Kungkang adalah salah satu hewan pemalas yang menghabiskan waktu mereka untuk tidur hingga 20 jam sehari. (Sumber gambar: Unsplash/ Javvier Mazzeo)

10 Hewan Paling Malas di Dunia, Ada Koala hingga Hiu Perawat 

22 May 2023   |   19:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like

5. Ular Piton

Ular piton juga memiliki gaya hidup yang buruk dan dapat dikategorikan dalam jenis kemalasan akut. Pasalnya hewan yang bergerak lambat dan cenderung tidak aktif ini bisa tidur sekitar 18 jam sehari secara normal dan cepat lelah dan seringkali terkesan jinak.

Tak hanya itu, reptil raksasa ini juga akan cenderung malas setelah mereka menelan mangsanya secara utuh. Setelah itu, ular ini akan hibernasi atau tidur dalam jangka waktu lama selama seminggu. Namun, saat makanannya sudah tercerna mereka akan bangun dengan gerakan lincah siap untuk mematikan mangsa lain.


6. Kadal Lidah Biru Kerdil

Kadal lidah biru kerdil sangat sulit dipahami oleh para ahli hewan yang pada satu titik saat ini mungkin dianggap punah. Berasal dari Australia, mereka hidup di liang laba-laba dan memakan serangga yang lewat alih-alih berburu laiknya kadal jenis lain.

Dikenal sebagai reptil pemalas, mereka tidak secara aktif menangkap mangsanya, tapi lebih memilih untuk berbaring di dalam liang dengan kepala mengarah ke pintu masuk menunggu sesuatu untuk jatuh atau mangsa yang teledor lewat di depan liang mereka.

Kadal lidah biru bahkan tidak keluar untuk minum, melainkan hanya  mengandalkan tetesan hujan dan embun yang terbentuk di sekitar lubang. Kendati terkesan malas, sebenarnya gaya hidup mereka sebagian besar merupakan bentuk penghindaran predator salah satunya ular yang sering memburu mereka.


7. Burung Kedasih

Alih-alih mengambil tuntutan menjadi orang tua, burung kedasih justru meninggalkan telur-telur mereka di sarang spesies lain agar mereka terhindar dari peranannya sebagai indukan yang dikenal sebagai parasitisme induk. 

Hewan satu ini bahkan tak mau membuat sarang dan tak pernah sudi mengerami telur dan mengurus anak-anaknya. Bahkan, tak jarang burung kedasih juga menyingkirkan satu telur inang sebelum meletakkan telurnya di sana, adapun perilaku ini disebut egg tossing.


8. Panda 

Panda memang dikenal karena sifatnya yang kikuk dan lamban. Dalam satu hari mereka tidur sekitar 10 jam sehari, selama kurang lebih tiga jam setiap kali, dan akan tidur siang di mana saja mereka menemukan tempat bersandar. Tak hanya itu panda juga cenderung lebih pasif saat mereka mengantuk.

Namun ketika bangun mereka akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk makan. Adapun kudapan pilihan mereka adalah bambu yang rendah nutrisi, sehingga panda perlu mengonsumsi sekitar 20 kg sehari untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Dengan semua tidur dan makan itu, tidak heran jika mereka tidak banyak melakukan hal lain.


9. Ekidna

Ekidna juga dikenal sebagai landak semut atau spiny anteater. Mamalia  satu ini juga bergerak sangat lambat dan tidur selama kurang lebih 12 jam sehari. Mereka memiliki suhu tubuh yang rendah untuk ukuran mamalia dan tidak bisa terengah-engah atau berkeringat.

Oleh karena itu mereka terus berjuang dengan suhu yang lebih hangat agar dapat hidup dengan lebih nyaman. Ekidna juga dikenal sebagai hewan nokturnal yang biasanya lebih aktif di malam hari dan sering tidur sepanjang hari untuk menghindari panasnya matahari.


10. Hiu Perawat

Hiu perawat juga dikenal sebagai mamalia pemalas kendati saudara mereka dari rumpun yang sama dikenal sebagai pemburu ulung. Salah satunya mereka tidak bermigrasi seperti spesies lainnya dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka berbaring tak bergerak di dasar laut.

Hal tersebut disebabkan karena sebuah aktivitas yang dimungkinkan bahwa mereka dapat secara aktif memompa air melalui insang mereka. Selain itu mereka juga akan menghabiskan sebagian besar waktu siang hari untuk tidur dan berburu di malam hari untuk mencari ikan, moluska, dan krustasea dengan cara menyedot mangsanya.

Baca juga: Hypereport: Satwa Liar dalam Jerat Konten Medsos & Dilema Konservasi


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Sinopsis & Daftar Pemain Film Sosok Ketiga yang Tayang 22 Juni di Bioskop Indonesia

BERIKUTNYA

Kenali Faktor Risiko Berolahraga Pada Malam Hari, Sebaiknya Tak Jadi Kebiasaan Ya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: