Ilustrasi mengukur berat badan saat proses diet (Sumber gambar: Unsplash/I Yunmai )

Metode Diet untuk Mencapai Body Goals ala Awkarin

20 May 2023   |   15:00 WIB

Pada umumnya kelebihan berat badan terjadi karena banyaknya kalori yang ada di dalam tubuh dan yang dikeluarkan oleh tubuh tidak seimbang dengan apa yang masuk. kalori yang menumpuk akan berubah menjadi lemak, dan akhirnya membuat perut buncit dan paha serta pergelangan tangan bertambah besar.

Bagi sebagian orang, mungkin penampilan bukan segalanya, tetapi segalanya berawal dari penampilan. Selain bagus untuk kesehatan dan juga lebih mudah untuk mix and match baju untuk dipakai, mempunyai badan yang bagus dan langsing bisa membuat kita lebih percaya diri. 

Mendapatkan badan yang bagus dan langsing bisa dengan cara berolahraga dan diet, kedua hal tersebut sangatlah penting untuk menjaga kestabilan berat badan dan kesehatan secara menyeluruh. Nah, bagi kalian yang ingin berencana diet untuk mencapai body goals, berikut beberapa cara ala Awkarin yang bisa dipertimbangkan. 

Baca juga: 3 Resep Diet Enak dan Hemat Anti Ngebosenin!


1. Alternate-Day Fasting

Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah berpuasa selang seling. Jadi jika hari ini puasa dengan tidak mengonsumsi kalori sama sekali, besoknya bisa makan dengan normal. Hal ini dilakukan secara konsisten sampai mendapatkan body goals. Menurut Awkarin diet ini sedikit agak ekstrem, tetapi ada studi yang menyatakan kalau ini akan berhasil menurunkan berat badan dan tekanan darah. 
 

2. Time Restricted Eating

Cara lain yang bisa diterapkan adalah time restricted eating atau yang disebut dengan intermittent fasting. Metode makan dengan rentang waktu tertentu kurang lebih 10-12 jam, setelah itu puasa kalori. Menurut Awkarin cara ini lebih konsisten untuk menjaga kalori, penelitian menunjukkan kalau diet ini juga bisa meningkatkan kesehatan metabolism tubuh dan mengurangi inflamasi.


3. The Vertical Diet

Diet ini berfokus untuk nutrisi dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Maksudnya, untuk mengonsumsi makanan yang gampang dicerna yang banyak nutrisi di dalamnya. Seperti diet pada umumnya, olahraga juga sangat penting, dan metode diet ini cukup bergantung terhadap olahraga karena memang banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin membentuk otot. 
 

4. The Satiating Diet

Cara diet ini cukup sulit dilakuan meski konsumsi makanan dilakukan 3 kali sehari seperti pada umumnya. Namun, jumlahnya harus dikontrol dan tidak lebih dari 500 kalori serta penganannya harus kaya serat dan protein. Tujuan diet ini adalah agar tubuh merasa puas dengan makan-makanan yang rendah kalori. 
 

5. The Pegan Diet

Metode ini merupakan gabungan dari diet palem dan diet vegan. Sesuai dengan namanya, diet ini berfokus dengan makanan yang lebih fresh dan sangat membatasi processed foods, bahkan dairy dan gluten. Jadi, makanan dan minuman seperti susu hingga roti sangat dihindari dalam diet ini.

Baca juga: 5 Biang Keladi yang Bikin Diet Tinggi Protein Gagal Total

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Donnie Yen Umumkan Kelanjutan Kisah Ip Man di Film Kelima

BERIKUTNYA

ReVeLuv Merapat! Catat Syarat Nonton, Jadwal, Hingga Setlist Konser Red Velvet di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: