Pemain Indonesia saat melawan tim nasional Kamboja (Sumber gambar: Tangkapan layar laman PSSI)

Final Sepak Bola Sea Games 2023 Jadi Ajang Pembuktian Indonesia Putus Puasa Medali Emas

15 May 2023   |   08:26 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tim nasional putra U-22 Indonesia di cabang sepak bola akan melakoni pertandingan final melawan tim Thailand di ajang Sea Games pada Selasa, 16 Mei 2023. Pertemuan ini bisa menjadi ajang bagi Merah Putih untuk menyudahi puasa medali emas dari olahraga ini sejak puluhan tahun.

Dirangkum dari berbagai sumber, Indonesia berhasil melangkah ke final setelah berhasil menang saat melawan Vietnam pada pertandingan semifinal dengan skor 3–2 pada Sabtu, 13 Mei 2023.

Di pertandingan National Olympic Stadium, kedua tim kejar-mengejar gol sampai akhirnya Indonesia unggul di menit akhir pertambahan waktu. Gol pertama yang terjadi dalam pertandingan itu diciptakan oleh pemain Indonesia Komang Teguh pada menit ke-9.

Kemudian, 26 menit berselang atau sekitar menit ke-35, pemain Vietnam Nguyen Van Tung berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1–1. Indonesia berhasil unggul 2–1 atas tim tersebut pada babak kedua atau menit 53 ketika Muhammad Ferarri kembali membuat jala gawang Vietnam bergetar.

Setelah itu, pada menit ke-78, pemain Bagas Kaffa melakukan gol bunuh diri dan membuat pertandingan menjadi kembali imbang 2–2. Tim Garuda memastikan tiket ke final setelah pemain Muhammad Taufany menembus penjagaan gawang kiper Vietnam pada menit ke-95 dan membuat skor menjadi 3–2.

Pencapaian Indonesia di final pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara membuatnya berpeluang meraih medali emas setelah 32 tahun. Indonesia terakhir kali memperoleh medali emas di cabang sepak bola pada 1991 silam. Pada final 1991, Merah Putih berhasil mengalahkan Thailand melalui babak adu pinalti setelah bermain imbang 0–0 sampai wasit meniup panjang peluit pada babak kedua.

Selama ajang Sea Games, Indonesia tercatat baru memperoleh dua medali emas. Pertama pada 1987 dan kedua adalah pada 1991. Setelahnya, Merah Putih belum pernah keluar lagi sebagai juara meskipun sempat masuk final beberapa kali. Di bawah asuhan pelatih Indra Sjafr, tim nasional berhasil masuk final pada 2019 silam. Namun, mereka kalah dari Vietnam dengan skor 3–0.

Kini, Garuda muda berhasil kembali mencapai final dan bertemu Thailand. Pertemuan ini akan menjadi yang keempat bagi kedua tim di babak akhir ajang dua tahunan. Dalam tiga kali pertemuan, Indonesia mencatatkan satu kali kemenangan dan dua kali kekalahan. Merah Putih berhasil mengalahkan Thailand pada 1991. Kemudian, tim ini kalah pada 1997 dan 2013.

Indonesia berhasil menuju pertandingan terakhir dengan mengalahkan lawan-lawannya tanpa kekalahan atau seri dari babak grup sampai dengan semifinal. Sementara itu, Thailand tercatat berhasil memenangkan 4 pertandingan dan satu kali seri.

Merah Putih berhasil mengalahkan lawannya, seperti Filipina dengan skor  3–0; Myanmar 5–0, Timor Leste 3–0, Kamboja 2–1, dan Vietnam 3–2.  Sementara itu, Thailand berhasil mengalahkan lawannya, yakni Laos 4–1; Malaysia 2–0; Singapura 3–1; dan Myanmar 3–0. Tim ini memiliki hasil seri ketika melawan Vietnam 1–1 di babak grup.

Jika berhasil mengalahkan Thailand pada babak akhir, puasa medali emas dari cabang sepak bola sejak 1991 akan berakhir pada ajang tahun ini. Namun, Witan Sulaeman dan kawan-kawan harus menambah waktu puasa emas apabila kandas dari tim yang berjulukan The Elephant War itu.

Baca juga: Timnas Indonesia Terhindar Grup Neraka di Sea Games 2023, Mampukah Lolos ke Final?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Keren, Timnas Basket Putri RI Boyong Medali Emas SEA Games 2023 untuk Pertama Kalinya

BERIKUTNYA

Pemindahan Koleksi Jadi Perhatian Untuk Kebutuhan Museum dan Galeri di IKN Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: