Ilustrasi orang bermain media sosial (Sumber: Unsplash/Becca Tapert)

Tanda-Tanda Kalian Butuh Detoks Media Sosial & Kiat Menjalaninya

16 May 2023   |   18:00 WIB

Pada era teknologi yang semakin canggih, semua aktivitas dapat dilakukan melalui handphone (HP). Tak ayal, perangkat telekomunikasi itu tidak bisa dilepaskan dari kehidupan banyak orang. Terlebih dengan adanya internet yang memungkinkan kita mengakses banyak hal dari genggaman tangan. 

Tidak hanya membantu untuk pekerjaan dan kebutuhan, internet juga jamak dipakai untuk keperluan media sosial. Fungsi media sosial saat ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia, platform itu dapat membantu banyak aktivitas manusia seperti menjadikan terkenal, mencari informasi, membuka relasi dan masih banyak lagi manfaat kegunaannya. 

Namun seiring berjalannya waktu, kita juga perlu memberikan sedikit jeda kepada media sosial. Pasalnya makin kesini, kita makin kecanduan. Hal tersebut bukannya membawa manfaat malah bisa menyebabkan ragam dampak negatif. 

Kalau kita merasa penggunaan media sosial ini berdampak tidak baik, ada baiknya memberikan space terhadap media sosial yang biasa disebut social media detox.

Baca juga: Biar Tidak Jadi Bumerang, Simak 5 Cara Bijak Menggunakan Media Sosial


Tanda Perlu Detoks Medsos 

Dirangkum dari berbagai sumber, terdapat beberapa tanda Genhype perlu memberi ruang dengan media sosial. Tanda tersebut adalah apabila kalian sudah merasakan hal-hal berikut ini. 

Sudah tidak produktif. Jika produktivitas kita telah terganggu oleh media sosial dan hal tersebut mulai menghambat dalam melakukan pekerjaan, sebaiknya kita harus meninggalkan medsos sejenak.

Mulai merasa stres dengan isi konten media sosial. Jika sudah merasa stres dengan isi konten media sosial yang kadang berisi tentang politik, hukum, ekonomi dan lain-lain, dan hal tersebut membuat kalian penat dan jenuh, lebih baik istirahat dahulu dari media sosial.

Mulai membandingkan diri dengan orang lain. Media sosial banyak memperlihatkan unggahan dari bentuk realitas yang kita inginkan. Akan tetapi, jika kita sudah mulai membandingkan diri sendiri dengan orang lain, ada baiknya untuk menyudahi aktivitas tersebut sebentar, dan lebih dalam melihat ke diri sendiri. 

Waktu istirahat berkurang. Jika waktu kita untuk beristirahat berkurang karena kecanduan bermain media sosial, sebaiknya berikan waktu untuk bermain media sosial agar kesehatan kita juga terselamatkan. 
 

Cara Detoks Media Sosial 

Nah jika tanda-tanda diatas sudah pernah dirasakan, mari memberikan space diri dengan sosial media. Berikut cara-cara yang bisa diterapkan saat menjalani detoks media sosial. 

Memberikan waktu luang setiap hari untuk tidak bermain media sosial. Dengan kita mengatur waktu untuk tidak bermain media sosial, kita lebih bisa menyerap informasi dan mengurangi kebiasaan yang semrawut di media sosial dengan berita-berita hoaks. 

Memberikan luang waktu setiap hari libur untuk refreshing. Memberikan waktu luang untuk refreshing dan tidak bermain media sosial termasuk salah satu cara yang dapat menenangkan pikiran. 

Tinggalkan dan matikan internet. Meninggalkan dan mematikan internet dapat menjadi satu cara agar kita berhenti sejenak dari media sosial.

Baca juga: 5 Cara Agar Terhindar dari Jeratan Hoaks di Media Sosial

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

SEBELUMNYA

Berikut 5 Tempat Wisata Angker di Bandung

BERIKUTNYA

Mengenal LockBit, Ransomware Berbahaya dengan Serangan Bertarget

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: