Titi Radjo Padmaja (Sumber gambar: Titi Radjo Padmaja Music)

Titi Radjo Padmaja Merilis Single Rindu, Karya yang Ditulis buat Sang Buah Hati

20 May 2023   |   07:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah sempat rehat di industri musik, Titi Radjo Padmaja kini semakin produktif dalam menciptakan karya. Drummer sekaligus komposer musik itu baru saja merilis single anyarnya bertajuk Rindu. Tembang ini merupakan karya ketiganya yang dirilis setelah single Leave and Goodbye pada 2021 dan Flow pada 2022.

Single Rindu diciptakan oleh Titi berangkat dari kisah sang anak yang bernama Miyake yang sedang melanjutkan sekolah di negeri orang. Hari demi hari dia jalani dan saat itu pula menjadi kali pertama Miyake familiar dengan hebatnya rasa rindu yang dia miliki terhadap keluarga, utamanya sang Ibu. 

Baca juga: Penyanyi Meiska Adinda Merilis Single Anyar bertajuk Tak Berbentuk Lagi

Kerinduan yang dia miliki pula pada akhirnya menghasilkan sebuah lirik lagu sebagai ungkapan rasa rindunya. Sontak membuat Titi Radjo Padmaja turut merasakan ikatan emosional, tidak hanya terhadap perasaan sang buah hati, tetapi juga terhadap karya yang dia berikan.

Berangkat dari pengalaman pribadi sang buah hati yang tengah merasakan kerinduan hebat, Titi pun akhirnya meneruskan inspirasi karya tersebut hingga single Rindu terlahir. Rindu menjadi ungkapan dari hebatnya rasa rindu terhadap keluarga dan seisi rumah yang Miyake miliki.

“Lagu ini cerita tentang bagaimana aku melepaskan anakku yang mau melanjutkan sekolahnya jauh di negeri orang. Dan lagu ini jadi ungkapan rindunya Miyake, anakku, sama rumahnya, keluarganya. Melalui lagu ini, dia ingin menggambarkan bahwa ada perasaan rindu yang rasanya bisa seberat itu," kata Titi.
 

Artwork single Rindu (Sumber gambar: Titi Radjo Padmaja Music)

Artwork single Rindu (Sumber gambar: Titi Radjo Padmaja Music)

Dalam proses penggarapan single Rindu, peran Titi tidak hanya sebagai pelantun lagu, tetapi cia juga memainkan bertindak sebagai produser, penulis lirik, serta perancang musik (arranger) sekaligus dalam single teranyarnya kali ini.

Baginya, karya ini memiliki kedekatan secara emosional yang tidak hanya untuk dirinya pribadi, tetapi juga Miyake. Titi mengaku dengan adanya kedekatan secara emosional pada lagunya kali ini, membuat proses kreatifnya berjalan sesuai dengan warna yang dia inginkan tanpa banyak upaya.

“Selama proses pembuatan single ini, ada rasa emosional dan dramatis yang aku bisa didapat secara organik. Rasanya aku seperti sedang menyampaikan cerita tentang Miyake ke dalam lagu ini," kata musisi berusia 41 tahun itu.

Single ini juga menjadi karya pertama Titi yang liriknya menggunakan bahasa Indonesia, sehingga menurutnya ini akan mempengaruhi rasa dan emosi yang melekat di telinga pendengar. Selain pemilihan bahasa Indonesia dalam lirik, adanya dialog antara Titi dengan sang buah hati dalam lirik juga menjadi sorotan warna baru dalam penulisan lirik karyanya kali ini.

Meski memiliki latar cerita tentang kerinduan antara ibu-anak, namun penulisan lirik dalam  single Rindu memiliki makna yang holistik, yang dapat dirasakan di berbagai aspek kehidupan. Seperti pada liriknya, tertuang adanya kerinduan hebat yang nyatanya tidak semudah itu untuk dijalani.

"Dengan dirilisnya single Rindu, besar harapan karya ini mampu menjadi penawar di tengah kerinduan yang tengah diarungi hati setiap pendengar, juga dapat diterima dengan hati yang melapang," kata Titi.
 

Titi Radjo Padmaja adalah seorang drummer, komposer, film scorer, dan aktris, kelahiran Jakarta, 10 Februari 1981. Dia menghabiskan masa kecilnya di Kota Maninjau, Sumatera Barat, lalu pindah ke Jakarta sejak SMA.

Titi memulai les drum pertamanya di Farabi Music School pada 1999 selama dua tahun. Pada 2003, dia melanjutkan studi musiknya di Institut Musik Daya Indonesia, sebuah kampus musik yang didirikan oleh Deviana Daudsjah.

Lulus dari sekolah tersebut pada 2006, Titi mendapatkan gelar  sarjana musiknya dengan drum sebagai instrumen major dan piano sebagai instrumen minor. Sejak saat itu, dia konsisten membuat dan mengeksplorasi passion-nya sebagai seorang seniman musik.

Baca juga: Kisah Pasang Surut Hubungan Gabe Watkins dalam Single choose u everytime

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Film yang Cocok Ditonton saat Hari Kebangkitan Nasional

BERIKUTNYA

Tayang 25 Mei di Prime Video, Ini 5 Alasan Serial A+ Menarik Ditonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: