IU, solois asal Korea Selatan. (Sumber gambar : Twitter IU Official)

Rayakan Usia 30 Tahun, IU Donasi Ratusan Juta Won & Bagi-Bagi Minuman Gratis

16 May 2023   |   20:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Lee Ji-eun, atau yang dikenal dengan nama panggung IU punya cara menarik untuk merayakan hari lahirnya. Genap berusia 30 tahun hari ini, Selasa (16/6/2023), pelantun lagu Good Day itu mendonasikan uang senilai 250 juta won atau setara Rp2,8 miliar untuk sejumlah yayasan. 

Dalam laman Twitternya, IU mengunggah foto empat sertifikat dari yayasan The Happiness Foundation, Heart to Heart Foundation, Korean Unwed Mothers Families Association (KUMFA), dan Korean Foundation for Support of the Senior Citizen in need (KFSSC). Donasi tersebut mengatasnamakan IUAENA, yang merupakan gabungan nama IU dan klub penggemarnya, UAENA.

“Hal-hal yang saya pelajari dari UAENA, hal-hal yang saya rasakan melalui UAENA, dan hal-hal yang saya terima dari UAENA akan selalu menjadi materi yang membuat IU bergerak dan mempraktikkan [kebaikan]. Aku mencintaimu. Terima kasih banyak untuk hari ini,” tulis IU dalam keterangannya di Twitter, Selasa (16/5/2023). 

Baca juga: Fakta-Fakta Menarik Film Dream, yang Dibintangi IU & Park Seo-joon
 

IU memang dikenal dekat dengan penggemarnya. Bahkan beberapa waktu lalu viral di media sosial, dia mengingat wajah hingga nama fannya asal Jepang yang mendukung kariernya cukup lama. 

Oleh karena itu, selain berdonasi, IU juga membagikan minuman gratis dan penawaran khusus kepada penggemarnya melalui kafe di tiga tempat yang terletak di Busan dan Seoul. “Minuman gratis dan hak istimewa berdasarkan siapa cepat dia dapat terjual habis lebih awal,”tulis IU dalam Twitternya.

Selain itu, musisi multitalenta ini terbilang cukup sering melakukan donasi. Untuk merayakan ulang tahun debutnya pada 18 September 2023, IU menyumbangkan total 200 juta won dengan nama IUAENA. Dia memberikan 100 juta won kepada Yayasan Asan dan 100 juta won kepada Asosiasi Kesejahteraan Anak Metropolitan Seoul.

Pada Desember 2019, IU pun dinobatkan sebagai salah satu Heroes of Philanthropy Forbes Asia atas komitmennya yang tak tergoyahkan terhadap amal. Sejak tahun pertama debutnya, dia menyumbangkan lebih dari 1,5 miliar won untuk  yayasan di Korea dan internasional. 

Ketika Covid-19 menyerang dunia, termasuk Korea Selatan, IU menyumbangkan total 260 juta Won ke 4 organisasi di Negeri Ginseng. Uang itu digunakan untuk masker kepada keluarga berpenghasilan rendah serta pasokan medis ke rumah sakit yang bekerja untuk mencegah penyebaran penyakit.

Pada 5 Mei 2023, untuk menghormati Hari Anak di Korea, IU juga menghadiahkan makan siang berupa pizza dan minuman, serta kue beras yang dia siapkan bersama ibunya kepada para siswa dan guru di Milal. Selain itu, IU juga memberikan donasi sebesar 100 juta won kepada ChildFund Korea, sebuah yayasan yang telah dia berikan donasi tahunan sejak 2015. 
 

Profil Singkat 

Lahir di Seoul, Korea Selatan pada 16 Mei 1993, Lee Ji-eun memulai debutnya pada 18 September 2008. Perjalanan kariernya cukup menantang. IU beberapa kali ikut audisi amun gagal. Bahkan dia sempat ditipu perusahaan hiburan palsu. Pelantun lagu Love Poem ini juga sempat hidup sengsara karena ayahnya bangkrut. 

Dia akhirnya tinggal terpisah dengan orang tuanya yang terlilit utang. IU dititipkan di ruang studio bersama nenek, adik laki-laki, dan sepupunya selama satu setengah tahun dalam kondisi sangat miskin. Sempat mendapat cibiran karena ingin meraih impian sebagai penyanyi, dengan usaha gigih IU akhirnya bisa mewujudkannya melalui LOEN Entertainment. 

Siapa sangka, kini dia dikenal sebagai solois ternama di Korea Selatan dengan lagu-lagu yang digemari banyak orang. Selain itu, dia juga jago berakting.  Lee Ji-eun beberapa kali membintangi drama dan film Korea. Baru-baru ini, dia membintangi film tentang Piala Dunia Tunawisma berjudul Dream. Dia beradu peran degan aktor ternama, Park Seo-joon.

Baca juga: Rolling Stone Rilis 200 Penyanyi Terbaik Sepanjang Masa, Ada Aretha Franklin hingga Solois IU

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

8 Cara Mencegah Kelelahan Berlebih saat Traveling

BERIKUTNYA

Segera Meluncur, Intip Bocoran Spesifikasi & Harga Realme Narzo N53

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: