Ilustrasi keramas (Sumber gambar: Social butterfly/Pixabay)

Awas Jangan Gosok Rambut dengan Handuk, Begini 5 Langkah Perawatan Rambut yang Benar!

27 September 2022   |   15:45 WIB

Genhype, apakah kamu suka menggosok rambut basah dengan handuk? Mungkin menggosok rambut dengan handuk setelah keramas terbilang sepele. Ternyata, kebiasaan yang kelihatanya aman ini justru bisa membuat rambut kusam, rontok, dan mudah patah.

Merawat rambut memang cukup tricky. Pasalnya, salah dalam perawatan akan membuat rambut rusak seperti rambut yang terlalu kering, berminyak, dan sulit diatur.

Baca juga: 6 Tips Memilih Warna Cat Rambut Sesuai Warna Kulit & Bentuk Wajah

Kerusakan rambut pun tidak hanya karena kebiasaan buruk, melainkan juga kurangnya perhatian terhadap kondisi rambut setelah keramas. Yuk simak apa saja langkah yang harus diperhatikan dalam merawat rambut agar tidak rusak.
 

1. Gunakan kondisioner.

Ilustrasi kondisioner (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

Ilustrasi kondisioner (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)


Kondisioner kerap dianggap musuh bagi orang dengan rambut berminyak. Mitos yang beredar menyebutkan kondisioner akan membuat rambut mudah lepek dan berminyak. Hal ini keliru ya Genhype!.

Dilansir dari adorebeauty, penggunaan kondisioner yang benar justru membuat rambut lebih teratur. Agar tidak lepek dan berminyak, gunakan kondisioner hanya pada bagian tengah batang rambut ke bawah.  

Jangan menggunakannya pada rambut yang masih terlalu basah. Saat rambut setengah kering setelah keramas, kamu bisa aplikasikan kondisioner dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas.
 

2. Hindari menggosok rambut.

Ilustrasi rambut setelah keramas (Sumber gambar: No Revision/Unplash)

Ilustrasi rambut setelah keramas (Sumber gambar: No Revision/Unplash)


Menggosok rambut terlalu keras dengan handuk setelah keramas, ternyata dapat menimbulkan kerusakan. Alih-alih rambut cepat kering, menggosok rambut dengan handuk akan membuat kandungan vitamin dari shampo dan kondisioner yang sudah dipakai, justru terserap ke dalam handuk.

Jadi, tidak ada nutrisi yang masuk ke dalam rambut, melainkan kamu hanya membersihkannya saja. Sayang sekali bukan?


3. Jangan lupakan hair vitamin.

Ilustrasi hair vitamin (Sumber gambar: Christin Hume/Unsplash)

Ilustrasi hair vitamin (Sumber gambar: Christin Hume/Unsplash)


Setelah rambut dirasa tidak terlalu basah lagi, disarankan juga menggunakan hair vitamin sesuai dengan kebutuhan rambut. Misalnya, untuk rambut yang kering dan kusam, gunakanlah vitamin berbentuk hair oil dengan kandungan argan dan rose. Kandungan ini akan membuat rambut lebih lembap dan mudah diatur.
 

4. Gunakan hair dryer hingga rambut setengah kering.

Ilustrasi hair dryer (Sumber gambar: Adam Winger/Unsplash)

Ilustrasi hair dryer (Sumber gambar: Adam Winger/Unsplash)


Untuk mengeringkan rambut, kamu bisa menggunakan hair dyer dengan jarak 30 cm ke rambut. Jika suhu panas bisa diatur, gunakan suhu yang sedang saja agar rambut tidak terlalu panas. Usahakan mengarahkan hair dryer pada helaian rambut secara merata, dan hindari semburan suhu panas hanya tertuju pada satu bagian rambut saja.
 

5. Pilih sisir paddle.

Sisir paddle (Sumber gambar: Anete Lusina/Pexels)

Sisir paddle (Sumber gambar: Anete Lusina/Pexels)


Sisir memiliki berbagai macam bentuk. Paddle direkomendasikan sebagai sisir paling aman agar rambut tetap terjaga dan sehat. Penggunaan sisir ini membantu rambut tidak kusut dan tidak mudah rontok.

Baca juga: 5 Penelitian Kulit & Rambut Terbaru dari Indonesia, Ada yang Pakai Bawang Hitam Lho

Selain itu, sisir paddle juga membuat kulit kepala tidak sakit saat sedang menata rambut karena bentuk gigi sisirnya yang tidak terlalu rapat.

Nah Genhype, itulah langkah tepat merawat rambut setelah keramas. Apakah kamu sudah melakukan perawatan rambut yang baik dan benar?

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Kendaraan Boros Bensin? Ini 4 Cara Mudah Cek Konsumsi BBM

BERIKUTNYA

Gucci Curi Perhatian di Milan Fashion Week, Tampilkan 68 Pasang Model Kembar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: