Mempelai pria Putra Komisaris Utama Sahid Group Aryo Kusumadharma Hardjoprakoso (kiri) dengan Reva Adhika Widhiani Herdiana saling menyuapi saat prosesi adat di Jakarta, Sabtu (27/5). (Sumber Foto: JIBI/Bisnis/Abdurachman)

Simak Nasihat Menyentuh Wapres Ma'ruf Amin hingga Krisdayanti Kepada Aryo-Reva

27 May 2023   |   12:38 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
RM Aryo Kusumadharma Hardjoprakoso dan Reva Andika Widhianie Herdiana resmi menikah seusai ijab kabul yang dilangsungkan di Menteng, Jakarta Pusat, pada Sabtu (27/5/2023), berjalan lancar. Raut bahagia langsung terpancar dari keduanya setelah janji suci mereka dinyatakan sah di hadapan para saksi dan penghulu.

Sebagai pengantin baru, putra tunggal Komisaris Utama Sahid Group Kray Wiryanti Sukamdani dan istrinya, Reva, mendapatkan beberapa nasihat menyentuh dari para tamu undangan yang hadir. Salah satunya datang dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Ma’ruf Amin mendoakan agar kedua mempelai diberkati dan dipanjangkan jodohnya hingga akhir hayat. Ma’ruf Amin berpesan bahwa perkawinan itu adalah satu perjanjian yang suci. Perkawinan juga merupakan bentuk perjanjian yang memiliki nilai kuat yang dilakukan oleh suami dan istri.

Baca juga: Presiden Joko Widodo Jadi Saksi Pernikahan Putra Komisaris Sahid Group

Namun, jika dilihat secara lebih pernikahan sebenarnya bisa diartikan sebagai perjanjian yang lebih luas. Janji suci tersebut tidak hanya terucap dari suami kepada istri, tetapi juga kepada Tuhan.

“Janji berupa ‘saya terima nikahnya’ itu bukan perjanjian suami ke istri semata, tetapi juga perjanjian antara suami kepada Allah SWT untuk senantiasa menjaga istrinya hingga akhir hayat,” ucap Ma’ruf Amin di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/5).
 

a

Sumber Foto: Abdurachman/Bisnis Indonesia/Hypeabis.id


Ma’ruf Amin mengatakan Rasulullah juga pernah meminta agar umatnya takut kepada Allah SWT dan kepada perempuan. Sebab, suami yang menikahi wanita ibaratkan telah mengambil amanat dari Allah. Oleh karena itu, amanat tersebut harus dijaga dengan baik-baik.

Menurut dia, setiap suami harus bisa memperlakukan istrinya dengan baik, begitu pula sebaliknya. Ma’ruf juga berpesan agar pernikahan yang sudah berlangsung sekarang ini harus selalu dan selamanya diniatkan sebagai bentuk ibadah kepada Allah.

Niat ini bagi Ma’ruf sangat penting dan bisa berdampak besar. Sebab, segala sesuatu yang terjadi itu selalu bermula dari niat terlebih dahulu. Dengan memiliki niat yang baik, ke depan hal-hal yang positif juga akan senantiasi menemani perjalanan setiap pasangan tersebut.

Kemudian, tokoh Nahdlatul Ulama ini juga berpesan agar pasangan haruslah saling mengenal dengan baik satu sama lain. Suami mesti tahu kelebihan dan kekurangannya, begitu sebaliknya. Namun, bukan untuk tidak bersyukur, melainkan untuk saling menerima satu sama lain.

“Suami yang ideal dan tidak ada cacatnya itu tidak ada, begitu sebaliknya. Jadi, setelah nikah nanti mungkin masing-masing akan tahu kebisaan antarpasangan, tetapi baik dan buruknya haruslah diterima,” imbuhnya.

Dirinya berharap baik suami maupun istri bisa saling bahu membahu untuk mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah, marahmah. Pasangan juga sebaiknya bisa saling pengertian dan memaklumi satu sama lain. Jika berhasil melakukan ini, harapannya kebahagiaan dan kelanggengan akan jadi hal yang selalu diupayakan oleh kedua belah pihak.
 

Sumber Foto: Abdurachman/Bisnis Indonesia/Hypeabis.id

Sumber Foto: Abdurachman/Bisnis Indonesia/Hypeabis.id


Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga memiliki pesan serta nasihat kepada pengantin baru pada hari ini, yakni Aryo dan Reva. Dia berharap pasangan ini selalu diliputi kebahagiaan dan bisa merajut kasih serta karya kepada bangsa.

Menurut Budi, Aryo dan Reva adalah pasangan yang energik. Dia berharap keduanya bisa menjadi penerus Sahid Group dalam menjalankan bisnisnya secara lebih baik. Terlebih, Sahid Group setelah puluhan tahun berdiri hingga kini masih memiliki reputasi yang baik.

Aryo yang memiliki latar belakang perhotelan dan Reva yang berkecimpung di dunia arsitek adalah kolaborasi yang sangat menarik. Oleh karena itu, selain langgeng dalam cinta, dirinya berharap Aryo dan Reva juga langgeng dalam berkarya.

Tak jauh berbeda, penyanyi top Tanah Air Krisdayanti juga memberikan pesan yang hangat bagi pasangan baru tersebut. Pelantun lagu Menghitung Hari itu berharap agar kedua mempelai selalu diberi kesuksesan dan kebahagiaan hingga menjadi kakek dan nenek.

Dirinya berharap tali cinta yang dibangun di pernikahan ini bisa memiliki umur yang panjang dan tentunya menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, marahmah. “Kami doakan bersama,” ucapnya, tulus.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cek Hasil Drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Indonesia Punya Kans Tekuk Grup K

BERIKUTNYA

Resep Kue Leker Menggunakan Teflon, Garing dan Renyah!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: