Pestapora 2022 mendatangkan sebanyak 80.000 penonton (Sumber gambar: Pestapora Official Instagram)

Intip Bocoran Persiapan Pestapora 2023 dari Festival Director Kiki Ucup

23 May 2023   |   13:08 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Festival musik tahunan Pestapora akan kembali digelar. Tahun ini, Pestapora akan dihelat selama tiga hari berturut-turut yakni pada 22-24 September 2023 di Jakarta. Festival musik ini akan kembali menghadirkan ratusan musisi lokal dari berbagai genre dan generasi yang akan menghibur semua penikmat musik Tanah Air. 

Rizky Aulia atau yang lebih dikenal Kiki Ucup, selaku Festival Director Pestapora mengatakan bahwa proses persiapan Pestapora sampai saat ini sudah berjalan 90 persen. Dia menambahkan bahwa penjualan tiket juga telah mencapai target sebesar 70 persen meski Pestapora masih akan dihelat pada beberapa bulan mendatang.

"Tinggal [tersisa] 30 persen tiket daily yang nanti akan kami jual pada September," katanya saat diwawancarai Hypeabis.id melalui sambungan telepon.

Baca juga: Festival Musik MyFest.id Bakal Digelar Juli 2023 di Bandung, Cek Harga Tiketnya

Tahun lalu, pada gelaran perdananya, Pestapora mampu mendatangkan hingga 80.000 penonton selama 3 hari festival. Adapun, pada tahun ini, pria yang akrab disapa Ucup itu menargetkan kenaikan jumlah penonton hingga 20 persen untuk perhelatan Pestapora tahun ini.

Dia pun memastikan bahwa secara teknis, penyelenggaraan Pestapora tahun depan tidak akan jauh berbeda dengan tahun ini. Hanya saja, untuk tahun depan, dipastikan bahwa luas venue festival akan semakin diperluas untuk meningkatkan kapasitas penonton.

Sebagai informasi, Pestapora tahun lalu dihelat di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Utara. "Sepertinya [venue] tetap sama cuma akan kami perluas lagi," terangnya.

Ucup juga mengatakan bahwa pihaknya telah mengumumkan 80 persen dari keseluruhan lineup atau musisi yang akan tampil di Pestapora melalui media sosial. Sejumlah musisi yang akan tampil diantaranya Yura Yunita, Vierratale, The Changcuters, Soegi Bornean, Sore, Sherina, Raisa, Project Pop, Mahalini, Lyodra, King Nassar, JKT 48, Ayu Ting-Ting, Feel Koplo dan Maliq & D'Essentials.
 

Meski saat ini dunia dibayangi akan ancaman risiko resesi global, Ucup menilai hal tersebut tidak akan menyurutkan minat masyarakat untuk membeli tiket konser. Hal itu terlihat dari besarnya antusiasme masyarakat untuk membeli tiket Pestapora mulai dari saat ini. "Kami optimis banget untuk tahun ini," tegasnya.

Beberapa bulan terakhir, sejumlah kendala yang terjadi pada festival dan konser musik membuat perizinan penyelenggaraan konser menjadi satu persoalan alot yang tengah dihadapi oleh para promotor dan penyelenggara konser.

Namun, Ucup memastikan bahwa saat ini proses persiapan Pestapora tetap berjalan dengan sebagaimana mestinya. Hanya saja, lanjutnya, saat ini pihaknya harus lebih detail dalam memberikan perencanaan penyelenggaraan acara kepada pihak yang berwenang.

"Pihak terkait juga pasti akan melihat kesiapannya dari segi konsep dan teknis promotor, mulai dari perizinan, treatment crowd control, dan flow massa," tambahnya.

Kendati demikian, dia mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah antisipasi untuk menyesuaikan kebijakan pemerintah terkait aturan keramaian acara-acara publik seperti festival dan musik konser. "Dalam penyelenggaraan festival musik kita enggak bisa menyiapkan satu rencana doang. Minimal ada 3 sampai 4 rencana yang harus kita pikirkan," terangnya.

Baca juga: Reaktivasi Cagar Budaya, SenyuMuseum Hadirkan Festival Musik hingga Kulineran

Sementara itu, sebelumnya, Boss Creator selaku promotor telah menjual tiket Pestapora dengan beberapa kategori dan telah habis terjual (sold out). Tiket tersebut dijual dengan rentang harga Rp450.000-Rp600.000 untuk tiga hari festival. 

Tiket pertama kali dijual dengan kategori prajual (early bird) pada 28 November 2022 dan habis terjual hanya dalam kurun waktu kurang dari 2 menit. Setelahnya, Pestapora kembali menjual tiket Presale 1 pada 6 Januari 2023 lalu. Tiket yang dibanderol seharga Rp525.000 itu pun dikabarkan ludes terjual. "Alasannya kami ingin mengetes kredibilitas Pestapora. Ternyata orang sudah percaya sama Pestapora," kata Ucup.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tayang Besok, Cek Sinopsis The Little Mermaid yang Dibintangi Halle Bailey

BERIKUTNYA

Bila Ada Tanda-tanda Penyakit Menular Seksual, Segera Lakukan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: