Cuplikan film Laskar Pelangi (Sumber gambar: Disney+ Hotstar)

5 Film yang Cocok Ditonton saat Hari Kebangkitan Nasional

20 May 2023   |   07:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati pada tanggal 20 Mei setiap tahunnya. Harkitnas menjadi pengingat dimana bangsa Indonesia pada 1908 mulai membangkitkan semangat perjuangan untuk meraih kemerdekaan.

Peringatan ini ditandai dengan lahirnya organisasi pelajar yang bergerak di bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan bernama Boedi Utomo. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati Harkitnas salah satunya dengan menonton film-film bertema patriotik tentang pahlawan pergerakan nasional ataupun kisah perjuangan menggapai cita-cita.

Baca juga: Diperingati Tiap 20 Mei, Simak Tema & Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 2023 

Berikut ini adalah 5 film yang bisa kalian tonton untuk memperingati Harkitnas.


1. Susi Susanti: Love All

 

Disutradarai Sim F, Susi Susanti: Love All adalah film biopik yang diangkat dari kisah pebulu tangkis legendaris Indonesia Susi Susanti yang diperankan oleh Laura Basuki. Susi Susanti menjadi sensasi bulutangkis pada usia 14 tahun dan berkembang menjadi atlet hebat di Indonesia.

Melalui bimbingan pelatihnya, Liang Chiu Sia, dan didorong oleh janji suci pada ayahnya, Susi mendapat pengakuan dunia dengan meraih medali emas Olimpiade pertama untuk Indonesia. Ketika Indonesia terjungkal dalam gejolak ekonomi, Susi membuktikan pada dunia bahwa kepahlawanan tidak diukur dari tingginya prestasi, tetapi dari besarnya pengorbanan untuk tanah airnya.Tekad dan cinta Susi kepada Tuhan, keluarga, dan pasangan hidupnya pun berhasil mengukir sejarah olahraga Indonesia.


2. Sokola Rimba

 

Film ini berkisah tentang Butet Manurung (diperankan oleh Prisia Nasution) yang mengajar baca tulis dan menghitung kepada anak – anak  masyarakat suku anak dalam. Mereka dikenal sebagai Orang Rimba yang tinggal di hulu sungai Makekal di hutan bukit Duabelas. Namun, usahanya sia-sia ketika dia dituduh menyebabkan tewasnya salah satu warga.


3. Laskar Pelangi

 

Diangkat dari novel best seller karya Andrea Hirata dengan judul yang sama, Laskar Pelangi berkisah tentang kehidupan 10 murid sekolah SD Muhammadiyah Gantung, yang berusaha untuk mewujudkan mimpi mereka terlepas dari beragam rintangan yang mereka harus hadapi. Film yang sangat menyentuh hati ini disutradarai oleh Riri Riza dan diproduksi oleh Miles Films.


4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

 

Film drama biografi ini membawa kisah Tjokroaminoto (diperankan oleh Reza Rahadian), seorang keturunan bangsawan yang meninggalkan kehidupan mewahnya saat menyaksikan ketidakadilan yang dialami masyarakat Indonesia pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Dia pun memutuskan untuk berjuang bersama rakyat demi melawan penjajah.


5. Cahaya dari Timur: Beta Maluku

 

Film peraih penghargaan Festival Film Indonesia dalam kategori Film Terbaik pada tahun 2014 ini menceritakan perjuangan Sani Tawainella (diperankan oleh Chicco Jerikho), mantan pemain sepak bola yang beralih profesi menjadi tukang ojek.

Sani bertugas melatih anak-anak bermain bola agar dapat menjadi pemain profesional di tengah konflik yang sedang melanda Ambon. Saat konflik mereda, Sani mendapat kesempatan untuk membawa timnya ke Jakarta. Namun, dia kembali dihadapkan dengan perbedaan yang menjadi pemicu konflik.

Baca juga: Ini 5 Rekomendasi Film Saat Rayakan HUT RI yang Bikin Genhype Lebih Nasionalis

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Profil Jaja Miharja, Seniman Serba Bisa Pencipta "Cinta Sabun Mandi"

BERIKUTNYA

Titi Radjo Padmaja Merilis Single Rindu, Karya yang Ditulis buat Sang Buah Hati

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: