sumber foto: unsplash/Edz norton

Berikut Kiat Make Up Agar Tidak Ngecrack

25 May 2023   |   18:22 WIB

Bagi seorang wanita, menggunakan make up merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Dengan memakai make up tentu bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri pada saat berkegiatan di luar ruangan. Namun, selain untuk meningkatkan kepercayaan diri pada wanita, make up juga dapat menunjang penampilan. Yang membuat sebuah penampilan menjadi lebih cantik dan anggun. 

Namun, bagaimana jika make up yang digunakan tidak bisa tahan lama atau mengalami crack dan tidak halus?  Maka hal itu bisa menjadi suatu bumerang bagi diri sendiri. Tetapi, tidak perlu khawatir, karena  terdapat sejumlah kiat make up anti crack serta bisa membuat hasil make up lebih halus. 

Make up yang mengalami crack pada beberapa bagian muka bisa disebabkan oleh beberapa hal. Penyebabnya pada jenis kulit kering, penggunaan bedak yang terlalu berlebihan, penggunakan foundation yang tidak cocok, serta alat foundation yang tidak sesuai. Area seperti hidung dan smile line menjadi suatu area yang rentan terjadinya setelah menggunakan make up

Berikut ini beberapa kiat yang bisa anda ikuti untuk mengindari makeup crack serta membuat tampilan menjadi flawless. 

1.    Menggunakan sheet mask 
Kunci utama untuk melembabkan kulit agar make up tidak crack, salah satu cara ampuhnya dengan menggunakan sheet mask. Sheet mask ini mampu melembabkan kulit lebih dari moisturizer. Adanya berbagai bahan kandungan di dalamnya makan akan membantu kulit jadi lembab. Dengan menggunakan sheet mask juga bisa menjadikan salah satu cara untuk menghidrasi kulit. Menggunakan sheet mask sebaiknya satu jam sebelum memakai make up. 

2.    Menggunakan primer 
Dengan menggunakan primer tentu sangat penting karena dapat memberikan efek blur pada pori pori di wajah dan membuat make up lebih tahan lama. Primer merupakan make up base. Primer digunakan setelah memakai moisturizer agar kulit kita tampak lebih halus sebelum menggunakan foundation. 

 

Ilustrasi make up (Sumber gambar: Mart Production/Pexels)

Ilustrasi make up (Sumber gambar: Mart Production/Pexels)
 

3.    Gunakan produk make up sesuai jenis kulit 
Terkadang kita make up fokus pada warna, namun lupa dengan tekstur dari produk yang mau digunakan. Pilih produk yang cocok pada jenis kulit kita. Jika memiliki kulit yang kering tetapi menggunakan foundation yang mempunyai tekstur matte, maka sudah pasti akan ngecrack. Sehingga gunakanlah foundation yang memiliki tekstur yang ringan. 

4.    Aplikasikan bedak tabur 
Menggunakan bedak tabut adalah kunci alas bedak agar tidak luntur, berpindah, serta bergeser dan sekaligus mampu menyerap minyak berlebih di muka. Untuk melihat hasil terbaik, gunakan bedak dan spons untuk melapisi lapisan tebal di zona-T serta di bawah mata yang sering mengalami crack, lalu setelah itu dibiarkan baking. Terakhir gunakan kuas untuk menghilangkan kelebihannya. 

Baca juga: Sedang Tren, Pahami Dulu Jenis Kulit Sebelum Mencoba Hybrid Makeup

5.    Akhiri dengan setting spray 
Setting spray bekerja untuk mengunci produk make up agar tidak bergeser atau pecah. Sebagian besar dengan semprotan setting spray mempunyai kandungan air yang berfungsi melembabkan kulit. Untuk mengaplikasikannya yaitu semprotkan wajah dalam formasi X lalu setelah itu formasi T untuk coverage yang merata.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Sulit Punya Anak? Waspada Gangguan Tiroid

BERIKUTNYA

Karya Terbaru Jack Carr Only The Dead Puncaki Novel Terlaris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: