Sunscreen digunakan di bagian tubuh yang terpapar sinar matahari langsung (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Karolina Grabowska)

Cuaca Panas Ekstrem Masih Mengintai, Begini Cara Melindungi Kulit yang Tepat Buat Cowok

21 May 2023   |   16:23 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tabir surya atau sunscreen menjadi bagian penting bagi banyak orang pada saat ini lantaran dapat melindungi dari dampak buruk sinar ultraviolet (UV) bagi kulit. Tidak hanya wanita, pria juga perlu menggunakannya terutama di tengah ancaman cuaca panas ekstrem yang masih mengintai saat ini. 

Dirangkum dari berbagai sumber, tabir surya memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Salah satu di antaranya adalah melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet A dan B yang terkandung dalam sinar matahari. 

Dengan menggunakan tabir surya, sejumlah dampak negatif seperti kulit kering dan menjadi gelap dapat diminimalisir dengan kandungannya yang melembapkan. Saat level indeks ultraviolet ekstrem, kulit seseorang bahkan bisa menyebabkan luka bakar yang serius. 

Baca juga: 4 Ide Desain Kamar Tidur Cowok Minimalis dan Cozy

Tidak hanya itu, sinar UV juga dapat menjadi penyebab kemunculan tanda-tanda penuaan terhadap kulit seseorang. Kondisi ini dapat terjadi lantaran sinar UV dapat merusak kolagen dan serat elastin yang terdapat pada kulit. 

Dalam laman Kementerian Kesehatan, kolagen memiliki sejumlah peranan penting seperti regenerasi kulit, menjaga elastisitas, dan memastikan kulit tetap terhidrasi. Secara alami, tubuh akan memproduksi kolagen untuk mempertahankan kondisi kulit. 

Paparan sinar matahari menjadi salah satu faktor yang membuat kolagen terancam turun, selain pertambahan usia, kebiasaan merokok, kurang istirahat, dan sebagainya. 

Sinar matahari dapat merusak serat elastin dan memecah kolagen yang terletak pada lapisan kulit paling dalam atau dermis. Kerusakan keduanya sebagai jaringan penopang dapat membuat kulit kehilangan kelenturan, sehingga kulit akan terlihat kendur dan keriput sebelum waktunya. 

Nah, agar terhindar dari dampak buruk sinar ultraviolet, berikut cara menggunakan tabir surya bagi para pria dirangkum dari berbagai sumber.

1. Perhatikan Indeks UV
Untuk mengetahui seberapa tinggi level ultraviolet yang sampai di bumi dan akan mengenai kulit, kalian bisa melihat indeks sinar UV yang ada di daerah tempat kalian beraktivitas. 

Indeks sinar UV beragam dan yang paling tinggi adalah tingkat bahaya sangat ekstrem. Dengan mengetahui indeks, kalian bisa menyesuaikan tabir surya yang akan digunakan dengan mengukur juga berapa lama akan terpapar sinar UV.

2. Pilih SPF Tepat 
SPF merupakan singkatan dari sun protection factor yang pada umumnya diikuti dengan angka atau kode tertentu. Angka ini merupakan ukuran berapa lama tabir surya dapat melindungi kulit. 

Angka SPF yang kian besar berarti memberikan perlindungan yang cukup lama ketika digunakan. Para pria yang kerap beraktivitas di luar ruangan sebaiknya menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi.

3. Kocok Sunscreen
Setelah mengetahui indeks UV dan memilih tingkat SPF yang tepat, langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan tabir surya tersebut. Sebelum menggunakannya, jangan lupa untuk mengocok sunscreen.

Langkah ini memiliki tujuan agar seluruh kandungan yang terdapat di dalamnya bisa tercampur dengan merata. Genhype berpotensi tidak memperoleh perlindungan merata ketika bahan yang terkandung tidak tercampur merata. 

4. Takaran
Setelah mengocok sunscreen yang akan digunakan, pastikan jumlah sunscreen yang akan diaplikasikan mencukupi. Beberapa sumber menyebutkan takarannya adalah setara satu sendok teh atau 2 mg/ cm2. 

Takaran yang tidak mencukupi dapat membuat perlindungan terhadap kulit tidak maksimal dan berpotensi membuat dampak buruk sinar UV dapat diterima kulit. 

5. Gunakan Sebelum Keluar Ruangan
Tabir surya perlu digunakan oleh individu untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang terdapat di dalam sinar matahari. Jadi, Genhype perlu menggunakannya ketika masih berada di dalam ruangan dan belum terpapar sinar matahari. 

Beberapa sumber menyebutkan sunscreen baik digunakan oleh individu 15 – 30 menit sebelum keluar rumah. Tujuannya adalah agar tabir surya dapat terserap oleh kulit dan membentuk lapisan pelindung. 

6. Aplikasikan pada Bagian Terbuka
Berbagai cara bisa dilakukan orang untuk melindungi kulit agar tidak terpapar langsung sinar UV seperti menggunakan jaket, topi, dan sebagainya. Meskipun begitu, beberapa bagian kulit akan sulit ditutupi sehingga perlu tabir surya. 

Dengan begitu, Genhype perlu menggunakan tabir surya utamanya di bagian-bagian terbuka yang berpotensi terpapar sinar matahari langsung, seperti di leher, wajah, telinga, lengan, punggung atas, dan sebagainya. 

7. Gunakan Setiap 2 Jam
Pada umumnya, cowok lebih banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama dan terus terpapat sinar UV. Kondisi itu dapat membuat Genhype perlu menggunakan tabir surya setiap 2 jam sekali. 

Baca juga: 7 Outfit Cowok Korea ala Jake ENHYPEN, Yuk Simak!

Dengan begitu, kulit akan dapat tetap terlindungi dari paparan sinar matahari langsung dan mengurangi dampak negatif yang kerap ditimbulkannya. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Inggris Siap Membiru, Man City Segel Juara Premier League Tiga Musim Beruntun

BERIKUTNYA

Cek Sinopsis Film Kutukan Sembilan Setan yang Tayang di Bioskop 8 Juni 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: