Ilustrasi pasangan selingkuh. (Sumber gambar : Freepik/Stefamerpik)

Ramai Kasus Perselingkuhan, Kenali Penyebab & Cara Mengatasinya

15 May 2023   |   16:10 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pembahasan kasus perselingkuhan menjadi sorotan di media sosial dalam beberapa waktu terakhir. Tindakan yang merugikan pasangan hidup ini bisa dialami siapapun, tidak terkecuali para publik figur seperti musisi hingga artis sinetron. Tidak jarang, mereka menjadi incaran kemarahan para warganet. 

Warganet dibuat geram dengan rumor perselingkuhan Fandy Christian, yang diungkap langsung istrinya, Dahlia Polan dalam postingan cerita di laman Instagram. Ada juga kisah yang dialami Inara Rusli, mantan anggota girlband Bexxa, siap menghadapi sidang perceraian atas suaminya yang merupakan vokalis grup band Last Child, Virgoun.  

Lepas dari polemik kehidupan para artis ini, perselingkuhan memang tidak dibenarkan dalam standar sosial. Pasalnya, tindakan tersebut sangat merugikan korban, terutama dari sisi psikis. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dan cari mengatasi perselingkuhan tersebut.

Baca juga: Mengungkap Alasan Orang Berselingkuh dan Pantaskah Diberi Kesempatan Kedua?

Psikolog Anak dan Keluarga dari Universitas Indonesia Rose Mini mengatakan ada banyak penyebab seseorang berselingkuh. Namun yang pasti, bisa karena faktor internal dan eksternal. 

Jika merujuk faktor internal, bisa saja karena kepercayaan diri orang tersebut meningkat jikalau ada orang lain yang ternyata menyukainya. Sementara faktor eksternal bisa datang karena intensitas pertemuan yang kemudian berubah menjadi ketertarikan. 

“Terkadang orang yang berselingkuh juga merasa ardenalinnya meningkat sehingga menimbulkan rasa penasaran atau challenge yang bisa buat dia muda lagi,” ujarnya kepada Hypeabis.id, Senin (15/5/2023). 

Tidak dipungkiri, di dalam rumah tangga juga akan ada perubahan antara hubungan suami istri maupun individunya. Di awal pernikahan, setiap pasangan harus selalu beradaptasi dan tentunya akan ada kejutan di dalam proses tersebut.

“Tugas kedua pasangan adalah saling beradaptasi dengan perubahan itu bukan kemudian malah menginginkan tetap pada waktu seperti zaman dahulu kala,” terangnya.

Jika salah satu pasangan enggan menghadapi perubahan dan beradaptasi, potensi selingkuh terbuka lebar. Kendati demikian, Rose menyebut apabila mengetahui pasangan berselingkuh, perlu ditelusuri juga lebih lanjut apakah ada masalah di dalam rumah tangga serta hubungan antara suami istri itu sendiri. 

“Enggak bisa hanya menyalahkan yang selingkuh. Berselingkuh itu salah tetapi harus dilihat apa yang menyebabkan itu,” tuturnya. 

Baca juga: Harus Tahu! Ini Penyebab Perselingkuhan Menurut Psikolog

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab perselingkuhan yang dialami. Setelahi itu, bicarakan dengan intim dan selesaikan dengan membuat kesepakatan yang diinginkan kedua belah pihak.  “Kalau masalah ini tidak diselesaikan, akan terulang lagi (selingkuh). Akan agak sulit bagi kedua pasangan untuk percaya lagi,” tegasnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Resensi Buku Cerita Sentimentalisme Calon Mayat, Ulang-alik Fiksi & Realitas

BERIKUTNYA

Resmi, Garena Hadirkan Skin Eksklusif Kolaborasi AoV x Pretty Guardian Sailor Moon Cosmos The Movie 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: