Make up kulit sawo matang (Sumber Foto: Freepik)

Tip Makeup untuk Tone Kulit Sawo Matang Supaya Tidak Kusam dan Gelap

26 May 2023   |   17:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, apakah kamu wanita pemilik kulit sawo matang dengan tone kulit agak gelap? Kalau iya, kamu pasti sempat kesulitan menemukan gaya make up yang cocok. Hal yang paling penting, sesuaikan poduk make up dengan tone kulitmu supaya tampilannya makin flawless.

Namun seringkali produk seperti foundation, concealer, dan loose powder didominasi tone warna cerah, akhirnya saat diaplikasikan untuk kulit sawo matang kulit tampak abu-abu dan kusam. Nah Genhype, yuk simak kiat-kiat make up untuk pemilik kulit sawo matang.

Baca juga: 3 Referensi Make Up untuk Konser, Tampil Stylish dan Beda Yuk!


1. Pilih Foundation yang Sesuai dengan Warna Kulit

Foundation atau sering disebut alas bedak punya peran penting dalam tahap riasan dasar. Produk yang satu ini punya fungsi untuk meratakan warna kulit wajah. Bagi pemilik kulit sawo matang, pilihlah warna foundation satu tingkat di atas warna asli kulit.

Ingat, jangan memilih warna yang terlalu cerah karena bisa bikin hasil akhirnya tampak abu-abu dan kusam. Terlebih kulit wajahmu juga bisa lebih terang dibandingkan kulit tubuhmu.


2. Gunakan Bedak Tabur

Setelah mengaplikasikan foundation, kamu bisa memberi sentuhan akhir berupa sapuan bedak tabur atau loose powder. Pilihlah bedak tabur translucent untuk memberikan hasil akhir natural. Karakteristik bedak ini umumnya berwarna putih cerah seperti bedak bayi, bisa menyerap minyak berlebih dan mengurangi kilap pada wajah.


3. Hindari Eye Shadow Nude

Eyeshadow nude untuk kulit sawo matang justu akan membuat wajah tampak kusam. Sebaiknya pilihlah warna coklat tua atau yang lebih gelap dari kulitmu. Untuk tampilan yang lebih elegan dan mewah, pilihlah eyeshadow berwarna keemasan atau bronze yang dipadukan dengan sedikit warna merah bata atau pink.

Sebelum mengaplikasikan eyeshadow, kamu juga bisa menggunakan eyeshadow base atau eyeshadow primer agar mata jadi terkesan lebih cerah dan bercahaya. Eyeshadow primer biasanya berwarna putih atau warna kulit dan teksturnya creamy.


4. Pilihlah Lipstik Glossy

Buat kamu yang berkulit agak gelap sebisa mungkin hindari lipstik matte. Sebagai alternatifnya, pilihlah lipstik dengan kesan mengkilap atau glossy untuk membuat wajah terkesan lebih segar. Untuk daily make up, kamu bisa memilih warna lipstik warna cerah, seperti orange atau merah bata.

Sementara untuk acara yang lebih formal, pilihan warna wine, merah, plum, atau burgundy bisa dicoba. Kamu juga bisa berkreasi dengan lip liner, gunakan yang warnanya senada dengan tone kulit.


5. Tambahkan Highlighter Sebagai Sentuhan Akhir

Kulit sawo matang bisa tambah eksotis kalau hasil akhir make up nya memancarkan kesan kilap yang natural. Selain dari  eyeshadow dan lipstik glossy, kesan kilap juga bisa kamu dapatkan dari highlighter atau shimmer. Ada jenis highlighter bertekstur powder, cream, stick dan liquid, pilihlah yang kamu suka.

Aplikasikan highlighter pada area tulang pipi dan garis hidung. Sebelumnya kamu bisa menggunakan blush on warna peach atau orange yang memancarkan rona cerah pada wajah.

Baca juga: Mengenal Apple Cheeks, Istilah Make Up yang Populer di Kalangan Gen Z

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Neuralink Milik Elon Musk Dapat Izin Studi Klinis Implan Chip ke Otak Manusia

BERIKUTNYA

Cek Resep Soto Ayam Bening yang Mudah dan Enak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: