Sony ZV-E1 (Sumber foto: Sony)

Sony Perkenalkan ZV-E1, Kamera Vlog Full Frame Berbodi Ringan

19 May 2023   |   14:49 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Sony memperkenalkan ZV-E1 sebagai lini terbaru kamera mereka. Kamera dengan sensor gambar full-frame 35mm berperforma tinggi ini sangat cocok digunakan untuk pembuatan vlog. Di samping itu, kamera ini juga memiliki bobot yang ringan sehingga sangat mendukung mobilitas para vlogger.

President Director PT Sony Indonesia Koji Sekiguchi mengatakan ZV-E1 merupakan kamera yang didesain untuk memberikan pengalaman pembuatan konten terbaik bagi para vlogger dan kreator konten kelas atas. Kualitas gambar yang dihasilkan juga akan membuat hasil video produksinya naik kelas.

Baca juga: Minat Jadi Vlogger? Cek 6 Kamera 360 Derajat Ini!

“Kamera ini adalah kamera yang luar biasa bagi para kreator yang menginginkan kamera vlog pembuatan konten terbaik. Apalagi sudah ada dukungan teknologi AI untuk menghasilkan konten terbaik,” ucap Koji dalam keterangan persnya.

ZV-E1 menawarkan gambar yang ekspresif yang menekankan pada subjek. Sensor CMOS Exmor R back illuminated full-frame 35mm mampu menghasilkan gambar dengan sensitivitas tinggi, noise rendah, dan bokeh yang indah.

Kamera ini sudah mampu merekam video 4K (QFHD) berkualitas tinggi dan dapat direkam dengan pembacaan full-frame pada 10-bit 4:2:2 tanpa memerlukan 40 pixel binning. Pengguna juga dapat merekam 4K 60p dan dapat meningkatkannya hingga 4K 120p melalui Creators Cloud dan akan mendapatkan gambar slow motion 5 kali yang sangat mulus.

ZV-E1 juga dapat menciptakan konten video yang menonjol aspek sinematis secara lebih dramatis.Cukup dengan memilih Look dan Mood yang sesuai, siapa pun dapat membuat rekaman vlog sinematik sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Fitur Cinematic Vlog Setting mencakup gambar dengan tampilan mid-tone natural, ditambah warna-warna lembut dan sorotan halus yang sangat penting untuk tampilan sinematik.

Namun, jika menginginkan tampilan yang benar-benar sinematik, ZV-E1 memiliki fitur S-Cinetone. Fitur tersebut akan membantu pengguna menghasilkan mid-tone natural yang penting untuk warna kulit yang tampak sehat agar dapat menghasilkan kualitas sinematik.
 

Sony ZV-E1 (Sumber gambar: Sony Indonesia)

Sony ZV-E1 (Sumber gambar: Sony Indonesia)


ZV-E1 juga sudah dilengkapi dengan mikrofon 3 kapsul berperforma tinggi yang membuat kamera ini mampu menangkap audio jernih meski sedang berada di luar ruangan dan bising angin. Dilengkapi dengan windscreen, secara signifikan audio akan mengurangi kebisingan angin ketika cuaca sedang kurang baik.

Kamera ini juga memiliki Multi Interface (MI) shoe dengan interface audio digital dan jack mikrofon serta headphone yang menawarkan kemampuan audio yang diperluas.

Dengan kualitas gambar dan audio yang mumpuni, ZV-E1 memang cocok digunakan untuk vlogging. ZV-E1 bahkan dapat dioperasikan dengan satu tangan jika menggunakan Shooting Grip dengan Wireless Remote Commander (GP-VPT2BT) 49 .

Untuk memantau hasil perekaman, kamera ini memiliki layar LCD yang bisa dilihat dari berbagai angle dengan cara dibuka ke samping untuk memudahkan pemantauan dan fungsi sentuh saat merekam, serta layout kendali dan pegangan yang dioptimalkan untuk vlogging.

Baca juga: Keunggulan Sony DSC-HX99 RNV, Kamera Proyeksi Retina Khusus Gangguan Penglihatan

Di sisi lain, Sony juga mengeklaim ZV-E1 adalah kamera vlog paling ringkas dan ringan di dunia, terutama untuk kelas yang memiliki sensor CMOS full-frame dan lensa yang dapat digantipganti. Dengan beban yang ringan, para vlogger dapat berekspresi secara kreatif. Kamera ini juga memiliki desain tahan terhadap debu dan kelembapan.

Sony juga telah membenamkan artificial intelligence di dalam kamera ini yang membuat fungsinya akan lebih maksimal. Unit pemrosesan AI tersebut bahkan dapat membedakan antara beberapa subjek yang memiliki postur tubuh yang berbeda dan pengenalan wajah individu yang lebih baik.

ZV-E1 juga memiliki Real-time Tracking berbasis AI yang dapat diaktifkan untuk menentukan subjek dan menekan separuh tombol shutter. Dengan cara ini, kamera akan secara otomatis melacak subjek dan membuat pengguna memfokuskan diri pada komposisi, alih-alih subjek.

Kamera ini juga mempunyai teknologi framing stabilizer yang secara otomatis menjaga posisi subjek dalam frame tetap konstan. Sony ZV-E1 baru akan tersedia di Indonesia pada Juni 2023 dengan harga Rp34.999.000. Namun, periode pre-order sudah dibuka sejak 12 Mei - 4 Juni 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Fitur Baru di iOS 16.5, Tab Olahraga Apple News sampai Tap to Pay

BERIKUTNYA

7 Rekomendasi Hotel Dekat dengan GBK, Cocok Buat Akomodasi Nonton Konser Coldplay

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: