PlayStation 5 (Pexels/Kerde Severin)

PlayStation 5 Salip Nintendo Switch Jadi Konsol Paling Laris di Amerika Serikat

21 October 2021   |   14:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Industri konsol gim dunia makin dilirik para gamers karena performanya yang tak kalah dengan kinerja permainan video di komputer. Selain itu, banyak pengembang gim juga bekerja sama dengan para produsen konsol menghadirkan judul-judul eksklusif di platform tertentu.

Dalam beberapa waktu terakhir, konsol gim Nintendo Switch dari Nintendo menjadi pemimpin pasar paling tidak di kawasan Amerika Serikat, yang merupakan salah satu pasar gim paling bergengsi. Akan tetapi, rekor tersebut tampaknya telah dipecahkan oleh pendatang baru, PlayStation 5 dari Sony.

Laporan firma riset NPD Group menyatakan bahwa penjualan PlayStation 5 di kawasan tersebut akhirnya menyalip penjualan Nintendo Switch pada September lalu. Ini merupakan pertama kalinya konsol Sony menjadi yang terlaris setelah dikuasai Nintendo selama sekitar 33 bulan.

Sebenarnya, PlayStation 5 sudah menjadi konsol paling laris dalam hal nominal penjualan dalam dollar selama 2021, mengingat harganya memang lebih mahal ketimbang Nintendo Switch. Akan tetapi per September ini, kinerjanya juga mencakup jumlah unit yang terjual.

"PlayStation 5 adalah platform hardware paling laris selama September baik dalam hal jumlah unit terjual maupun dollar [angka/nilai penjualan]," jelas Analis NPD Group Mat Piscatella.

Laporan dari Forbes menyatakan ada dua kombinasi faktor yang memungkinkan hal ini terjadi. Pertama, ketersediaan PS5. Memang, bukan hal mudah untuk mendapatkan perangkat tersebut di tengah kondisi kekurangan pasokan komponen elektronik global.

Akan tetapi, sudah hampir 1 tahun sejak konsol terbaru dari Sony itu dirilis dan telah menghasilkan capaian yang positif. Belum lama ini, perusahaan juga secara resmi menyatakan bahwa mereka telah menjual setidaknya 10 juta unit.

Faktor kedua adalah usia NIntendo Switch yang sudah cukup lama, di mana konsol ini pertama kali dirilis pada Maret 2017. Perangkat besutan Nintendo itu juga memiliki kinerja awal yang sangat memuaskan, tapi pada titik tertentu akan terjadi penurunan penjualan seiring berjalannya waktu. 

Kendati begitu, Nintendo Switch masih memiliki kemungkinan untuk kembali menjadi penguasa konsol di pasar Amerika Serikat, menyusul perilisan sejumlah gim paling dinantikan yang eksklusif di platform tersebut serta perilisan model OLED Switch yang akan datang.

Daftar Gim Terlaris

Selain menyatakan soal penjualan perangkat konsol, laporan Piscatella juga mengungkap beberapa judul gim paling laris yang terjual di kawasan Amerika Serikat sepanjang September dan sepanjang tahun ini. Berikut ini adalah daftar lengkapnya : 

Gim paling laris pada September 2021 di Amerika Serikat :
1. NFL 22
2. FIFA 22
3. NBA 2K22
4. Tales of Arise
5. Diablo 2: Resurrected
6. Deathloop
7. Call of Duty: Black Ops Cold War
8. Ghost of Tsushima
9. Marvel's Spider-Man: Miles Morales
10. Lige is Strange: True Colors

Gim paling laris sepanjang 2021 di Amerika Serikat :
1. Call of Duty: Black Ops Cold War
2. Madden NFL 22
3. MLB The Show 21
4. Resident Evil Village
5. Super Mario World
6. Marvel's Spider-Man: Miles Morales
7. Mario Kart 8
8. Minecraft
9. Monster Hunter Rise
10. Assasin's Creed Valhalla



Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Museum MACAN Akan Buka Kembali pada 26 Oktober 2021

BERIKUTNYA

Jakarta PPKM Level 2, Kapasitas Transjakarta Kembali Normal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: