Project Q (Sumber gambar: YouTube.com/PlayStation)

Intip Tampilan Project Q dari Sony, Perangkat PS5 Portabel yang Dinantikan Gamers

26 May 2023   |   11:06 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sony akhirnya memberi titik terang soal rencana proyek perangkat gim portabel untuk PlayStation. Melalui unggahan PlayStation Showcase 2023 di kanal YouTube PlayStation, tampilan perangkat ini untuk pertama kalinya ditampilkan melalui showcase bertajuk Accessories Sneak Peek.

Aksesori baru ini dinamai Project Q, perangkat portabel permainan game yang diinstal di PS5 dengan fitur streaming langsung dengan sambungan WiFi.

Tampaknya ini menjadi langkah lain dari PlayStation dalam menyambut pasar streamer yang kian ramai di internet. Dengan fitur live streaming tersebut, gamers yang hendak melakukan siaran langsung hanya perlu perangkat yang terhubung ke internet sehingga lebih memudahkan prosesnya.

Baca juga: Ragam Event Menarik di PlayStation Plus Festival Play, Dari Game Trial hingga Turnamen Online

Namun yang menarik, desain dari perangkat Project Q ini mengundang perhatian kalangan gamers yang membanjiri kolom komentar video tersebut. Beberapa di antaranya menyambut positif tampilan futuristik dengan desain konsol yang lebar.

Akan tetapi, beberapa lainnya menginginkan perangkat handheld klasik seperti PS Vita kembali ke pasar. Sebagaimana diketahui, PS Vita sebagai perangkat game handheld PlayStation sendiri sudah melakukan penghentian produksi sejak 2019 lalu.

Meskipun demikian, desain PS5 Portabel ini masih menjadi perdebatan di kalangan gamers, beberapa masih menanti bagaimana aksesori ini menggebrak pasar setelah detail fungsionalnya diumumkan. Dengan perangkat konsol handheld ala PlayStation, perangkat ini menampilkan layar delapan inci.

Terlihat layarnya diapit oleh pengontrol nirkabel DualSense dan tombol yang sesuai dengan jangkauan tangan pemain. Karena dirancang untuk streaming, pemain harus menginstal terlebih dahulu software untuk memainkan game di PS5.

Selain desain, PlayStation belum memberi banyak gambaran fitur aksesoris ini secara detail, termasuk rentang harga. Melansir Push Square, sistem aksesori ini akan mengasillkan output resolusi 1080p dengan 60 frame per detik (fps). Rencananya, Project Q akan dirilis sekitar akhir 2023, bersamaan dengan aksesori lainnya dari PlayStation. 
 

TWS PlayStation

Tak hanya PS5 Portabel tersebut saja, PlayStation juga akan merilis produk true wireless stereo (TWS) berupa earbuds dengan dominasi warna monokrom. Bagian dalamnya menggunakan warna hitam, sementara sisi terluarnya menggunakan warna putih khas PlayStation.

Earbuds ini dirancang dengan desain twisted atau memutar yang cukup berbeda dengan desain TWS yang kini beredar di pasaran. "Earbuds nirkabel resmi pertama kami yang menawarkan audio lossless di PS5 dan PC. Rincian lebih lanjut akan datang dalam beberapa bulan mendatang," demikian pernyataan PlayStation di situs resminya.

Earbuds pertama dari PlayStation ini dapat dikoneksikan langsung dengan perangkat PS5 dan PC. Sementara untuk menyambungkan ke smartphone, earbuds PlayStation memerlukan sambungan Bluetooth. Bagian case earbuds dibuat memanjang dengan fitur sliding berwarna putih di bagian terluar.

Sony menyebut akan segera memberi informasi lengkap mengenai detail dua produk aksesoris terbaru mereka dalam waktu dekat. Bagaimana Genhype, kamu naksir enggak nih melihat aksesori terbaru dari PlayStation?

Baca juga: 5 Rekomendasi Game AAA untuk PC & Konsol, Elden Ring sampai Hogwarts Legacy

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Song Ji-hyo Sapa Penggemar Jakarta Lewat Fancon 27 Mei 2023, Cek Rundownnya

BERIKUTNYA

Eksklusif Profil Raam Punjabi: Formula Jitu Multivision Merajai Jagat Sinema

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: