Ilustrasi perawatan rambut. (Sumber foto: Pexels/Rdne Stock Project)

6 Cara yang Terbukti Secara Ilmiah untuk Menumbuhkan Rambut

26 May 2023   |   17:30 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Sebagian besar dari kita tidak hanya mengikat rambut kita secara fisik, tetapi juga secara emosional. Rambut adalah perpanjangan dari identitas seseorang—bagian penting dari penampilan fisik yang memberi rasa percaya diri tinggi. Itulah mengapa sangat umum untuk merasa tidak lengkap setelah rambut mulai menipis atau rontok.

Rambut rontok sebenarnya sangat normal karena kebanyakan orang kehilangan 50 hingga 100 rambut rata-rata per hari. Tapi jika Genhype melihat gumpalan besar rambut menyumbat saluran pembuangan kamar mandi, kalian mungkin perlu mengambil langkah khusus untuk memperkuat kondisi rambut dan membantunya tumbuh kuat serta sehat.

Baca juga: Mau Transplantasi Rambut? Baca Dulu deh Informasi Penting Ini

Adapun, manusia dilahirkan dengan sekitar 100.000 folikel. Seiring bertambahnya usia, beberapa folikel berhenti memproduksi rambut, yang menyebabkan kebotakan atau penipisan rambut. Salah satu penyebab terbesar yang menyebabkan penipisan rambut adalah penuaan.

Khususnya pada wanita yang memasuki usia menopause, mereka menghasilkan lebih sedikit estrogen dan progesteron yang membuat rambut lebih rentan terhadap efek androgen (testosteron), hormon yang menipiskan rambut dan memperlambat pertumbuhannya.

Selain penuaan, kondisi autoimun tertentu (frontal fibrosing alopecia dan lichen planopilaris) dapat menyebabkan kerontokan rambut dan mengakibatkan peradangan di dasar folikel rambut, yang sebenarnya dapat melukai folikel rambut dan memiliki risiko kerontokan rambut permanen.

Faktor lain yang tidak terlalu parah tapi mungkin menjadi penyebab penipisan rambut seperti diet, pengobatan, hingga stres dapat berdampak langsung pada kerontokan rambut dan menghambat pertumbuhannya.

Secara total, siklus pertumbuhan setiap rambut di kulit kepala bisa memakan waktu dua hingga enam tahun. Seberapa cepat rambut tumbuh dipengaruhi oleh faktor seperti usia, tipe rambut, kesehatan secara keseluruhan atau kondisi tertentu.

Kabar baiknya, meskipun sejumlah kasus kerontokan rambut tidak dapat dihindari, ada banyak solusi dan trik untuk membantu menumbuhkan rambut yang lebih lebat dan tebal secara relatif cepat.

Para ahli rambut dan kulit membagikan rahasia terbaik yang terbukti secara ilmiah untuk rambut yang lebih sehat dan lebih panjang:
 

Ilustrasi perawatan rambut. (Sumber foto: Pexels/Rdne Stock Project)

Ilustrasi perawatan rambut. (Sumber foto: Pexels/Rdne Stock Project)
 

1. Hindari keramas berlebihan

Kulit kepala yang sehat dan seimbang sangat penting untuk rambut yang kuat dan panjang, seperti yang didukung oleh penelitian ilmiah. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut adalah dengan menjaga kebersihannya.

Seberapa sering kita perlu mencuci rambut tergantung pada jenisnya. Jika Genhype memiliki rambut kering, kurasi itensitas mencuci rambut, karena dapat memperburuk kerontokan. Jika rambut kalian cenderung berminyak, pertimbangkan untuk mencucinya dua hingga tiga kali seminggu.


2. Gunakan produk perawatan rambut yang tepat

Jika kalian sudah menjaga kebersihan kulit kepala tetapi masih belum melihat hasil yang nyata, lihat bahan-bahan produk rambut yang kalian gunakan. Pastikan untuk tidak dikemas dengan bahan kimia keras, seperti paraben dan sulfat. Bahan kimia ini dapat merusak rambut dan meningkatkan risiko kerusakan.

Sebaliknya, pilihlah produk yang bebas dari bahan kimia berbahaya, terutama yang mengandung bahan yang dikenal dapat mendorong pertumbuhan rambut.

Ada biotin (vitamin B7) membantu menghasilkan keratin — protein yang dikenal memperkuat helai rambut. Atau Polifenol, yang ditemukan dalam kafein dan teh hijau, memblokir kelebihan androgen (hormon pria yang menyebabkan kerontokan rambut pada wanita).


3. Pijat kulit kepala setiap hari

Untuk meningkatkan pertumbuhan rambut tidak hanya dibutuhkan kulit kepala bersih. Memijat kulit kepala setiap hari juga terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut. Relaksasi menurunkan hormon stres seperti kortisol sehingga pertumbuhan rambut menjadi lebih maksimal.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa memijat kulit kepala setiap hari selama beberapa menit cenderung mempercepat aliran darah ke kulit kepala. Aliran darah yang lancar merangsang sel-sel khusus tepat di bawah folikel rambut dan meningkatkan helai rambut yang lebih tebal dan lebih penuh.

Survei ilmiah pada 2019 mengungkapkan bagaimana pijatan kulit kepala dua kali sehari selama dua puluh menit meningkatkan pertumbuhan rambut. Dalam studi ini, sekitar 70 persen orang melaporkan peningkatan pertumbuhan rambut atau berkurangnya kerontokan setelah pemijatan kulit kepala selama 20 menit setiap hari.


4. Gunakan teknik menyisir rambut yang tepat

Berikan rambut kasih sayang dengan menyisirnya secara teratur tetapi dengan lembut untuk mencegah kusut dan patah. Menyisir setiap hari membantu mendistribusikan minyak alami kulit kepala dan merangsang aliran darah. Ini seperti pijatan mini, yang pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan rambut.

Pastikan untuk menggunakan sisir bergigi lebar atau sikat dengan bulu yang lembut. Sebaiknya juga mulai dari ujung rambut dan lanjutkan ke arah akar untuk mencegah penarikan yang tidak perlu yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Setelah keramas, hindari menyisir rambut dalam keadaan basah.

Kiat lainnya adalah dengan menyisir rambut dengan posisi kepala terbalik untuk mengarahkan aliran darah ke kulit kepala. Trik ini selanjutnya dapat membantu merangsang aliran darah ke folikel rambut, sehingga mendorong pertumbuhan rambut.


5. Pilih gaya rambut yang tepat

Mengenakan gaya rambut yang salah, seperti kuncir kuda yang tinggi dan ketat, dapat merusak kesehatan rambut. Jadi pastikan untuk memilih gaya yang tepat untuk rambut kalian. Beberapa gaya rambut yang ramah pertumbuhan rambut meliputi kepang longgar, cepol rendah, atau kuncir kuda dengan scrunchies sutra.


6. Batasi penggunaan alat penata rambut

Jika Genhype sedang berusaha memanjangkan rambut, kalian mungkin perlu mengurangi penggunaan alat penata rambut yang panas. Suhu tinggi yang langsung bersentuhan dengan rambut, apalagi dalam jangka panjang dapat merusak elastisitas helai rambut. Jika kalian harus menggunakan alat rambut, sebaiknya turunkan suhunya dan gunakan semprotan pelindung panas untuk mencegah kerusakan rambut lebih lanjut.

Baca juga: Awas Jangan Gosok Rambut dengan Handuk, Begini 5 Langkah Perawatan Rambut yang Benar!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Makin Eksis, FIFTY FIFTY Bakal Isi Soundtrack Film Barbie Karya Greta Gerwig

BERIKUTNYA

Survivor Merapat! Spider-Man: Across the Spider-Verse akan Hadir di Game Free Fire

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: