Eyelash Extension (Sumber Foto: Freepik)

Cara Aman Melepas Eyelash Extension Sendiri, Jangan Sampai Bulu Mata Asli Ikut Tercabut

31 May 2023   |   07:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Prosedur eyelash extension atau sambung bulu mata dilakukan supaya hasilnya panjang dan lentik, serta terlihat alami. Beda dengan bulu mata palsu yang bisa dilepas pasang sesuka hati, eyelash extension dipasang sekali dan akan rontok satu persatu dengan sendirinya seiring waktu.

Eyelash extension sendiri merupakan bulu mata yang terbuat dari bahan alami seperti benang sutra, bulu hewan, atau rambut manusia. Namun ada juga yang terbuat dari bahan sintetis seperti serat plastik dan akrilik.

Baca juga: 5 Cara untuk Melepas Bulu Mata Extension di Rumah

Apabila sewaktu-waktu kamu kurang suka dengan tampilannya dan ingin dilepas, kamu harus melakukan eyelash extension removal. Prosedur ini dilakukan dengan bantuan profesional untuk mencegah terjadinya kerusakan pada bulu mata.

Apabila ingin melepaskan eyelash extension sendiri di rumah, begini caranya supaya bulu mata asli tidak ikut tercabut dan rontok. Simak langkah-langkahnya!


1. Siapkan alat dan bahan

Sebelum memulai proses melepas eyelash extension, siapkan alat dan bahannya. Misalnya, glue remover, minyak kelapa, pembersih berbahan dasar air, atau minyak zaitun untuk membersihkan lem yang digunakan sebagai perekat bulu mata palsu. Kamu bisa memilih salah satunya.

Untuk membantu proses melepas bulu mata palsu, siapkan alat seperti spoolie (sikat alis), kapas, cotton swab, mangkuk, dan air hangat.


2. Bersihkan wajah dari mekap

Apabila kamu masih menggunakan makeup, bersihkan wajah sampai tidak ada sisa-sisa riasan yang tertinggal di wajah. Tahap ini penting untuk mencegah terjadinya iritasi akibat produk makeup yang masuk ke mata. Untuk membersihkan wajah, kamu bisa menggunakan micellar water atau oil cleanser, lalu sabun cuci muka favoritmu.


3. Uapkan wajah

Setelah wajah bersih, mulailah melakukan penguapan dengan menggunakan face steamer. Apabila tidak punya bisa menggunakan air hangat yang dituang pada mangkuk, lalu paparkan uapnya ke wajah.

Uap yang dihasilkan akan membantu melunakkan lem pada eyelash extension. Lakukan proses ini selama 10 menit sebelum mulai melepas bulu mata palsu. Namun, pastikan uap yang digunakan jangan terlalu panas.


4. Hilangkan lem perekat bulu mata

Aplikasikan produk untuk melepas lem pada bulu mata palsu, kamu bisa menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun, atau pembersih berbahan dasar minyak lainnya. Caranya tuang minyak pada cotton swab lalu oleskan pada setiap helai bulu mata.

Lakukan proses ini secara hati-hari agar minyak yang digunakan tidak masuk ke dalam mata. Setelah diaplikasikan, diamkan selama lima menit.


5. Lepaskan bulu mata palsu

Setelah didiamkan selama beberapa menit, gosokkan kapas secara perlahan dari atas ke bawah sampai bulu mata palsu rontok satu per satu. Saat melakukan proses ini, pastikan kamu tetap sabar dan jangan menggosok terlalu kencang karena dapat menyebabkan bulu mata asli ikut rontok.

Selain menggunakan kapas, kamu juga bisa menggunakan bantuan spoolie bersih untuk melepas eyelash extension. Lakukan perlahan sampai bulu mata palsu menempel pada sikat spoolie.

Baca juga: Bukan karena Ada yang Kangen, Ini 8 Penyebab Bulu Mata Rontok

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Fadli Zon Raih Rekor MURI, Jadi Pemilik Rumah dengan Koleksi Budaya Nusantara Terbanyak

BERIKUTNYA

Reality Club Bikin Soundtrack Hubungan Asmara dalam Album An Anthology of Romance

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: