Pura Mangkunegaraan di Solo (Sumber: pariwisatasolo.surakarta.go.id)

Rangkaian Kegiatan Satu Dalam Cita di Solo, Cocok untuk Mengisi Liburan Sekolah

24 May 2023   |   13:27 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

3. Pasar Kangen

Bagi kamu yang hendak belanja dan menikmati suasana pasar yang berbeda, Pasar Kangen yang bakal diselenggarakan dari 23-25 Juni wajib dikunjungi. Terletak di Pamedan Pura Mangkunegaran, ajang ini merupakan acara tahunan yang mempertemukan tradisi, kuliner, kesenian, dan kreativitas.

Diadakan dalam kemasan khas zaman dahulu, pasar ini akan diikuti oleh sekitar 60 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang ada di Solo dan sekitarnya. 
 

4. Ruwat Bumi Pura Mangkunegaran

Ruwat Bumi Pura Mangkunegaran merupakan kegiatan lain yang dapat dinikmati oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Solo. Acara ini akan diselenggarakan pada 24 Juni 2023. Ruwatan di pulau Jawa, khususnya Pura Mangkunegaran, adalah upacara yang ditujukan untuk membuang keburukan atau menyelamatkan sesuatu dari sebuah gangguan.

Ruwat Bumi Pura Mangkunegaran berupa pertunjukan wayang ruwat yang digelar di depan Pendhapi Ageng yang dapat disaksikan oleh para abdi dalem dan masyarakat umum. Selain itu, terdapat sesajen atau sajian-sajian persembahan ruwat berupa gunungan, tumpeng, dan lain-lain. 
 

5. Lokakarya

Wisatawan yang ingin menambah pengetahuan bisa mengikuti sejumlah kegiatan lokakarya gaya Mangkunegaran yang akan diadakan dari 23-25 Juni 2023. Lokakarya ini adalah semacam pelatihan kepada para peserta peminat seni budaya Mangkunegaran. Lokakarya itu adalah tari, karawitan, topeng, dan membatik. 
 

6. Sudamala Tour

Kegiatan lain yang juga dapat dinikmati oleh para wisatawan untuk mengisi libur sekolah adalah Sudamala Tour. Berlangsung pada 23-25 Juni 2023, para traveller dapat memiliki kesempatan melakukan meditasi yang menjadi salah satu kegiatannya di Candi Sukuh. 

Tidak hanya itu, tur ini juga membuat para peserta berkeliling Candi Cetho selain di Candi Sukuh. Kemudian, mereka juga dapat menikmati hidangan kesukaan K.G.P.A.A Mangkunegoro IX di Bale Branti Kemuning. 
 

7. Pameran Koleksi Bersejarah Hubungan Mangkunegaran & Bali

Selain semua di atas, pameran koleksi bersejarah yang menunjukkan hubungan Mangkunegaran dan Bali adalah kegiatan lain yang dapat disaksikan oleh wisatawan ketika berkunjung ke tempat ini.

Wisatawan dapat melihat catatan sejarah yang didokumentasikan dalam gambar-gambar, tulisan dalam surat-surat resmi, hubungan antara Pura Mangkunegaran dan Bali. Semua koleksi itu masih disimpan sampai dengan saat ini.

Selain itu, terdapat juga wayang & gapit bali, keris bali, topeng bali, arca dewa, kelapa buta, gading gajah dengan ukiran ramayana khas bali, lukisan jawa bali, dan ukiran pada lampu gantung di Pracimayasa.

Baca juga: Rekomendasi Wisata di 5 Destinasi Kota Favorit, Liburan Seru bareng Keluarga

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Rayakan Perilisan Film The Little Mermaid, Disney Indonesia Buat Pameran Foto Bertema Bawah Laut

BERIKUTNYA

Perempuan Indonesia Makin Melek Literasi Keuangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: