Ilustrasi bazar buku (Sumber gambar: Unsplash/Kate Bezzubets)

5 Bazar Buku Tahunan di Indonesia, Surganya Pencinta Buku Berburu Diskon

27 May 2023   |   06:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like

3. Islamic Book Fair

Bazar buku dengan tema seputar keagamaan Islam berlangsung setiap tahun di Islamic Book Fair. Bazar buku ini didukung oleh ratusan penerbit Indonesia di setiap tahunnya. Tahun ini, Islamic Book Fair akan dilaksanakan pada 20-24 September 2023

Pertama kali memulai agenda sejak 2001, Afrizal Sinarno selaku Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) menginisiasi buah pemikiran kumpulan penerbit buku Islam yang kini tergabung dalam IKAPI DKI Jakarta untuk menyelenggarakan bazar buku khusus buku-buku tentang keislaman.

Dilansir dari laman Islamic Book Far, IKAPI selaku inisiator mengaku terselenggaranya Islamic Book Fair ini mengambil inspirasi dari dua bazar buku besar yang eksis di awal 2000-an yakni Indonesia Book Fair dan Jakarta Book Fair. Menilai minat baca masyarakat Indonesia yang masih rendah, Islamic Book Fair menyediakan wadah bagi umat Muslim untuk memiliki kesadaran tentang membaca.

Untuk membuat agenda semakin menarik, Islamic Book Fair menghadirkan beragam jenis tema yang berbeda di setiap tahunnya. Mereka membawa lebih dari 50.000 buku bertema Islam dengan cakupan omset penjualan mencapai ratusan miliar dari rata-rata satu pekan penjualan.
 

4. Gramedia Book Fair

Gramedia dikenal sebagai salah satu toko buku yang terkenal di Indonesia. Mengusung konsep modern, toko buku yang dicikal bakali oleh Jakob Oetama ini masih terus bertahan di tengah gempuran buku digital. 

Sebagai bentuk mendukung semangat literasi, Gramedia juga turut mengadakan bazar buku tahunan besar yang biasanya dirayakan bertepatan dengan hari jadi Gramedia, atau biasanya diadakan sekitar awal hingga pertengahan tahun.

Sempat terhantuk pandemi selama beberapa tahun terakhir, Gramedia tetap menyelenggaakan bazar buku secara online. Di bazar buku Gramedia, pelanggan bisa mendapatkan buku lokal dan internasional dengan potongan harga mencapai 90 persen. 

Buku-buku dijual dengan harga mulai dari Rp5000 saja. Berbagai jenis buku mulai dari fiksi, buku anak, hingga buku nonfiksi bisa dinikmati langsung oleh penyuka buku.
 

5. Indonesia International Book Fair

Indonesia International Book Fair (IIBF) diselenggarakan atas tujuan peningkatan minat baca masyarakat Indonesia di seluruh kalangan. IIBF menjajakan puluhan ribu yang dapat diakses dan dibeli dengan harga diskon oleh pecinta buku.

Acara ini diselenggarakan oleh IKAPI sejak 1980 di bawah nama Indonesia Book Fair yang mulanya dikhususkan untuk pasar lokal. Pasar global kian terbuka setelah Arab Saudi, Korea Selatan, dan Malaysia ikut berpartisipasi dalam festival buku besar skala internasional ini.

IIBF selalu menargetkan kunjungan di atas 100.000 orang setiap tahunnya. Bukan hanya menjual buku dengan diskon besar, IIBF juga menjadi ajang temu antara penulis, pebisnis, wadah diskusi buku, perilisan buku, hingga seminar dan gathering komunitas pecinta buku di setiap tahunnya.

IIBF kali ini akan diselenggarakan pada 27 September-1 Oktober 2023 di venue baru, yakni Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Sejarawan JJ Rizal Sebut Industri Buku Indonesia Bak Hutan Belantara

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Citadel Tempati Peringkat Kedua Serial Prime Video Terbanyak Ditonton

BERIKUTNYA

Media Argentina Klaim Kabar Lionel Messi Siap Main Lawan Indonesia di GBK

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: