Ilustrasi kelelahan traveling (Sumber foto: Unsplash/Bruno Aguirre)

8 Cara Mencegah Kelelahan Berlebih saat Traveling

16 May 2023   |   21:30 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Pelesiran atau traveling itu menyenangkan, sekaligus juga melelahkan. Tentu kita tidak menginginkan hal tersebut. Sebab bagaimanapun kita sudah mengorbankan waktu, materi, dan tenaga untuk kegiatan ini, sehingga jangan sampai ‘ritual’ ini dikacaukan oleh kelelahan. 

Sebenarnya enggak heran sih, ketika traveling banyak orang yang merasa kelelahan. Hal ini dipicu oleh berbagai faktor, seperti duduk berjam-jam di pesawat atau di mobil, jet lag, dan sibuk mempersiapkan berbagai keperluan untuk perjalanan. Namun, kita bisa kok mengantisipasi persoalan ini. 

Nah, jika kalian ingin menghindari kelelahan yang berlebihan saat bepergian, berikut beberapa tips yang bisa diikuti. 

Baca juga: Tren Slow Travel, Cek Definisi & Manfaatnya Yuk!


1. Rencanakan Perjalanan

Terbayang kan, betapa ruwetnya ketika kita memutuskan traveling secara mendadak. Pusing pesan tiket transportasi. Puyeng booking hotel. Bingung apa yang harus dibawa. Untuk itulah, penting bagi kalian untuk merencanakan perjalanan ini dengan matang. 

Semakin terorganisir, semakin sedikit stres yang kalian rasakan. Cara ini dapat membantu mencegah kelelahan. Pesan penerbangan dan akomodasi kalian sebelumnya. Kemudian, buat daftar hal-hal yang ingin kalian lakukan dan lihat. Hal ini akan membantu kalian untuk tetap di jalur dan menghindari kewalahan.


2. Tidur Malam yang Nyenyak

Tidur ini sebetulnya masih terkait dengan perencanaan kalian. Apabila kalian sudah menyiapkan perencanaan dengan baik jauh-jauh hari, maka jelang hari H tinggal santainya. Dengan begitu, kalian bisa persiapkan waktu untuk tidur dengan cukup sebelum memulai perjalanan. Terutama bila kalian traveling menggunakan kendaraan pribadi, maka perlu menjaga stamina. Jika bisa, cobalah untuk tidur selama 8 jam penuh. 


3. Tetap Terhidrasi 

Sangat penting untuk tetap terhidrasi, terutama saat kalian bepergian. Minum banyak air sepanjang hari, dan hindari alkohol dan kafein, yang dapat membuat kalian dehidrasi. Kalian perlu tahu dehidrasi adalah situasi ketika tubuh mendapatkan pasokan cairan lebih sedikit, ketimbang cairan yang keluar. Alhasil, ketika dehidrasi tubuh pun tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Dengan demikian, kalian pun mudah kelelahan. 


4. Konsumsi Makanan Sehat

Jika mau traveling mending jangan sembarangan makan deh. Salah makan, kalian bisa mengalami berbagai gangguan pencernaan. Bahkan, tak menutup kemungkinan jatuh sakit. Untuk itu, makanlah makanan sehat yang dapat memberi energi bagi tubuh kalian. Kemas camilan sehat untuk dimakan saat bepergian, dan hindari makanan olahan dan minuman manis.


5. Berolahragalah

Sudah bukan rahasia lagi, olahraga itu memiliki banyak manfaat. Termasuk menghindari kalian dari kelelahan saat traveling. Olahraga dapat membantu memompa energi dan stamina kalian. Oleh sebab itu, jika memungkinkan, berolahragalah sebelum kalian bepergian, dan cobalah melakukan beberapa aktivitas fisik selama perjalanan.


6. Istirahat

Tahan keinginan kalian untuk menggeber stamina, dengan mengunjungi berbagai tempat dalam sehari. Hal ini bisa memicu tubuh kalian drop. Kalian bisa menunda hal tersebut keesokan harinya. Terpenting, beristirahatlah untuk memulihkan tenaga. Jika kalian merasa lelah, tidur siang atau berjalan-jalan. 


7. Dengarkan Tubuh Kalian

Ada anggapan bahwa tubuh adalah alarm terbaik bagi kita. Bila kita sudah merasa lelah, hal itu artinya sinyal bagi kita untuk menepi. Beristirahatlah sejenak. Lebih baik melewatkan sesuatu daripada akhirnya merasa lelah. Rugi kan, ketika traveling kalian berujung pada kelelahan.


8. Sesuaikan Zona Waktu

Jika kalian bepergian ke zona waktu yang berbeda, coba sesuaikan jadwal tidur kalian sesegera mungkin. Cara ini akan membantu mengurangi jet lag dan membuatnya lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Mulai sekarang, cek zona waktu tempat yang akan kalian datangi. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Culture Shock saat Traveling, Jangan Takut saat Berada di Tempat Asing

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

3 Alasan Drakor Doctor Cha Wajib Ditonton

BERIKUTNYA

Rayakan Usia 30 Tahun, IU Donasi Ratusan Juta Won & Bagi-Bagi Minuman Gratis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: