Event Olahraga (Sumber Foto: Freepik)

Daftar Event Olahraga Berskala Nasional & Internasional yang Digelar di Indonesia Sepanjang 2023

22 May 2023   |   15:29 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kebangkitan Nasional menjadi momentum ketika rakyat Indonesia mulai menumbuhkan kesadaran dirinya bahwa kita adalah ‘orang Indonesia’ yang merdeka. Secara serentak rakyat Indonesia menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi untuk mempertahankan negaranya dari kaum penjajah. 

Pada era modern, kebangkitan Nasional juga ditandai dengan berkembangnya Indonesia yang dilihat dari berbagai aspek, misalnya kebangkitan olahraga di Indonesia. Kini makin banyak perhelatan olahraga nasional maupun internasional yang digelar di Indonesia, begitupun dengan banyaknya pagelaran seni pertunjukan yang ditampilkan. 

Baca juga: Makin Digemari, Ini Serba-serbi yang Harus Diketahui tentang Olahraga Lari

Sepanjang 2023, ada sejumlah turnamen olahraga tingkat nasional dan internasional yang membawa dampak baik untuk negara. Selain mendongkrak sektor pariwisata, kegiatan-kegiatan ini juga mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar.

Joko Setyo Pramuji, Founder Event Organizer (EO) Roro Jonggrang Indonesia Sport, memaparkan bahwa setelah sempat terpukul karena pandemi Covid-19, kini perhelatan olahraga mulai digelar kembali di Indonesia. Ini juga menunjukkan prospek yang baik untuk para penyelenggara acara di Tanah Air.

“2020 lalu kita sudah full book, tapi saat pandemi banyak event yang dibatalkan, sampai akhirnya 2022 pelan-pelan kami mulai menerima project, dan akhirnya 2023 prospeknya mulai membaik kembali,” kata Joko. 

Dia berujar, seperti yang dicanangkan pemerintah, pertumbuhan ekonomi setelah pandemi harus menunjukkan peningkatan. Ini membuat banyak perusahaan mulai membelanjakan kegiatan melalui event-event olahraga.

Sejak berdiri pada 2015, Roro Jonggrang Indonesia Sport memang mengkhususkan untuk penyelenggaraan acara olahraga. Mulai dari cabang perorangan tenis meja, bulu tangkis, futsal, sepak bola, basket, dan hampir semua cabang olahraga. Sejumlah event olahraga yang dikerjakan mulai dari lokal, nasional, hingga bertaraf internasional yang tentunya berkontribusi besar terhadap sektor sport tourism Indonesia.

“Sebelum pandemi bahkan sudah sampai menyentuh internasional event, kita dipercaya handle event Street Soccer yang diikuti oleh 12 negara, di mana Indonesia menjadi tuan rumahnya,” ujar Joko.

Terkait biaya penyelenggaraan event olahraga, Joko menyebutkan semuanya tergantung jumlah cabang olahraganya dan dalam skala apa event tersebut akan digelar. Sebagai perkiraan, untuk 3 cabang olahraga bisa dipatok sampai 1,5 M termasuk rangkaian acara pembuka sampai penutupnya. Sementara untuk keuntungannya berkisar antara 15-20 persen. 
 

Event Olahraga 2023 

Sepanjang 2023 ini, dia memaparkan akan ada banyak event olahraga yang digelar. Roro Jonggrang Indonesia Sport sendiri akan menyelenggarakan turnamen futsal berskala nasional bersama Djarum sebagai sponsornya yang digelar di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan juaranya akan dibawa ke Thailand.

Adapun secara keseluruhan, sejumlah perhelatan acara olahraga yang akan diselenggarakan di Indonesia pada 2023 ini. Di antaranya ada Jakarta E-Prix, ajang balapan jet listrik atau Jakarta E-Prix yang kembali digelar di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol pada 3-5 Juni 2023.

Selanjutnya ada Indonesia Open 2023, turnamen bulu tangkis Indonesia Open yang kembali digelar di Jakarta pada 13-18 Juni 2023 dengan total hadiah utama senilai USD 1,250,000.

Lalu ada World Beach Games 2023 dengan perlombaan voli pantai, sepak bola pantai, surfing, dan lainnya. Acara ini diselenggarakan pada 6-12 Agustus 2023 di Pulau Bali. Ini pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah untuk turnamen tersebut, setelah Qatar pada 2019 lalu.

Kemudian ada FIBA World Cup 2023, event pertandingan basket internasional yang akan digelar di tiga negara, yaitu Indonesia, Filipina, dan Jepang. Di Tanah Air, gelaran ini berlangsung pada 25 Agustus-10 September 2023.

Terakhir ada MotoGP Mandalika yang merupakan ajang balapan seri ke-16 dari keseluruhan 21 race yang diselenggarakan. Perhelatan ini akan digelar pada 14-15 Oktober 2023 dan menjadi salah satu sirkuit penentu para pembalap untuk meraih gelar juara.

Baca juga: Pesta Olahraga di Kamboja Rampung, Thailand Bakal Jadi Tuan Rumah SEA Games 2025

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mencicipi Lezatnya Kuliner Prancis dengan Cita Rasa Otentik di Restoran Le Quartier

BERIKUTNYA

Sering Gagal Diet? Begini Tip Konsisten dari Dokter Gizi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: