Ilustrasi Ricoh X (Sumber gambar: Ricoh)

Minat Jadi Vlogger? Cek 6 Kamera 360 Derajat Ini!

27 December 2022   |   19:00 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Kamera 360 saat ini memang masih kalah pamor ketimbang kamera aksi seperti G-Pro yang lebih dulu diperkenalkan di dunia fotografi. Bagi yang belum mengetahui, kamera 360 derajat merupakan kamera yang dipergunakan untuk mengabadikan gambar atau video dengan sudut pandang 360 derajat.

Artinya, semua sisi bisa terekam langsung dalam satu alat. Hasilnya, bisa kalian upload ke YouTube atau media sosial lainnya yang sudah kompatibel dengan teknologi 360.

Nah, berikut beberapa rekomendasi bagi Genhype yang berminat memiliki kamera 360 yang bagus tetapi tidak membuat kalian menguras kantong terlalu dalam.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kamera yang Cocok untuk Vlogging


1. RICOH THETA Z1

 

Ricoh Theta Z1 adalah salah satu kamera spherical terbaik dari Ricoh, kamera ini memiliki kualitas still image terbaik dalam kamera 360 derajat, dan kualitas build yang luar biasa. Dengan sensor CMOS 1,0 inci dan dukungan sensor and RAW shooting support, THETA Z1 memenuhi kebutuhan kreatif para pekerja profesional dan penggemar foto.
 

2. Samsung Gear 360

Produk yang diperkenalkan pada ajang pameran Mobile World Congress di Barcelona beberapa tahun lalu ini masih menjadi salah satu kamera 360 yang diperhitungkan. Kamera ini tahan terhadap air, debu, dan guncangan layaknya action camera.

Mulai dari menangkap momen sederhana hingga merekam lanskap dan keindahan panorama secara menyeluruh, semua bisa dilakukan dengan Gear 360.
 

3. Geonaute 360

Geonaute 360 camera diproduksi oleh perusahaan produsen action camera asal Prancis. Kamera ini mampu merekam sebuah video 360 derajat dengan resolusi 2k video (2048 x 1024), berkat konfigurasi tiga buah lensa 8 megapixel yang presisi sehingga menghasilkan gambar spherical tanpa blind spot sedikit pun. Geonaute 360  juga memiliki baterai Li-ion yang dapat diisi ulang menyediakan waktu pengoperasian hingga 2 jam.
 

4. GoPro 360 MAX

Bayangkan 3 kamera menjadi satu. GoPro 360 MAX merupakan kamera mungil yang merekam video dan foto 360 derajat, dapat dilihat di smartphone atau VR. Kalian juga bisa menghasilkan video dan foto Hero-Style (yaitu non- 360 derajat), dan aktivitas vlogging. Dengan standar Go Pro, varian ini cukup murah mengingat ini adalah GoPro terkecil saat ini.

GoPro 360 MAX  memiliki lensa fish eye, yang artinya berbentuk gelembung. Untungnya, tidak seperti kebanyakan GoPro lainnya, perangkat ini hadir dengan penutup lensa dan tas pelindung.
 

5. Insta360 X3

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Insta360 (@insta360)


Perangkat satu ini termasuk kamera 360 yang cukup viral. Selama bertahun, tahun, Insta360 telah sukses menggabungkan dunia video 360 dengan kamera aksi. X3 mempertahankan spesifikasi video yang sama ditemukan di X2, merekam kualitas video 5,7 K pada 30 frame per detik dalam mode 360.

Insta360 X3 bukan hanya untuk video, kamera ini juga dapat memotret spherical still image pada 72 megapiksel yang sangat detail.
Layarnya jauh lebih besar (2,29  inci) dan lebih cerah di X3, membuatnya mudah digunakan bahkan di bawah sinar matahari langsung. Pintu baterai dan penutup slot SD juga rapat sehingga membantu Insta360 X3 tetap kedap air hingga kedalaman 33 kaki (10 meter).
 

6. Brica B-Steady GO

Produk terbaru dari Brica ini bisa menjadi asisten videographer kalian. B-Steady GO memiliki holder 2 aksis yang berukuran kecil dan berbobot ringan dan ditujukan untuk para pengguna yang mobile dan praktis. Selain itu, penggunaannya pun sangat mudah, tanpa perlu aplikasi apapun, kalian bisa membuat vlog maupun video TikTok.

B-Steady GO memiliki fitur utama auto tracking yang intelligent dan dapat dengan lancar mengikuti aktivitas kalian sambil bergerak. Layaknya kamera 360 lain, B-Steady GO berputar panning 360°, serta bisa tilting ke atas dan ke bawah sebanyak 15°. Kalian juga bisa menyematkan B-Steady GO ke kamera dan action camera dengan berat maksimal 400 gram. Dijamin hasil konten video kalian lebih keren!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ini Tanggapan Pakar Marketing  Soal Bisnis Mixue yang Makin Menjamur

BERIKUTNYA

Babak kualifikasi grup Piala AFF, Thailand Akan Menjadi Lawan Berat Bagi Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: