna memberi ruang bagi tab Olahraga baru di Apple News, tab ‘Pencarian’ telah digabungkan ke dalam tab ‘Mengikuti’. Dengan demikian, muncul ikon baru versi hibrid dari kedua fungsi. 
 

2. Merekam Layar dengan Siri 

Apple telah memberi Siri, asisten perangkat kamu keterampilan lain di iOS 16.5. Para pengguna dapat memulai perekaman layar dengan mengatakan, "Hai Siri, mulai perekaman layar." Selain itu, kamu juga dapat berhenti merekam dengan mengatakan, "Hai Siri, hentikan perekaman layar”. 


3. Wallpaper Baru LGBT

Untuk menemani Apple Watch Pride Edition Sport Band, yang tersedia saat pre-order pada 23 Mei 2023 seharga US$49, Apple telah menyertakan tampilan jam yang serasi untuk Apple Watch dan wallpaper kebanggaan baru untuk iPhone.

Tampilan jam Pride Celebration dan wallpaper iOS yang baru menghormati kekuatan gabungan dan dukungan timbal balik dari komunitas LGBTQ+. Bentuk warna-warni tampak bersirkulasi ke layar jam tangan dari tali jam dan merespons saat pengguna mengangkat dan menggerakkan pergelangan tangannya atau mengetuk layar. 

“Desain tahun ini mengintegrasikan pelangi yang menyenangkan dari bentuk geometris di atas dasar putih, yang dibentuk dengan kompresi menjadi tali jam terakhir,” tulis Apple dalam laman perusahaannya. 
 

4. Tap to Pay

Tap to Pay atau ketuk untuk bayar memungkinkan kamu menerima pembayaran di iPhone dari perangkat seluler lain atau kartu pembayaran yang mendukung nirsentuh. Ada juga tombol ‘Always Play Sounds’ untuk membuat transaksi Tap to Pay yang berhasil, terdengar bahkan saat iPhone dalam mode Senyap. Catatan, fitur ini hanya tersedia pada negara yang sudah memungkinkan fitur Apple Pay. 
 

5. Perintah VoiceOver Baru

VoiceOver memiliki beberapa trik baru di iOS 16.5. Kini ada perintah "Gulir ke Bawah" dan "Gulir ke Atas" yang tersedia di Pengaturan –> Aksesibilitas –> VoiceOver –> Perintah –> Semua Perintah –> Menggulir. Sebelumnya hanya ada pilihan scroll down, up, left, dan right

Dua opsi baru ini memungkinkan kamu mengatur gerakan sentuh atau pintasan keyboard sehingga lebih mudah untuk melompat ke bagian atas atau bawah halaman saat VoiceOver diaktifkan. 

Baca juga: Apple Rilis Warna Kuning untuk iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, Cek Varian Lainnya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tayang 20 Mei, Cek 4 Fakta Serial Suami-Suami Masa Kini 2 di Platform Vidio

BERIKUTNYA

Sony Perkenalkan ZV-E1, Kamera Vlog Full Frame Berbodi Ringan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: