illustrasi Jeruk Sebagai Sumber Vitamin C. (Sumber Foto: Unsplash/Sravudh Snidvongs).

Kenali Lebih Dekat Vitamin C dan Manfaatnya Untuk Tubuh

21 April 2023   |   15:56 WIB

Vitamin C atau dikenal juga dengan sebutan asam askorbat, adalah vitamin yang larut dalam air yang berperan penting dalam banyak fungsi tubuh. Faktanya, vitamin C tidak diproduksi oleh tubuh loh, Genhype, maka dari itu vitamin C diperoleh melalui makanan maupun suplemen, khususnya buah-buahan segar.

Viitamin C merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Genhype, vitamin C Ini juga dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan nabati yang kita konsumsi dan membantu produksi kolagen, protein yang penting untuk kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat.

Selain hal-hal di atas, vitamin C bermanfaat mendukung sistem kekebalan dengan merangsang produksi sel darah putih yang melawan infeksi dan penyakit. Manfaat lainnya adalah dapat membantu mengurangi durasi dan keparahan ketika flu dan infeksi pernapasan lainnya.

Sumber vitamin C yang baik seperti buah jeruk, beri, kiwi, melon, tomat, paprika, brokoli, dan sayuran berdaun hijau. Sementara itu, suplemen vitamin C juga tersedia secara luas dan direkomendasikan bagi seseorang yang kurang mengkonsumsi makanan, walau umumnya yang terbaik adalah mendapatkan nutrisi dari makanan utuh.

 

Buah-buahan banyak mengandung vitamin C (istimewa)

Buah lemom banyak mengandung vitamin C (istimewa)

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan jantung. Untuk takaran harian yang direkomendasikan untuk asupan vitamin C bervariasi berdasarkan usia dan jenis kelamin, dan tingkat asupan atas yang dapat ditoleransi adalah 2.000 mg/hari.

Genhype, kalian sadar nggak sih, sebenarnya vitamin C pun banyak digunakan dalam industri kecantikan karena memiliki manfaat untuk kesahatan kulit. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa vitamin C membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti akibat radiasi sinar UV dan polusi.

Vitamin C memainkan peran kunci dalam sintesis kolagen, yang sangat penting untuk kesehatan dan elastisitas kulit.

Ketika vitamin C dioleskan ke kulit, telah terbukti bahwa vitamin C memiliki manfaat, salah satunya untuk mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, memperbaiki tekstur dan warna kulit, serta mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan dan hiperpegmentasi lainnya.

Inilah yang membantu mencerahkan kulit yang kusam dan tampak lelah serta memberikan penampilan yang lebih bercahaya dan awet muda.

Selain aplikasi topikal, mengonsumsi vitamin C melalui diet atau suplemen juga dapat membantu mendukung kesehatan kulit. Tapi, perlu dicatat ya Genhype, bahwa meskipun vitamin C bermanfaat bagi kesehatan kulit, itu hanyalah salah satu dari sekian banyaknya faktor yang berkontribusi terhadap kesehatan dan kecantikan kulit secara keseluruhan.

Baca juga: Wajib Baca, Ini Deretan Vitamin yang Bantu Kesehatan Jantung

Diet sehat, olahraga teratur dan melakukan perawatan kulit yang tepat juga penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya loh!

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Kiat Memanfaatkan ChatGPT untuk Kebutuhan Profesional

BERIKUTNYA

3 Resep Kue Lebaran Maknyus, Cocok Buat Kudapan Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: