Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara akad nikah putra Komisaris Utama Sahid Group Aryo Kusumadharma Hardjoprakoso dengan Reva Adhika Widhiani Herdiana di Jakarta, Sabtu (27/5). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Abdurachman)

Presiden Joko Widodo Jadi Saksi Pernikahan Putra Komisaris Sahid Group

27 May 2023   |   09:53 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
RM Aryo Kusumadharma Hardjoprakoso, generasi ketiga pendiri Sahid Group, akan melepas masa lajang dan menikahi pujaan hatinya, Reva Andika Widhianie Herdiana. Prosesi akad nikah kedua mempelai berlangsung hari ini, Sabtu (27/5).

Dari pantauan Hypeabis.id, terlihat lokasi akad nikah yang dilangsungkan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, tersebut sudah mulai ramai sejak pagi hari. Sejumlah tamu undangan dan kerabat kedua mempelai terlihat hilir mudik memasuki ruangan akad.

Di halaman depan, puluhan karangan bunga berisi ucapan selamat dari berbagai pejabat, tokoh nasional, dan konglomerat juga berjejer rapi. Suara gamelan turut terdengar nyaring menyambut tamu yang datang.

Sementara itu, tamu-tamu VIP juga dijadwalkan akan hadir di pernikahan putra tunggal Komisaris Utama Sahid Group KRAy SB Wiryanti Sukamdani tersebut. Yanti Sukamdani juga menjabat sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP).

Mempelai pria, RM Aryo Kusumadharma Hardjoprakoso bersama keluarga besarnya tiba di lokasi akad nikah pada pukul 07.30 WIB. Alunan musik gamelan mengiringi langkah mereka saat akan memasuki area akad nikah.

RM Aryo dan keluarga mengenakan pakaian adat Jawa dengan gaya beskap Solo. Pakaian adat dengan dominasi warna putih dan krem tersebut berpadu apik dengan blangkon berwarna cokelat.

Pihak mempelai pria lantas melakukan Pasrah Temanten atau prosesi penyerahan penganten pria. Dari pihak mempelai pria, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ditunjuk sebagai pembicara untuk menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan mereka.
 

Pernikahan RM Aryo Kusumadharma Hardjoprakoso dan  Reva Andika Widhianie Herdiana. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Abdurachman)

Pernikahan RM Aryo Kusumadharma Hardjoprakoso dan Reva Andika Widhianie Herdiana. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Abdurachman)

"Kami hadir pada hari ini beserta seluruh keluarga besar dengan maksud mengantarkan RM Aryo untuk dinikahkan dengan putri dari dari Andreas Herdiana dan Wiwit Sundari, yakni Reva Andika Widhianie Herdiana. Semoga rangkaian acara dapat berjalan lancar tanpa kendala apa pun," ucap Budi.

Seusai rombongan diterima, pihak mempelai dan keluarga mulai memasuki ruangan akad nikah. Mempelai pria diapit oleh keluarga besarnya dan berjalan perlahan ke dalam gedung.

Seusai calon pengantin pria memasuki gedung, satu per satu tamu penting mulai berdatangan. Tamu-tamu itu terdiri dari kalangan pejabat hingga tokoh penting dari berbagai bidang.

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin tiba di lokasi pada pukul 08.00 WIB. Kiai Ma'ruf datang bersama istrinya dan rombongan. Tokoh Nahdlatul Ulama itu mengenakan setelan jas berwarna hitam yang dipadukan dengan peci berwarna senada.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo beserta istrinya, Iriana Joko Widodo, hadir di lokasi akad pada pukul 08.23 WIB. Presiden Jokowi mengenakan jas berwarna hitam lengkap dengan peci berwarna gelap.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri pernikahan generasi penerus Sahid Group ini untuk menjadi saksi pernikahan. Ma'ruf Amin juga terlihat didampingi oleh istrinya, Wury Estu Handayani dengan mengenakan jas hitam dan kemeja putih.

Baca juga: Simak Nasihat Menyentuh Wapres Ma'ruf Amin hingga Krisdayanti Kepada Aryo-Reva

Tak lama setelah Jokowi dan Ma'ruf memasuki ruangan, terlihat penyanyi nasional Krisdayanti juga hadir ke lokasi akad. Dengan memakai pakaian berwarna merah dan sanggul, Krisdayanti tampil cantik dan anggun.

Selain itu, tokoh politik Basuki Tjahaya Purnama atau dikenal Ahok, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu atau akrab disapa Ita juga turut hadir di lokasi.

Beberapa pejabat dan politisi juga terlihat sudah hadir seperti Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua DPP PDIP Djarot Hidayat, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Tepat pukul 08.30, prosesi akad nikah mulai digelar. Acara awal dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an. Setelah itu, acara inti berupa akad nikah pun digelar.

RM Aryo mengucapkan ijab kabul dengan lancar. Dengan satu tarikan napas, dia berhasil mengucapkan kalimat ijab kabul di kesempatan pertamanya tanpa ada pengulangan.

Setelah ijab kabul dinyatakan sah, kedua mempelai menandatangani dokumen dan berkas-berkas pernikahan. Kini, keduanya telah resmi menjadi sepasang suami dan istri.
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

McDonald’s X NewJeans Bakal Bawa Kolaborasi Spesial ke Indonesia Pada 12 Juli 2023

BERIKUTNYA

Zerose Siap-siap! Zerobaseone Bakal Debut Juli 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: