Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memanfaatkan media Sosial (Sumber gambar: Unsplash/Domenico Loia)

Biar Tidak Jadi Bumerang, Simak 5 Cara Bijak Menggunakan Media Sosial

19 September 2022   |   13:41 WIB

Media sosial saat ini sudah menjadi satu kebutuhan gaya hidup masyarakat dan jamak digunakan oleh penggunanya untuk melakukan aktivitas sosial secara daring tanpa dibatasi ruang dan waktu. Bahkan orang bisa memanfaatkan tidak hanya satu platform saja, lantaran banyaknya media sosial yang berkembang. 

Media sosial memfasilitasi para penggunanya untuk saling berkomunikasi satu sama lain, bahkan membagikan konten baik berupa tulisan, foto atau video yang tentunya mengasyikan. Ada banyak informasi dan inspirasi yang bisa didapatkan dari mengakses platform tersebut. 

Berbicara tentang medsos ibarat pusau bermata dua. Perangkat lunak ini memiliki dampak positif dan negatifnya tergantung bagaimana ragam individu memanfaatkan teknologi yang ada. Oleh karenanya, dibutuhkan sikap bijak dalam menggunakan media sosial agar tidak jadi bumerang bagi diri sendiri.

Nah, agar saat bermedia sosial tidak menjadi bumerang bagi diri sendiri karena hanya memanfaatkan sisi positifnya saja, berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber 5 cara bijak menggunakan medsos. Simak yuk! 

Baca juga: 5 Cara Terbaik Menjaga Keamanan Siber & Privasi Kalian di Media Sosial  
 

1. Jaga Data Privasi

Data adalah satu hal penting yang harus dijaga keamanannya. Data dalam hal ini bukan hanya nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), password, alamat tempat tinggal atau nomor rekening bank, tetapi juga menyangkut segala aktivitas kalian selama bermedsos.

Genhype tidak mau kan, jika data-data pribadi kalian sampai bocor ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab sehingga mengakibatkan kerugian materil dan non materil. Jadi jangan sembarang membagikan data pada orang yang tidak dikenal ya.
 

2. Jaga Perilaku dan Etika Berkomunikasi

Selain data dan privasi, menjaga perilaku dan etika selama berkomunikasi di media sosial juga pentig dilakukan loh Genhype. Pasalnya saat ini sudah ada Undang-Undang Internet dan Transaksi Elektronik (ITE) yang dapat menjerat kalian dari sisi hukum jika tidak bijak dalam bermedsos. 
 

3. Waspada & Jangan Mudah Tergiur

Sikap waspada dan hati-hati dalam menggunakan medsos juga bukan hal yang bisa kamu anggap sambil lalu saja loh, karena hal ini dapat mengurangi risiko berbagai modus kejahatan yang sekarang marak dilakukan di internet.

Seseorang di dunia maya bisa saja menampilkan sesuatu yang jauh dari apa yang ada di dunia nyata, sehingga dapat membuat orang lain percaya begitu saja apa yang mereka sebarkan. Maka, kita juga perlu waspada terhadap tawaran yang mencurigakan dan melakukan cross check terlebih dulu.
 

4. Cari Kebenaran Sumber Informasi

Saat menerima informasi dari media sosial, kalian juga harus pandai memilih dan memilah informasi dari sumber yang kredibel Genhype. Tak hanya itu, jangan juga langsung percaya terhadap kabar-kabar yang belum jelas kebenarannya sebelum dilakukan pengecekan silang validitasnya.

Saat ini diketahui marak berita atau kabar hoaks yang berseliweran di laman media sosial dan internet. Ada baiknya sebelum menyebarkannya ke orang lain, kita telusuri dulu fakta-faktanya sehinga kita tidak menelan informasi secara mentah.
 

5. Pikir Ulang dan Jangan Asal Posting

Sebelum memutuskan untuk mem-posting sesuatu, baik video, foto, bahkan kegiatan sehari-hari kalian, sejenak pikirkan kembali apakah yang akan diunggah dapat mengakibatkan kerugian pada diri sendiri dan orang lain atau tidak.

Selain itu, pertimbangkan juga hal yang pantas dikonsumsi publik dan yang tidak. Meski ada fitur privasi bukan berarti kamu harus memposting segala masalah pribadi, selain tidak bijak, hal ini juga akan dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab dan dapat merugikan kalian.
 
Nah, itu dia 5 cara bijak menggunakan medsos agar tidak jadi bumerang bagi diri sendiri Genhype. Yuk mulai bijak dalam berkomunikasi dan berjejaring di media sosial.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

6 Langkah Menghindari Amuk si Jago Merah di Rumah Kalian

BERIKUTNYA

3 Tren Kecantikan yang Lagi Disukai perempuan, Salah Satunya Bushy Eyebrow

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: