Closing ceremony SEA Games 2023 Kamboja (Sumber gambar: Instagram.com/seagames2023_cambodia32nd)

Pesta Olahraga di Kamboja Rampung, Thailand Bakal Jadi Tuan Rumah SEA Games 2025

18 May 2023   |   18:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Kamboja resmi menutup pintu setelah menyelesaikan tugasnya sebagai tuan rumah SEA Games 2023. Negeri Angkor Wat ini sudah mewadahi ribuan atlet se-Asia tenggara untuk bertarung memperebutkan emas. Bertempat di Phnom Penh, Ibu Kota Kamboja ini menyelenggarakan pesta olahraga selama kurang lebih dua pekan mulai 5-17 Mei 2023.

Melalui berbagai kontroversi yang ada, akhirnya SEA Games 2023 pun sampai pada ujungnya. Tepat pada Rabu (17/5/2023) waktu malam, Stadion Morodok Techno meriah dengan parade para atlet hingga kembang api yang menghiasi langit kota. Kemeriahan ini menandai upacara penutup SEA Games 2023. Seremoni dilakukan malam hari menghadirkan lampu sorot dan bendera para kontingen negara peserta.

Baca juga: 7 Kontroversi SEA Games 2023, dari Bendera Terbalik hingga Larangan Sapu Bersih Medali

Rombongan Indonesia berada tepat di urutan ketiga setelah skuad Myanmar dan Filipina memulai parade. Parade diikuti dengan tari kreasi dari ratusan penari di tengah lapangan megah Kamboja. Adapun, terlihat kondisi lapangan cukup basah mengingat Kamboja sempat diguyur hujan sejak siang.

Penutup kemeriahan ini berakhir pada pemberian bendera SEA Games dari Kamboja kepada perwakilan Thailand yang ditunjuk sebagai tuan rumah gelaran SEA Games selanjutnya. SEA Games sendiri dilaksanakan dua tahun sekali, yang artinya Thailand akan menyambut ribuan atlet Asia Tenggara pada 2025 mendatang.

Menandai kesiapan sang tuan rumah selanjutnya, bendera Thailand dikibarkan beriringan dengan penampilan tarian khas Thailand di bagian akhir. Bangkok sebagai ibu kota Thailand rencananya akan menyelenggarakan pesta olahraga Asia Tenggara ke-33 ini mulai 9-20 Desember 2025. Selain Bangkok, Chonburi dan Songkhla juga siap menjadi kota tuan rumah SEA Games 2023.

Adapun tiga stadion utama yang akan menjadi tempat para atlet berjuang antara lain Stadion Rajamangala, Stadion Olahraga Nasional Timur, dan Stadion Tinsulanon. Pemilihan Thailand sebagai tuan rumah SEA Games 2023 sudah dipastikan pada 13 Januari 2023 setelah Federasi SEA Games (SEAGF) mengamanatkan Thailand dikukuhkan sebagai tuan rumah. Thailand sendiri akan menjalani agenda SEA Games ke-7 di negeri Gajah Putih tersebut.

Sebagai informasi, Indonesia menyelesaikan perjuangan di SEA games 2023 dengan perolahan 86 medali emas, 81 medali perak, dan 110 medali perunggu. Perolehan ini menempatkan skuad Merah Putih berada di ururtan ke-3. Meraup total 277 medali secara keseluruhan, Indonesia berhasil memecahkan satu harapan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk memperoleh lebih dari 69 medali emas.

Target itu diberikan Presiden Jokowi setelah melihat perolahan melali emas di SEA Games ke-32, di mana skuad Garuda memperoleh total 69 emas dalam perjuangannya di Manila, Filipina pada 2021 lalu. Namun satu mimpi lainnya, keluar dari posisi ke-3 di SEA Games kali ini tampaknya belum bisa diputus.

Pasalnya, Indonesia masih duduk di bawah Vietnam dan Thailand meski sudah meraih medali emas lebih dari target. Adapun Vietnam sendiri mengumpulkan total 253 poin dengan 136 emas, sementara Thailand duduk sebagai juara kedua dengan 309 total medali dan 107 di antara medali emas.  

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Chris Martin Menderita Tinnitus Sejak Remaja, Kenali Gejala & Penyebabnya

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Amplifier Terbaik 2023, Cocok untuk Gitaris Pemula & Profesional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: