Kungkang adalah salah satu hewan pemalas yang menghabiskan waktu mereka untuk tidur hingga 20 jam sehari. (Sumber gambar: Unsplash/ Javvier Mazzeo)

10 Hewan Paling Malas di Dunia, Ada Koala hingga Hiu Perawat 

22 May 2023   |   19:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Di dunia yang kian sibuk dan pesat ini sikap malas tentunya akan menjadi satu hal yang menyedihkan. Sebab, Genhype mungkin tidak akan bisa meraih cita-cita atau asa yang diinginkan jika sikap tersebut selalu menggelayuti pundak kalian.

Namun, malas bukan hanya kebiasaan manusia saja, tetapi juga hewan. Kendati begitu, kapasitasnya tentu berbeda satu sama lain. Jika manusia menjadi lebih aktif bergerak saat lapar, justru hal ini tidak aktif dilakukan oleh hewan salah satunya kadal lidah biru dari Australia.

Tak hanya itu, beberapa hewan bahkan menghabiskan separuh hidupnya hanya untuk berbaring alias hibernasi setelah perutnya penuh. Selain itu, ada juga yang menitipkan telurnya di sarang hewan lain karena saking malasnya merawat keturunan dan dikenal sebagai burung durhaka pada anak, yakni kedasih.

Lantas, hewan apa saja yang termasuk binatang paling malas di dunia? Dihimpun Hypeabis.id dari berbagai sumber resmi, berikut adalah 10 daftar hewan yang dikenal sebagai binatang pemalas.
 

1. Koala

 

Koala (sumber gambar Unsplash/ Jordan Whitt)

Koala (sumber gambar Unsplash/ Jordan Whitt)

Meski dikenal sebagai hewan yang lucu, binatang berwarna abu-abu ini juga dikenal karena kemalasan dan kemampuan tidur mereka. Bayangkan, dalam 1 x 24 jam koala hanya menghabiskan dua hingga enam jam untuk terjaga setiap hari. Sisanya? Tentu saja dialihkan untuk tidur sambil mendekap batang pohon.

Namun, Genhype perlu mengetahui juga penyebab koala melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah akibat pola makan. Pasalnya, daun kayu putih yang menjadi santapan sehari-hari koala mengandung racun kantuk dan sangat tinggi serat. Oleh karena itu mereka membutuhkan banyak energi untuk mencernanya. 
 

2. Kungkang

 

Kungkang (sumber gambar Unsplash/ Jack Charles)

Kungkang (sumber gambar Unsplash/ Jack Charles)


Ketika orang berpikir tentang kata malas, kungkang atau sloth sering menjadi salah satu hewan pertama yang terlintas dalam pikiran seseorang, dan itu tidak mengherankan. Pasalnya, mamalia arboreal ini setidaknya menghabiskan waktu mereka untuk tidur hingga 20 jam sehari.

Tak hanya itu, kungkang juga dikenal sebagai hewan yang sangat lambat bergerak. Dia hanya mampu bergerak 17,70 meter per jam dan lebih sering menghabiskan sebagian besar waktu hidup di antara dahan pohon, khususnya di bagian kanopi hutan hujan yang banyak ada di kawasan Amerika Selatan
 

3. Kuda Nil

 

Kuda Nil (sumber gambar Unsplash/ Tim de pauw)

Kuda Nil (sumber gambar Unsplash/ Tim de pauw)


Jika ada yang bertanya hewan apa yang paling menguasai seni bermalas-malasan? Jawaban yang paling tepat tentu saja adalah kuda nil yang menghabiskan waktunya hanya untuk tidur selama 16-20 jam per hari. Ketika berada di darat, mungkin Genhype sering melihat mereka berjemur di bawah sinar matahari dan tidur siang bersama dalam kelompok besar. 

Namun, nyatanya kuda nil tidak hanya tidur di darat saja loh. Mamalia bongsor satu ini bahkan juga bisa terlelap di dalam air dan sesekali naik ke permukaan hanya untuk bernapas dengan matanya yang masih terpejam. Kuda nil adalah herbivora nocturnal. Oleh karena itu mereka biasa menghabiskan waktu lima jam dalam satu waktu hanya untuk merumput.
 

4. Oposum

 

Oposum (sumber gambar Unsplash/ Jennifer Uppendah)

Oposum (sumber gambar Unsplash/ Jennifer Uppendah)


Si pemalas sekaligus juara tidur di dunia sepertinya bisa disematkan pada oposum. Ya, hewan mirip tupai tapi berukuran lebih besar ini tidur selama 18 sampai 20 jam sehari. Selain itu mereka juga bergerak sangat lambat ketika hendak mencari makan.

Namun, begitu mereka menemukan tempat yang menyediakan makanan dan tempat berlindung yang mereka butuhkan, maka mereka akan tinggal dalam kurun waktu lama di tempat tersebut dan hanya memilih untuk bergerak jika benar-benar diperlukan atau pun terancam bahaya.
1
2


SEBELUMNYA

Sinopsis & Daftar Pemain Film Sosok Ketiga yang Tayang 22 Juni di Bioskop Indonesia

BERIKUTNYA

Kenali Faktor Risiko Berolahraga Pada Malam Hari, Sebaiknya Tak Jadi Kebiasaan Ya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: