Jennie BLACKPINK dikenal sebagai satu dari sekian artis Korea Selatan dengan kulit glowing. (Sumber foto: Hera Beauty)

5 Kiat Punya Kulit Glowing Ala Artis Korea Selatan

06 October 2023   |   19:07 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kulit kusam dan berjerawat menjadi masalah serius bagi banyak wanita. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh padatnya aktivitas, menggunakan produk perawatan kulit yang tidak sesuai, kurang maksimal dalam membersihkan wajah, cuaca, atau pola gaya hidup yang tidak sehat. 

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan kulit kusam yakni dengan rutin melakukan eksfoliasi. Perawatan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, debu, dan kotoran yang menempel di permukaan kulit ini biasanya menggunakan produk seperti serum hingga treatment kompleks lainnya. 

Baca juga: 5 Manfaat Makan Tomat Supaya Kulit Glowing dan Tampak Lebih Sehat

Salah satu kiblat skincare yang kini banyak diaplikasikan mengacu pada perawatan kulit Korea Selatan. Genhype mungkin sering memerhatikan bagaimana orang Korea Selatan cenderung memiliki kulit sehat dan glowing. Selain pengaruh genetik, ternyata mereka memiliki urutan perawatan kulit dasar yang sangat menyeluruh.

Dua langkah terpenting dalam perawatan kulit orang Korea Selatan adalah double cleansing dan eksfoliasi. Double cleansing merupakan tahap membersihkan wajah dari riasan dan debu dengan dua cara yakni menggunakan oil-based cleanser lalu dilanjutkan dengan micellar water atau langsung membasuh wajah dengan sabun cuci muka.

Sementara eksfoliasi adalah proses menghilangkan sel kulit mati dari permukaan wajah. Ini yang membuat kulit kalian kadang terasa kasar dan terlihat kusam Genhype. Orang Korea biasanya melakukan eksfoliasi kulit 2-3 kali seminggu menggunakan eksfoliator fisik atau kimia. Eksfoliator fisik mengandung butiran kecil yang mengelupas sel kulit mati, sedangkan eksfoliator kimia menggunakan asam untuk melarutkannya.

“Tahap eksfoliasi menjadi tahap dalam skincare yang penting dan tidak boleh terlewatkan. Eksfoliasi ini juga bisa dengan mudah dilakukan di rumah, yang tentunya juga dengan produk dan petunjuk yang tepat,” ujar Founder of BeautyHaul Group Irene Ursula dalam keterangannya, dikutip Hypeabis.id, Jumat (6/10/2023). 
 
Di Indonesia, banyak brand skincare lokal yang menawarkan produk eksfoliasi berupa serum. Tidak hanya mengangkat kotoran, beberapa produk dapat mencerahkan kulit, mengurangi komedo whitehead-blackhead, menghaluskan tekstur dan pori-pori, memudarkan bekas jerawat, serta menghempaskan flek hitam.

Irene menyebut sejumlah produk serum eksfoliasi minim iritasi sehingga cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. Dari survei yang dilakukan Somethinc, sebanyak 95 persen pengguna setuju dengan menggunakan serum sebagai eksfoliasi yang diklaim dapat menghasilkan kulit wajah lebih glowing dan mulus.

Selain eksfoliasi, berikut tutorial mendapat kulit wajah bersih, mulus, glowing, dan bercahaya seperti artis Korea Selatan. 
 

1. Pijat Wajah 

Mengutip Beauty Haul, wanita Korea rutin memijat wajah. Dengan melakukan pijatan, sirkulasi darah di area wajah berjalan lancar dan kulit akan terasa lebih kenyal. Saat memijat wajah, lakukan gerakan memutar dari dahi, kemudian ke tulang pipi, lalu turun ke tulang rahang. Kamu bisa menggunakan jari-jari tangan atau menggunakan alat bantu seperti jade roller. Melakukan perawatan pijat wajah di klinik juga bisa menjadi opsi.


2. Pakai Sheet Mask

Selain rutin melakukan eksfoliasi setidaknya 2 kali seminggu, penting untuk menggunakan sheet mask atau masker wajah. Masker ini berfungsi membersihkan permukaan kulit dari kotoran dan sisa-sisa kulit mati. Untuk mendapat kulit wajah yang cerah berkilau, kamu bisa menggunakan masker berbahan alami seperti madu, bengkuang, lidah buaya, lemon, atau alpukat. Saat ini juga banyak masker wajah di pasaran dengan kandungan bahan alami. Kendati demikian, pastikan kamu mengetahui tipe kulit wajah terlebih dahulu untuk mendapat hasil yang maksimal.


3. Double Cleansing

Metode double cleansing adalah teknik perawatan kulit populer Korea yang terdiri dari dua langkah pembersihan klit. Sebagai bagian dari pembersihan ganda, kalian akan mencuci muka dua kali—pertama dengan pembersih berbahan dasar minyak atau balm dan kedua dengan pembersih berbahan dasar air atau micellar water.


4. Pakai Essence

Mau wajah kamu terlihat lebih bercahaya? Penggunaan essence sangat disarankan. Produk perawatan kulit bertekstur cair ini biasanya digunakan setelah toner dan sebelum serum. Essence berfungsi untuk menjaga kelembapan alami kulit wajah, menyeimbangkan pH kulit, melindungi skin barrier, dan mengencangkan kulit wajah.


5. Konsumsi Makanan Tinggi Antioksidan & Kolagen

Antioksidan mampu menangkal radikal bebas dan menghambat penuaan dini. Oleh karena itu, penting mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan seperti stroberi, blueberry, jeruk, kubis ungu, bayam, brokoli, daun kale. 

Makanan tinggi kolagen juga disarankan. Seperti sayuran hijau, putih telur, daging ayam, ikan, paprika, tomat, hingga kaldu tulang. Kolagen sangat berguna untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan mencegah timbulnya kerutan pada kulit. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Nonashae Comeback Lewat Single Take A Bit, Hadirkan Tema Dualitas Kehidupan Manusia

BERIKUTNYA

Menikmati Beragam Karya Kreatif di Gedung Tua Ala Senyum Museum

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: