Ilustrasi panda (Sumber gambar: Unsplash/ Michael Payne)

Panda Fu Bao Pulang Kampung ke China, Warga Korea Selatan Bersedih

04 April 2024   |   11:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Hujan air mata mengiringi keberangkatan Fu Bao, panda pertama yang lahir secara natural di Korea Selatan, sesaat sebelum dikembalikan ke China pada Rabu, (3/4/2024). Berdasarkan perjanjian internasional, panda yang lahir di luar negeri memang harus dikembalikan ke China sebelum berusia empat tahun.

Hari itu, taman hiburan terbesar di Korea Selatan, Everland, secara khusus mengadakan upacara perpisahan dengan panda Fu Bao. Ribuan orang datang berkumpul di sana untuk mengucapkan salam perpisahan terakhir kalinya dengan Fu Bao.

Baca juga: Menengok Cai Tao dan Hu Chun, Dua Panda Menggemaskan di Taman Safari

Yonhap melaporkan setidaknya ada 6.000 penggemar yang telah berkumpul untuk melihat sekilas panda lucu tersebut untuk terakhir kalinya. Beberapa dari mereka menunggu sejak jam 4 pagi, meski cuaca sedang hujan dan dingin.
 

Ketika hari mulai siang, sebuah kendaraan yang membawa Fu Bao tiba di taman hiburan tersebut. Sekelompok orang yang telah berkumpul sedari pagi itu seketika menangis haru. Mereka tak menyangka akan berpisah secepat ini dengan panda kesayangannya.

Penjaga kebun binatang bernama Kang Cheol-won juga hadir di sana. Penjaga yang lebih dikenal dengan sebutan kakek panda karena kedekatannya dengan Fu Bao itu juga membacakan surat khusus kepada Fu Bao dan para penggemarnya.

“Harinya telah tiba bagimu untuk pergi. Fu Bao, kamu telah memberikan harapan dan kebahagiaan kepada banyak orang sejak kamu dilahirkan. Kini saatnya kamu melakukan perjalanan jauh untuk memulai hidup barumu,” kata Kang yang telah merawat Fu Bao sejak dia lahir.

Beberapa penggemar seketika menangis tersedu-sedu saat Kang mulai membaca surat tersebut. Fu Bao menjalani perpisahan yang manis dengan tempat kelahirananya siang itu.

Jalanan di sekitar Everland dipenuhi penggemar. Jalanan itu juga dihiasi bunga dan ribuan pesan dari penggemar. Everland juga memutar foto dan video Fu Bao sejenak di LED besar sebelum kendaraan yang membawanya berjalan pergi.

Panda Fu Bao kemudian diberangkatkan ke China dengan pesawat sewaan dari Bandara Internasional Incheon. Dia akan tiba di tanah leluhurnya pada sore harinya. Fu Bao akan tinggal di Pangkalan Penelitian Pembibitan Panda Raksasa Chengdu di provinsi Sichuan.

Fu Bao lahir pada tanggal 20 Juli 2020, dari pasangan Ai Bao dan Le Bao, panda raksasa yang dikirim oleh Presiden China Xi Jinping pada Maret 2016 sebagai simbol persahabatan Korea Selatan-China.

Tahun ini, Fu Bao sudah hampir berusia empat tahun, batas umur yang diperbolehkan sebelum wajib dikembalikan ke China sesuai dengan perjanjian konservasi.

Sebagai bayi panda pertama di Resor Everland Korea Selatan, Fubao mendapatkan popularitas besar di Korea Selatan. Hal ini tak lepas dari tingkat lucunya yang menggemaskan yang kerap kali tertangkap kamera.
 

Tak hanya itu, kedekatan sang panda dengan Kang Cheol Won, penjaga kebun binatang di sana juga membuat Fu Bao lebih populer. Fu Bao bahkan mendapat julukan Princess Fu atau Putri Fu oleh para penggemarnya.

Kini, meski Fu Bao telah kembali ke negeri asalnya, pihak terkait memastikan hubungan sang panda dengan Korea Selatan masih akan terus berlanjut. Tentu bukan berarti dia akan kembali ke Negeri Ginseng lagi.

Pihak Everland menyebut pihaknya berencana untuk terus berbagi kehidupan Fu Bao di China melalui kesepakatan yang dicapai dengan media pemerintah China tahun lalu. Mereka akan membagikan gambar atau video untuk sejenak menghapus kerinduan para penggemarnya di negaranya.


Asal Usul  Fu Bao

Lahir pada 20 Juli 2020, Fu Bao tercatat sebagai bayi panda pertama yang lahir di Korea Selatan. Orang tuanya, Ai Bao dan Le Bao, dikirim dari Provinsi Sichuan, China, pada 2016 sebagai bagian dari program Diplomasi Panda.

Sekilas tentang program ini, Diplomasi Panda adalah strategi yang dijalankan oleh China untuk menjalin hubungan baik dengan negara-negara lain. China meminjamkan panda raksasa, hewan ikonik mereka, ke berbagai negara mitra. Beberapa poin dari program ini antara lain, simbol persahabatan, pinjaman, dan upaya konservasi. 

Adapun, nama Fu Bao memiliki arti "harta karun". Kelahiran panda raksasa memang jarang terjadi dan patut dirayakan karena status mereka sebagai spesies yang terancam punah.

Fu Bao menjadi bintang utama di taman hiburan Everland, Yongin, Korea Selatan. Banyak pengunjung yang datang khusus untuk melihat kelucuan dan tingkah lakunya.

Sesuai kesepakatan pengiriman panda, Fu Bao harus dikembalikan ke China setelah waktunya habis. Pada April 2024, Fu Bao dipindahkan ke Pusat Konservasi dan Penelitian Panda Raksasa di Provinsi Sichuan dengan penerbangan khusus.

Baca juga: Nuansa China yang Kental, Tiger Mom vs Panda Merah dalam "Turning Red"

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Serba-serbi Flu Singapura yang Merebak di Indonesia, dari Gejala Awal Hingga Cara Penularan

BERIKUTNYA

Penyebab Instagram dan WhatsApp Down, Kini Telah Berangsur Pulih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: